7 Tempat Wisata Belanja Di Bali Yang Ajeeep - Ajeep

Selain memiliki pantai dan pemandangan yang indah, Bali juga menjadi salah satu destinasi wisata belanja yang cukup sering dikunjungi. Pada setiap bulan - bulan khusus seperti :  Lebaran, Natal & Tahun Baru, Agustus, Galungan serta Kuningan sering ada big sale alias cuci gudang.

Produk yang dijajakannya pun beraneka ragam mulai dari pakaian, jajanan, pernak-pernik, aneka kerajinan dll. Dan berikut ini 7 tempat yang menurut aku layak dijadikan destinasi wisata belanja ketika kita berkunjung ke pulau dewata  :

1. Joger Jelek
Belum pas rasanya ke Bali tapi kalo kita tidak mampir ketempat ini. Bali memang selalu identik dengan Joger dan begitupun juga sebaliknya. Oleh sebab itu Joger hanya membuka cabang di Bali saja. Joger memiliki 2 gerai : pertama di daerah Tuban - Kuta sedangkan yang kedua di Luwus - Baturiti Tabanan.

Joger Kuta adalah cikal bakal perusahaan ini sebelum membuka cabang di Luwus. Kalo aku sendiri lebih sering dan nyaman belanja ke Joger Luwus dibandingkan dengan Joger Kuta. Selain tempatnya lebih luas, lengkap dan suejuk lokasinya juga lebih dekat dengan rumah saudara di Kediri plus dalam perjalanan kesana banyak sekali orang yang berjualan durian hehehehhehehe.

Joger Luwus sempat terancam tutup karena adanya konflik dengan penduduk setempat yang tiba-tiba menaikkan uang pajak desa. Tapi untung saja konflik tersebut tidak berlangsung lama karena kedua pihak telah menemukan kesepakatan.  Joger buka setiap hari  dari pukul 10.00 - 18.00 WITA.

Catatan : 
    • Koordinat Joger Kuta : -8.727186, 115.176953
    • Koordinat Joger Luwus : -8.387211, 115.194957


Joger Kuta

Joger Luwus

2. Erlangga
Erlangga merupakan salah satu tempat favorit aku dan keluarga untuk membeli oleh - oleh khas Bali. Ada banyak pilihan barang yang dijual disini mulai dari kuliner, lukisan, pakaian, patung, pernak-pernik dll. Sama seperti  Joger, Erlangga juga mempunyai cabang yang letaknya tidak jauh jauh sini. Lokasi Erlangga 1 berada di Jln. Nusa Kambangan No. 28 B sedangkan Erlangga 2 berada di Jln. Nusa Kambangan No.157 Denpasar. 

Tapi Erlangga 2 adalah outlet yang sering aku datangi karena tempatnya lebih luas dan barang-barangnya juga lebih lengkap. Fasilitas di Erlangga 2 antara lain : toilet bersih, kamar mandi, cafe & restoran, area parkir yang luas, ATM, musholla dan arena bermain untuk anak-anak. Harga disini adalah harga pas jadi tidak bisa ditawar. Erlangga 2 buka setiap hari dari pukul 08.00 - 22.00 WITA.

Catatan : 
    • Koordinat Erlangga 2 : -8.670365, 115.207664

Suasana parkir Erlangga 2

3. Krisna 
Tak jauh dari Erlangga 2 atau lebih tepatnya pas disebelahnya ada pusat oleh-oleh lainnya yang tidak boleh anda lewatkan. Menawarkan konsep sama seperti Erlangga, Krisna 2 juga menjual aneka macam produk kerajinan khas Bali. Krisna lebih muda usianya dibanding Erlangga yaitu berdiri sekitar bulan Mei 2007. Harga disini juga pas jadi jangan harap anda bisa menawar hehehhehehe.

Krisna Nusa Kambangan ini adalah Krisna 2 sedangkan Krisna 1 (Krisna Nusa Indah) berlokasi di Jln. Nusa Indah Denpasar di dekat Taman Budaya. Selain di Denpasar Krisna juga mempunyai 3 buah outlet lagi diantaranya di Sunset Road ( Krisna 3 atau Krisna Sunset Road), Krisna 4 yang berada didekat bandara I Gusti Ngurah Rai (Rama Krisna) dan Krisna 5 (Krisna Singaraja) yang berlokasi di Jln. Raya Kalibukbuk Buleleng. Krisna buka setiap hari dari pukul 08.00 - 22.00 WITA kecuali Krisna 4 yang buka 24 jam.

Catatan :
    • Koordinat Krisna 1 : -8.649318, 115.233582
    • Koordinat Krisna 2 : -8.670365, 115.207664
    • Koordinat Krisna 3 : -8.704224, 115.180284
    • Koordinat Krisna 4 :  -8.742090, 115.178383
    • Koordinat Krisna 5 :  -8.157225, 115.032754

Krisna 2

4. Pasar Guwang & Pasar Seni Sukawati
Kedua pasar tersebut letaknya cukup berdekatan mungkin hanya berjarak sekitar 2-3 km saja. Pasar seni Guwang dan Sukawati berada di desa Sukawati, Kab. Gianyar - Bali. Pasar seni tersebut ini menjual apa saja yang berhubungan dengan Bali baik itu kuliner, pakaian, lukisan, pernak-pernik dan aneka kerajinan lainnya. 

Kalo berbelanja disini kita bisa tawar sampai separuh harga tapi itu tergantung dengan sikon yaitu ramai atau tidaknya pengunjung. Sebab kalo pengunjungnya ramai tentu saja harga yang ditawarkan lebih tinggi apalagi kalo pengunjungnya turis mancanegara.

Jadi jangan kaget kalo barang yang kita beli sama tapi beda toko harga yang kita dapatkan terkadang tidak sama. Se,muanya tergantung bagaimana kita mengeluarkan jurus pamungkas kita heheheheh. Menurut aku suasana di pasar Sukawati lebih ramai jika dibandingkan dengan pasar Guwang. Kalo aku sendiri lebih nyaman berbelanja di Pasar Guwang sebab kita bisa dengan leluasa memilih dan menawar barang tanpa harus saling berdesakan dengan para pengunjung lainnya apalagi ketika musim libur tiba.


Catatan :
    • Koordinat Pasar Seni Guwang  :  -8.604532, 115.280225
    • Koordinat Pasar Seni Sukawati : -8.596454, 115.282292

Narsis @Pasar Seni Guwang

5. Pasar Tradisional Ubud


Ketika sedang ngelencer ke Bali sesekali cobalah anda pergi ke pasar tradisional salah satunya adalah Pasar Ubud. Disini kita akan menemukan aneka kerajinan, pakaian adat, kuliner (sate lilit, tahu tipat, serombotan) serta jajanan pasar ( iwel, jaje lempog, lak-lak, jaje giling, timus, jaja sengait dll), yang tidak kita jumpai ketika berkunjung ke pusat oleh-oleh/sentra oleh-oleh. Tapi bagi yang beragama islam ada baiknya bertanya dulu sebelum membeli takutnya pada jajanan/makanan yang kita beli mengandung unsur babi.

Pasar Ubud berada tepi jalan raya Ubud - Gianyar atau tepatnya di dekat Puri Ubud. Dipasar ini kita bisa mendapatkan barang-barang yang berkualitas bagus tapi dengan harga yang relatif murah. Namanya juga pasar jadi waktu yang baik untuk datang kesini adalah ketika pagi hari. Karena saat siang sampai sekitar pukul 19.00 WITA aktifitas pasar akan bergeser menjadi sebuah pasar seni.

Hal yang tidak kita dapatkan ditempat lain adalah situasi dan kondisi pasar yang akan membawa kita ke suasana pedesaan Bali tempo dulu. Saking terkenalnya pasar ini pernah dijadikan sebagai salah satu lokasi syuting film Hollywood yang dibintangi Julia Robert yang berjudul "Eat, Pray & Love".

Catatan :
  • Koordinat Pasar Tradisional Ubud : -8.506982, 115.262761


Salah satu sudut Pasar Ubud  (Courtessy : www.panoramaphotos.net)

(Courtessy : 3perempuan.files.wordpress.com)

6. Pie Susu
Berbicara Pie Susu pasti pikiran kita pasti langsung mengarah ke pulau dewata. Yups, jajanan ini memang menjadi buruan No. 1 oleh-oleh yang wajib dibeli ketika ngelencer ke pulau ini. Tapi kita tidak bisa mendapatkannya ditoko/pusat oleh-oleh khas Bali manapun bahkan di Erlangga serta Krisna.

Jadi kalo kita pengen membeli harus langsung datang ke pusatnya yang berada di Jln. Nangka Selatan Gg. Nuri Denpasar. Selain itu kita juga bisa memesan by sms or phone kemudian pesanan tersebut akan diantar ke hotel tempat kita menginap atau ketemuan ditempat yang telah disepakati dengan sistem COD (cash on delivered). Karena ini industri rumahan maka tak jarang saat kita datang ke sana stok pie susu-nya sudah habis atau sudah ada yang order sehingga kita harus menunggu  untuk dibuatkan kembali.

Catatan :
  • Koordinat Pie Susu : -8.643665, 115.219785

Pie Susu

7. OSO (Original Surf Outlet)
Bagi anda pecinta brand luar negeri terutama produk pakaian dan perlengkapan yang berhubungan dengan surfing maka tempat ini harus anda kunjungi. OSO berlokasi di By Pass Ngurah Rai. Kalo dari arah Denpasar sesudah simpang siur atau patung Dewa Ruci ke arah Nusa Dua sebelah kanan jalan.

Setiap ke touring ke Bali aku selalu menyempatkan mampir kesini. Awalnya sih cuma pengen lihat-lihat saja tapi kalo ketemu yang cocok ya aku beli. Berbagai macam brand lokal dan internasional ada disini seperti : Rip Curl, Oakley, Spyderbilt, Rusty, No Fear, Kuta Lines dan  Billabong. 

Produk barang yang dijual disini adalah produk stok lama dan harganya lebih murah dibandingkan tempat lain apalagi dioutlet resminya. Tapi meskipun begitu masih bagus kok kondisinya. Pada setiap Hari Raya Nasional maupun Hari Raya Agama mereka selalu mengadakan big sale/cuci gudang. Diskonnya bahkan bisa sampai 70%. Meskipun identik dengan peralatan dan perlengkapan surfing tempat ini juga menjual beberapa pakaian dan aksesoris skateboard.

Catatan : 
    • Koordinat OSO : -8.728148, 115.179522

OSO

No comments:

Post a Comment