Meet & Greet With Jeffry Polnaja @Malang : Welcome Back Home Kang JJ

Peace men

Sebagai seorang bikers maupun moto traveler mungkin kita sudah tidak asing dengan tayangan "Long Way Round" & Ring Of Fire Adventure di tipi. Atau mungkin kita mengikuti via dunia maya tentang : One Horizon (Riza Amrulah NR), Wheel Story Adventure (Mario Iroth), Recon (Agni NR) dll. Mereka semua adalah para penjelajah dengan menggunakan kendaraan roda 2.

Dan baru saja Indonesia kedatangan seorang biker yang telah melakukan solo riding menjelajahi 97 negara dengan total jarak : 420.000 Km dalam tajuk "Ride For Peace" (RFP). Namanya : Kang Jeffry Polnaja (53) atau yang lebih kita kenal dengan nama panggilan Kang JJ. Alasan utama Kang JJ melakukan perjalanan ini cukup simple : karena muak melihat Indonesia dituduh sebagai negara teroris. Dan perjalanan ini diharapkan bisa membuktikan bahwa apa yang mereka bilang itu salah besar.

Kang JJ memulai perjalanannya dari Jakarta pada tanggal 23 April 2006 dengan diantar sekitar 1000 bikers dari seluruh Indonesia. Perjalanan "Ride For Peace" tersebut dibagi menjadi 2 jilid : RFP I (2006-2008) dan RFP II (2012-2015). Pada masing-masing periode tersebut Kang Jeje membutuhkan waktu setidaknya 2 tahun. Jadi total waktu keseluruhan perjalanan RFP Kang JJ ini adalah 5 tahun atau 2163 hari dengan rincian : 951 hari (RFP jilid I) dan 1212 hari (RFP jilid II). Untuk rute lengkap perjalanan bisa lihat disini.


Bercengkerama dengan bikers Malang Raya @Monkey Garage

Dan baru kemaren Kang JJ akhirnya telah berhasil menginjakkan kakinya kembali ke Nusantara lewat timur Indonesia yaitu NTT. Penjelajahan dunia solo riding ini menjadikan namanya tercantum sebagai penunggang sepeda motor terjauh kedua di dunia menurut Circumnavigation di Wikipedia.org. Rekor perjalanan keliling dunia terpanjang masih dipegang oleh pria asal Argentina yang bernama Emilio Scotto (1985-1995) yang mengendarai Honda Gold Wing GL1100 dengan total jarak 735.000 km.


Emilio Scotto from Argentina

Honda Gold Wing LG 1100


Ok kembali ke topik. Dalam perjalanannya menuju ke Jakarta, Kang JJ mampir sebentar ke Malang tepatnya di Monkey Garage Soetta. Sebenarnya Kota Malang tidak masuk dalam agenda untuk menggelar acara Meet & Greet. Dari Bali, Kang JJ dan rombongan berencana akan langsung menuju ke Jakarta tapi karena rayuan sang anak akhirnya mereka memutuskan singgah di Ngalam.

Mumpung ada kesempatan 

Feels like monster bray hehehhehe

Sok serius amat brow


Menurut jadwal, kang JJ yang dikawal oleh rombongan Triump Tiger Indonesia akan menginjakkan kaki di Kota Malang tepat pada pukul 17.30 WIB. Tapi karena ada kendala kecil dalam perjalanan sehingga mereka baru sampai Kota Malang pada sekitar pukul 20.29 WIB. Selama rentang waktu menunggu tersebut kami manfaatkan buat foto-foto dan bercengkerama dengan biker lainnya.

Akhirnya datang juga..welcome back home kang JJ

Mendapat applaus dari kawan-kawan Bikers Malang Raya

Ini dia kuda besi Si Penjelajah

Lebih dekat dengan tunggangan Kang JJ

Suasana Meet & Greet

Pilih yang mana ???

Selesai makan Kang JJ lalu menggelar acara temu akrab dan sharing tentang apa saja yang terjadi selama perjalanan RFP tersebut. Dia lalu bercerita bagaimana rasanya melewati jalur yang rawan bahaya dan bisa mengancam keselamatannya seperti Khyber Pass (celah Khyber), Baluchistan Desert Pakistan, Kabul-Afganistan, jalur Deadhorse Canada, Great Central Road Australia dll. 

Selain itu dia juga melewati beberapa fenomena seperti melintasi jalan tertinggi didunia yaitu : Khardung LA (5606m/18.390 feet), mencicipi aspal sirkuit Sepang-Malaysia dll. Selama 4 tahun berkendara Kang JJ telah mengganti ban sebanyak 39 pasang dan menghabiskan total bbm 42.000 liter dengan kapasitas tanki sekitar 30 liter.

Sesi tanya jawab

Motor pertama yang masuk ke Vietnam secara legal

Melintasi jalan tertinggi didunia


Khyber Pass Pakistan

Salah satu jalur rawan yang dilewati kang JJ

Trek berat melintasi Trans Siberia

Sugeng rawuh dateng Malang Kang JJ

Dalam 2 periode perjalanannya Kang JJ mengalami beberapa kendala diantaranya BMW R1150 GS berplat No. D 5010 JJ yang hilang dicuri ketika berada di Amsterdam-Belanda pada Tgl. 03 Mei 2012 serta mengalami 2X kecelakaan. Sebagai pengganti motor yang hilang Kang JJ tetap menggunakan motor dengan merek dan type yang sama tapi berplat nomer Jakarta yaitu : B 5010 JP.

Plat B 5010 JP terpasang di Sign Post Forest di Watson Lake, Yukon, Kanada (courtessy : www.rideforpeace.net)

Blusukan ke Favela, daerah rawan kejahatan di Brazil (courtessy : www.rideforpeace.net)

Bersama Polisi Brazil @Favela (courtessy : www.rideforpeace.net)

Kecelakaan yang pertama terjadi di Baluchistan desert Pakistan dan yang kedua ketika akan memasuki Astana - Kazakhstan yang mengharuskannya istirahat sekitar 1 bulan dikarenakan tumit kaki kirinya retak. Tapi hanya seminggu saja beristirahat, Kang JJ lalu memutuskan untuk melanjutkan penjalanannya dan trek yang dilewatinya tak tanggung-tanggung yaitu Trans Siberia. 


Akhirnya sampai dirumah juga..........

Menurut beliau perjalanan RFP jilid II adalah yang perjalanan terakhir jadi tidak ada RFP jilid III. Rencana selanjutnya Kang JJ berencana mengajak keluarganya touring keliling Indonesia. Sungguh pengalaman yang begitu membekas dan istimewa buat Kang JJ. Acara meet & greet kemudian dilanjutkan dengan sebuah kuis yang memperebutkan sebuah pact RFP spesial lalu diakhiri dengan acara sesi foto. Saat meet & greet kemaren ada satu hal yang masih mengganjal yaitu kami tidak mendapatkan kesempatan untuk berfoto dengan Kang JJ. Salam Jelajah, Salam Satu Aspal & Salam Keluyurers.






No comments:

Post a Comment