Si Merah Maroon : Temen Satu Jiwa Dalam Setiap Perjalanan

Sebelum Pelabuhan Kayangan - Lombok (Des 2013)

Si Merah Maroon adalah julukan buat kuda besiku yang telah setia menemani aku melakukan blusukan ke setiap sudut Nusantara. Si Merah Maroon adalah motor kedua aku sedangkan motor pertamaku adalah Si Biru alias Honda Kharisma 125 CC keluaran tahun 2005 yang aku beli pada tanggal 12 Maret 2005 dari gaji pertamaku sebagai karyawan sebuah PMA di Mojosari.

Tapi baru pada tahun 2006 atau tepatnya tanggal 13 Agustus 2006 aku melakukan perjalanan touring pertamaku ke Bali. Kebetulan di Bali ada kakak kedua aku yang yang bekerja dan tinggal di sana tepatnya di Mengwi - Tabanan. Perjalanan kedua aku bersama Si Biru aku lakukan pada tanggal 03 Juni 2007 juga ke Bali tapi kali ini bersama bro Agung "Foo".

Lalu perjalanan ketiga : ketika touring ke Gunung Kelud Kediri bersama bro Djarot dan bro Teguh Pete tepat pada tgl 17 Mei 2015. Sedangkan perjalanan terakhir (25 Februari 2010) bersama Si Biru ketika touring ke Kediri bersama bro Samsual dan bro Yongki yang merupakan temen kerja di pabrik kedua buatku (PT. KAMI).

Memori Si Biru di Bali with bro Agung "Foo" (Juni 2007)

Akhirnya kami harus berpisah karena pada 25 Maret 2010 aku jatuh cinta kepada sebuah Yamaha Vixion. Aku beri nama julukan "Si Merah Maroon" karena mengacu pada warna dominan si kuda besi. Perjalanan pertamaku bersama Si Merah Maroon adalah ketika Touring Ke Bali bersama bro Heru Sutimbul pada tanggal 11 September 2010 yang berbarengan dengan moment Lebaran.

Kondisi masih cupu kecuali spakbor depan & diskbrake depan hehehhehe

@GWK (lebaran 2010)

Saat itu kondisi Si Merah Maroon masih standard dan belum tersentuh dengan racun top box, side box dan beberapa aksesoris touring lainnya. Modifikasi yang aku lakukan hanya pada penggantian lampu belakang menjadi lampu LED. Ok lanjut, untuk perjalanan kedua aku lakukan pada tanggal 25 Desember 2010 yang kembali menuju ke Kediri dan Batu Malang.

Lalu pada akhir tahun 2010 aku kembali touring ke Bali tapi untuk kali ini hanya berdua saja alias Aku dan Si Merah Maroon. Selama 4 hari di Bali aku malali (jalan-jalan) ke rumah temen kerja di Klungkung trus maen ke Gua Lawah dan puncaknya adalah merayakan malam pergantian tahun baru di Kuta Bali. Perjalanan ini merupakan perjalanan Solo Touring pertama buatku.

Pada tanggal 04 Maret 2011 aku melakukan sebuah perjalanan lagi tapi kali menuju ke Yogja bersama bro Moro. Di Jogja kami menginap dirumah neneknya bro Moro yang berada di Wates. Kami hanya beberapa hari saja disana karena ada tanggungan masuk kerja pada hari senin. Saat di Jogja Si Merah Maroon harus ganti ban belakang.

Selanjutnya pada lebaran 2011 atau tepatnya tanggal 31 Agustus 2011 aku kembali nge-gas menuju ke Jogja tapi kali ini bersama bro Heru Situmbul. Disana kami kembali menginap dirumah nenek bro Moro. Sedangkan dia sudah lebih dulu berangkat kesana dari Malang. Selama 2 hari di Jogja kami lalu jalan-jalan ke Malioboro, Parang Tritis dan Borobudur. 3 bulan kemudian terpaksa ganti ban belakang lagi karena kondisi bannya kembung.

@SPBU Negara - Bali (Lebaran 2012)

Hampir setahun Aku dan Si Merah Maroon vacum dan baru pada lebaran tahun 2012 (20 Agustus 2012) aku kembali nge-gas menuju ke Bali bersama adik untuk berlebaran dirumah kakak keduaku yang kebetulan tidak mudik ke Pandaan. Kami bertiga di Bali sekitar 4 hari dan pada tanggal 24 Agustus 2012 memutuskan balik lagi ke rumah.

@Kebun Apel Nongkojajar - Pasuruan (November 2012)

@Hutan Pinus Nongkojajar (Januari 2014)

Bersama kawan-kawan pabrik @Lautan Pasir Bromo (29 September 2012)

Lalu pada tanggal 29 September 2012 aku bersama temen-temen pabrik melakukan touring ke Bromo. Dan puncaknya adalah Jabalok (Jawa, Bali & Lombok) Touring 2012-2013 pada akhir tahun selama 4 hari. Di Lombok aku janjian dengan bro yuyut yang sudah lebih dulu merapat di Lombok. Perjalanan ke Lombok adalah perjalanan terjauh dan pertama ke Lombok buatku. Disana aku kemudian bergabung dengan rombongan Honda C 70 Praya yang merupakan temen bro Yuyut.

@Bukit Malimbu I Lombok (Desember 2012)

@Alas Gumitir - Jember (Januari 2013)

Pada akhir Maret 2013 (29-31 Maret) aku touring ke Jogja lagi tapi kali ini bersama bro Manowar dan bro Arief "Lifo". Perjalanan ke Jogja ini adalah touring pertama bro Manowar bersama kami. Kami bertiga kemudian menjelajahi Kaliurang Merapi, Embung Nglanggeran, Bukit Bintang dan beberapa pantai di kawasan GK (Gunung Kidul).

Tampak Gunung Api Purba Nglanggeran Dikejauhan (Maret 2013)

Akses jalan menuju Embung Nglanggeran - GK Jogja (Maret 2013)

@Pantai Sundak GK Jogja (Maret 2013)

@Pantai Krakal GK Jogja bersama bro Manowar (Maret 2013)

Tepat pada tanggal 25 Mei 2013 kami touring ke Penanjakan Bromo dan Tosari bersama bro Djarot, bro Teguh Pete serta soulmate bro Manowar yaitu bro Edy Malang ikut serta dalam rombongan. Aku vacum lagi sekitar 7 bulan karena modifikasi ban tapak lebar, pemasangan rear disk brake serta pemasangan Top Box Givi. Modifikasi ban tapak lebar & RDB baru selesai pada tanggal 29 September 2013.

@Puspo : Menuju Bromo via Pasrepan - Pasuruan with bro Teguh & bro Djarot (Mei 2013)

@Wonokitri - Pasuruan : Gerbang menuju Bromo dari Pasuruan (Mei 2013)

Baru pada tanggal 25 Desember 2013 aku melakukan perjalanan yang sesungguhnya bersama bro Manowar dan bro Yuyut. Tujuan kembali mengarah ke bagian timur Indonesia yaitu Lombok, Sumbawa serta Pulau Komodo. Tapi karena kondisi cuaca yang tidak bersahabat sehingga kami tidak berhasil menyeberang ke Pulau Komodo dan hanya sampai di Titik Nol Sape saja. Total 8 hari kami butuhkan untuk perjalanan ini.

Lepas dari Pelabuhan Pototano - Sumbawa (Desember 2013)

Memasuki wilayah Kec. Dompu - Sumbawa (Desember 2013)

Somewhere between Alas - Manggalewa - Sumbawa (Desember 2013)

Titik Nol Km Sape (Desember 2013)

@Pantai Balangan - Bali (Desember 2013)

Selanjutnya aku melakukan beberapa kali mini trips ke Nongkojajar, Blitar dan Batu - Malang. Setelah itu aku bro Manowar & bro Edy Malang melakukan touring ke Dataran Tinggi Dieng tepatnya pada tangal 25 Mei 2014. Kemudian pada lebaran tahun ini (30 Juli 2014) aku bersama kawan-kawan pabrik touring ke Banyuwangi (BWI) sekaligus takziyah ke rumah salah satu temen kerja kami yang meninggal dunia karena kecelakaan.Tapi sebelum touring ke BWI (28 Juni 2014),  aku ganti bearing kones/komstir karena sudah oblak.

Tugu Jogja (Mei 2014)

@Desa Sembungan Dieng : Desa tertinggi di Pulau Jawa (Mei 2014)

JLS : Pantai Soge - Pacitan (Mei 2014)

Pada tanggal 30 Agustus 2014 aku, bro Didik SKYT, bro Arief "LIFO", bro Pasek, bro Hari & Hikam nge-gas ke Ranu Pani Lumajang dan Lautan Pasir Bromo. Disana (Ranu Regulo) kami lalu mendirikan tenda dan merupakan kali pertama buatku touring sambil kemping. Bro Yuyut rencananya akan ikut juga tetapi akhirnya batal karena berbarengan dengan acara lamarannya. Setelah touring dari sana giliran ganti bearing dan bushing pada arm (22 Oktober 2014).

Selamat Datang Di TNBTS (Agustus 2014)

@Turunan Jemplang - Bromo (Agustus 2014)

@Lautan Pasir Bromo (Agustus 2014)

Kemudian pada tanggal 29-30 November Grojokan Sewu - Tawangmangu dan Telaga Sarangan Magetan. 2014 aku dan kawan-kawan pabrik berangkat nge-gas ke Magetan untuk menghadiri acara resepsi pernikahan salah satu rekan kami kerja. Dan kesempatan ini kemudian kami manfaatkan dengan jalan-jalan ke air terjun

Jalur Tawangmangu - Cemorosewu (November 2014)

Pada akhir tahun 2014 (25 Des 2014 - 04 Jan 2015) aku dan bro Manowar kemudian melakukan touring ke Lombok lagi untuk yang ketiga kalinya buatku dan kedua kalinya buat bro Manowar. Dalam perjalanan ini bro Didik SKYT dan bro Edy Malang memutuskan ikut juga. Buat mereka berdua ini adalah kali pertama touring ke Bali & Lombok. Tapi ketika di Bali ada masalah pada gearset Sinnob dan terpaksa harus diganti (Pemakaian gearset Sinnob : 18 Februari 2012 - 28 Desember 2014).

Kuta Lombok Beach (Desember 2014)

Sembalun - Lawang Lombok (Desember 2014)

Pantai Pandawa Bali (Desember 2015)

Dalam perjalanan pulang aku mengalami sebuah kecelakan yang mengharuskan untuk stay 1 hari di Banyuwangi guna memperbaiki bagian kendaraan yang rusak. Selang 1 bulan kemudian (01 Februari 2015) aku kembali nge-gas bersama bro Edy Malang & bro Manowar untuk mengekplorasi keindahan air terjun Coban Baong Ngajum - Malang

27 hari (28 Februari 2015) kemudian aku bersama kawan-kawan pabrik nge-gas dan kemping ke pantai Bowele (Bolu-Bolu, Lenggoksono & Wediombo) Malang. Saat itu oddometer si kuda besi telah menunjuk angka "99946" yang artinya kurang 54 Km lagi spedometer Si Merah Maroon kembali "NOL" lagi. Mantap ??, hanya dalam waktu 4 tahun speedometer sudah kembali nol (25 Maret 2010 - 02 Maret 2015).

@Candi Penataran Blitar (Maret 2014)

Mencoba jalan misteri di Gunung Kelud (Maret 2015)

Pada tanggal 21 Maret 2015 bersama bro Manowar aku nge-gas ke Teluk Sine Tulungagung untuk menghadiri acara bersih-bersih Pantai "Nusantaride". Pulangnya kami kemudian mampir ke Gunung Kelud di Kediri. Kali ini Si Merah Maroon sudah menggunakan side box Givi E22 yang aku beli online beberapa hari yang lalu dari Kucay Lampung.

@Pantai Kondang Merak - Malang (Maret 2015)

Bermain lumpur @Kondang Merak - Malang (Maret 2015)

Karena masih penasaran pengen touring ke arah Barat ? ketika ada long weekend pada tgl 14-18 Mei 2015 aku dan bro Manowar lalu nge-gas lagi dengan tajuk "Kopi Trips Bandung 2015". 22 hari kemudian (30 Mei 2015) aku dan kawan-kawan pabrik melipir lagi ke Malang Selatan atau tepatnya ke Pantai Kondang Merak.

Kopi Trips Bandung : Bersama komunitas Vespa Bandung @Pantai Madasari Pangandaran (Mei 2015)

Kopi Trips Bandung : @Kawah Putih Ciwidey - Jabar (Mei 2015)

Kopi Trips Bandung : Titik Nol Bandung (Mei 2015)

Kopi Trips Bandung : Jalur Pangalengan - Rancabuaya (Mei 2015)

Kopi Trips Bandung: Patung Semar @Karanganyar - Jateng (Mei 2015)

Kopi Trips Bandung : Gunung Lawu tampak indah dikejauhan @Bypass Tawangmangu - Magetan
(Mei 2015)

Kebetulan pas moment Lebaran tahun ini (19-21 Juli 2015) ada ajakan dari seorang kawan kerja satu pabrik buat  nge-gas ke Jogja untuk men-survey hotel & tempat wisata buat acara rekreasi pabrik pada akhir tahun ini. Aku kemudian mengajak cak Pri sekeluarga dan akhirnya kami berangkat berdelapan. Dan berikut ini penampakannya :

Antara jalur Suruh - Dongko Trenggalek (Juli 2015)

@Kalikuning Cangkringan - Sleman (Juli 2015)

@Berfoto bersama Ibu warga dusun Kinahrejo - Sleman (Juli 2015)

Alhamdulilah sampai saat ini Si Merah Maroon masih nyaman diajak jalan-jalan. Tiap 1 bulan sekali atau ketika oddometer menunjuk angka 2000 Si Merah Maroon selalu aku servis dan ganti oli mesin. Mungkin itu sekelumit cerita kebersamaan aku bersama Si Merah Maroon.

Sebenarnya ada masih banyak lagi destination yang pengen aku jelajahi seperti ke Titik Nol Km Aceh dan ujung Pulau Flores. Tapi lagi-lagi kami terkendala oleh waktu. Mungkin kalo nemu waktu yang pas aku dan si merah maroon akan segera mewujudkannya..amien. Salam keluyurers.

Pantai Pangi Blitar ( September 2015)

Nusantaride One Day Rally @Kulon Progo - Jogja (Januari 2016)

Ridefotography Workshop (Maret 2016)

Nusantaride One Day Rally @Bukit Teletubis Blitar (Oktober 2016)