Touring Sambil Berwisata Kuliner ???, Kenapa Tidak ?? (Episode Bandung)



Bandung adalah salah satu surga kuliner di Indonesia. Banyak aneka makanan dan minuman yang cukup menggugah selera bisa kita dapatkan di kota yang berhawa cukup sejuk ini. Beberapa kuliner Bandung bahkan banyak yang terkenal dibeberapa kota lain di Indonesia seperti : Cilok, Cimol, Roti Bakar, Batagor, Siomay, Es Oyen, Es Cincau dll. 

Rugi banget kalo kita berkunjung ke Bandung tapi tidak mencicipi keanekaragaman kuliner khas Bandung yang luekoh abies. Beruntung banget kami (aku dan bro Manowar) karena saat itu ditemani seorang giude yang tau banget tentang kuliner Bandurng. Namanya : Bang Baim. Pantes saja dia tau banyak tentang kuliner disini karena dia adalah salah satu koordinator komunitas FB : Komunitas Kuliner Bandung. Dan berikut ini beberapa kuliner yang aku cicipin :

1. Kupat Tahu
Kupat tahu sekilas mirip dengan tahu lontong kalo di Jawa Timur sana. Tapi yang membedakan adalah pada cara mengolah tahu serta bumbu kacangnya yang agak pedas. Kupat Tahu memiliki komposisi : kupat/lontong, tahu, tauge, kerupuk dan bumbu kacang yang kental. Kupat Tahu yang paling legendaris di Bandung adalah Kupat Tahu Gempol yang berlokasi di Pasar Gempol atau tepatnya Jln. Gempol Kulon No. 53 Bandung (koordinat : -6.903016220, 107.615558).





Kupat Tahu "Gempol" yang jempol

Tektur kupat dan tahunya sangat kenyal dan lembut banget ditambah bumbu kacangnya yang lumayan cukup manis dan pas dilidah. Kalo dibandingkan dengan tempat lain memang harganya sedikit lebih mahal. Tapi setelah mencicip kelezatannya ? sebanding dengan harganya. Saking ramainya warung ini sering dikunjungi pada pelanggan terutama ketika pagi hari mulai dari masyarakat biasa sampai kalangan artis lho.

2. Lontong Kari Ayam Dan Sapi
Dipasar Gempol ini juga ada kuliner khas Bandung lainnya dan warungnya pun bersebelahan langsung dengan Kupat Tahu Gempol yang Jempol ini hehehhehe. Lontong kari ayam atau sapi namanya. Lontong kari terdiri dari : kuah santan, lontong, daging ayam/sapi suwir, telur ayam, kerupuk emping dan jeruk irisan nipis sebagai tambahan.

Lontong kari sangat cocok dinikmati ketika pagi hari sebagai sarapan dan sangat bersahabat dengan kalangan mahasiswa karena harganya yang cukup murah. Sekilas mungkin bentuknya menyerupai lontong/kupat sayur yang sering kita makan ketika lebaran. Perbedaannya adalah kalo lontong sayur menggunakan udang, petis serta cecek.



Lontong Kari Ayam (courtessy : www.haphap.com)

3. Batagor
Mungkin kita tidak asing ketika mendengar kata "Batagor" ini. Yupz ? karena dimana-mana kita bisa mendapatkan kudapan ini baik itu diwarung kaki lima, didepan sekolahan maupun dimall-mall. Tapi sebenarnya yang dijual dibeberapa daerah lain memiliki beberapa perbedaan rasa dan tampilan jika kita mencicipinya langsung dikota asalnya.

Kapan hari itu aku dan bro Manowar diajak oleh Bang Baim ke sebuah warung yang konon merupakan pelopor Batagor di Bumi Parahyangan ini. Nama warungnya adalah Batagor H. Isan yang berlokasi di Jln. Bojongloa No. 38 A Bandung & tidak jauh dengan Jln Raya Kopo (koordinat : -6.928775220, 107.599392).



Bersama bro Manowar & bang Baim

Seporsi Batagor Bandung

Ukuran batagornya cukup besar serta padat dan aroma ikan tengirinya juga terasa banget. Untuk sambalnya disajikan secara terpisah. Karena ukurannya lumayan besar kita harus memotongnya menjadi kecil-kecil dulu lalu dicocolkan ke sambal. Selain Batagor ada juga menu lain seperti : batagor baso, mie komplit baso, yamin manis komplit serta yamin asin komplit.

4. Kopi Aroma
Buat penggemar kopi tempat ini pantang kalian lewatkan begitu saja. Dijamin ente akan menyesal kalo tidak membawa pulang sebungkus kopi aroma.Perjalanan Kopi Trip kemaren bersama bro Manowar benar-benar membuat kami senyum lebar karena bukan hanya membawa oleh-oleh kopi tetapi kami juga berkesempatan untuk masuk kedalam pabriknya untuk melihat proses roasting kopi sekaligus ketemu dengan sang pemilik.

Hatur nuhun Bang Baim karena atas jasa-jasanya kami akhirnya berhasil mencicipi aroma kopi aroma yang khas tersebut hehehhehehe. Untuk lebih lengkap keseruan kami melihat proses roasting kopi monggo dibaca disini.

Om widya sedang mengecek hasil roasting

Kopi Aroma

5. Pisang Bolen
Kalo dikampung halamanku kuliner ini disebut juga dengan Pisang Molen. Sama seperti pisang molen bahan utama pisang bolen adalah buah pisang raja. Tapi sebenarnya ada perbedaan terutama pada cara pembuatan dan isinya. Kalo Bolen : pisangnya dibelah lalu diisi dengan adonan mirip puff pastry gitu dengan varian rasa keju, meses dan coklat. 

Sebenarnya aku belum pernah membelinya langsung di Bandung melainkan hanya dapat kiriman dari tetangga saja hehehhehe. Ketika pertama melihatnya bentuknya sekilas mirip dengan roti dan ketika dimakan rasanya yummi bingit. Pisang Bolen yang cukup enak salah satunya : Pisang Bolen Gilda Sari.  Selain di Bandung kita juga bisa mendapatkannya ke Singosari - Malang.

Pisang Bolen

6. Bajigur & Bandrek
Bajugur & Bandrek adalah olahan minuman hangat khas sunda yang sangat cocok dinikmati dalam kondisi dingin dan berkhasiat untuk meningkatkan stamina. Bajigur terbuat dari : gula aren, santan, jahe, garam dan bubuk vanila. Sedangkan kalo Bandrek terbuat dari : gula merah, jahe serta rempah-rempah. Kadang ada juga yang ditambahkan telur ayam kampung, susu serta kerukan kelapa muda.

Hampir disetiap sudut kota Bandung terdapat warung yang menjajakan kedua olahan minuman hangat tersebut. Kebetulan aku dan konco-konco mencicipi bajigur & bandrek disalah satu cafe disebelah Hotel Trio Bandung. Tapi kalo anda tidak sempat ke Bandung anda bisa membeli Bandrek & Bajigur dalam kemasan sachet yang banyak terdapat dimini mart atau supermarket.

Berbagai menu kuliner khas sunda

Nyruput Bandrek & Sekoteng

Bajigur kemasan sachet (courtessy ; www.solopos.com)


7. Pusat Oleh-Oleh "Kartika Sari"
Bingung kemana akan cari oleh-oleh khas Sunda & Bandung ?? Santai aja bray ? Datang saja ke Kartika Sari. Pada awalnya Kartika Sari hanya memproduksi Pisang Bolen saja tetapi seiring berjalannya waktu mulai merambah ke kuliner khas Bandung dan Sunda. Bahkan sekarang Kartika Sari identik dengan pusat oleh-oleh khas Bandung & Sunda.

Di Bandung Kartika Sari mempunyai beberapa cabang yang tersebar diberbagai sudut kota Bandung. Kartika Sari yang kebetulan pernah aku datangi berada di Jln. Kebon Jukut No. 03C Bandung. Kartika Sari buka setiap hari dari pukul 06.00-19.00 WIB.

Kartika Sari Kebon Jukut




No comments:

Post a Comment