5 Tempat Yang Wajib Dikunjungi Ketika Jalan - Jalan Ke Pandaan

Memasuki kawasan Taman Dayu

Pandaan adalah sebuah daerah kecil yang berada diwilayah Kabupaten Pasuruan - Jawa Timur. Karena terletak diantara 3 gunung yaitu gunung Penanggungan, gunung Welirang dan gunung Arjuna sehingga menjadikan Pandaan bersuhu lumayan sejuk. 

Selain itu letaknya sangat strategis banget karena berada di antara ditengah-tengah jalur utama Malang - Surabaya. Sekilas mungkin mirip dengan Bogor yang berada diantara Jakarta - Bandung. Pada setiap akhir pekan Pandaan sering dikunjungi para pendatang yang sudah penat dengan kehidupan kota. Dan berikut ini beberapa tempat yang wajib dikunjungi ketika jalan-jalan ke Pandaan :

Taman Dayu pada awalnya hanya lapangan Golf dan Resort saja tapi pihak Ciputra selaku pengembang pelan-pelan mulai membangun beberapa fasilitas tambahan disini untuk menarik pengunjung seperti : Perumahan Elite, Sentra Kuliner (Food Ferrace & Food Veranda), KFC, tempat bermain anak-anak, Outbond, Waterboom, Futsal Arena, Supermarket, Komplek Ruko (Little Shanghai & Little Persia) dll. 

Tak anyal pada setiap akhir pekan atau liburan panjang Taman Dayu hampir selalu didatangi oleh pengunjung. Dari yang hanya sekedar muter-muter saja, menikmati kuliner dibawah pepohonan yang rindang, bermain outbond bersama keluarga, bermain air di waterboom atau hanya lari-lari kecil saja ketika pagi dan sore hari bersama pacar atau sahabat. Bahkan setiap ada kegiatan yang melibatkan  Pandaan dan Pemda Pasuruan selalu dipusatkan disini.

Setiap ada sahabat yang berkunjung ke rumah aku hampir selalu mengajaknya jalan-jalan dan makan disini supaya mereka tahu salah satu lands mark Kota Pandaan dan sekaligus juga bisa merasakan kearifan lokal warganya. Begitupun juga ketika ada acara bukber atau reunian bersama sahabat lama, Food Terrace dan Food Veranda pasti akan jadi pilihan utama.

Disepanjang jalan menuju ke Taman Dayu Golf kita disuguhi eksotiknya berjalan dibawah pepohonan yang rindang. Karena keindahannya tersebut maka tempat ini sering dijadikan sebagai lokasi pemotretan foto model dan foto pre wedding. 

Untuk menuju ke lokasi ini cukup mudah kok. Kalo dari arah Surabaya sesudah  By Pass Pandaan atau pas dipintu keluar Tol Gempol - Pandaan (tapi jalan tolnya masih belum dibuka). Sedangkan kalo dari arah Malang kira-kira 3 km sesudah PT. Sampoerna (Koordinat : -7.667580, 112.699024).




The Orchard tampak dikejauhan

Food Terrace

Food Veranda

KFC & Komplek Ruko

Pemandian ini berada di Dsn. Klagen, Ds. Duren Sewu, Kec. Pandaan, Kab. Pasuruan. Sebuah pemandian yang menawarkan format rekreasi keluarga karena selain kolam renang disini kita juga bisa bermain outbond, naik kuda mengelilingi lokasi pemandian, menikmati sepeda air bersama sahabat, terapi ikan, berkemah bersama keluarga dll.  

Untuk menuju kesini cukup mudah kok karena petunjuk jalannya cukup lengkap. Lokasinya sendiri hanya berjarak sekitar 2 Km saja dari Taman Dayu tapi sayang begitu memasuki desa Duren Sewu kondisi jalan agak jelek. Sedangkan kalo dari arah Bypass Pandaan searah dengan RM. Makoya atau Gubuk Makan "Mang Engking" dengan kondisi jalan yang lebih bagus karena ini merupakan jalan utama. (Koordinat : -7.673836, 112.684276)

Tiket masuknya murah bingit yaitu sebesar Rp. 8000,-/orang (dewasa) dan untuk menikmati wahana lain kita harus membayar lagi berkisar antara  6000 - 7000. Pemandian ini buka setiap hari dari pukul 07.00 - 17.30 WIB. Pemandian ini mungkin bisa jadi referensi tempat untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga ketika bertandang ke Pandaan.


Pintu masuk Pemandian "Telogo Sewu"



Kolam dewasa

  • Wisata Panci
Wisata Panci ?. Yupz pertama mendengar kalimat itu kita pasti dibuat bingung hhehehehehe. Wisata Panci ??? wisata apaan ya ??. Sebenarnya ini merupakan wisata belanja aneka macam produk panci bermerek dengan harga yang cukup miring dan kualitas yang masih cukup bagus.

Lokasinya berada dekat Taman Dayu atau tepatnya di Dsn. Sukorejo, Ds. Karang Jati Pandaan. Kalo dari Food Terrace hanya berjarak sekitar 300 meter saja (Koordinat : -7.670961, 112.697093). Wisata ini buka setiap hari dari pukul 07.00 - 20.00 WIB. Harga disini adalah harga pas jadi otomatis tidak bisa ditawar kecuali anda beli dalam partai besar.

Dusun ini sebenarnya bukan merupakan sentra pembuatan Panci melainkan tempat menampung produk Panci KW/BS. Produk - produk cacat tersebut diambil dari pabrik dan kondisinya masih layak digunakan. Biasanya panci - panci tersebut diambil dari beberapa pabrik  terkemuka di sekitaran Jawa Timur seperti : PT. Maspion, PT. Kedawung, PT. Pelita Jakarta dan beberapa produk dari Cina.

Selain aneka macam panci dijual juga produk lain seperti : gelas, cangkir, termos, rantang, rice cooker, blender penggorengan, parutan, spatula (sotel), sendok garpu, peralatan berbahan plastik dan aneka kebutuhan rumah tangga lainnya.  Buat bapak-bapak yang jenuh menunggu sang istri berbelanja anda bisa bersantai diwarung - warung yang berjejer didekat gapura pintu masuk.  

Jadi setelah selesai renang di Pemandian Telogo Sewu kemudian makan di Food Terrace Taman Dayu tidak ada salahnya anda meluncur kesini dan membeli beberapa macam produk panci agar makin disayang sama suami hehehehehhe. 


Arah dari Food Terrace



Selamat Datang di Wisata Panci



  • Masjid Cheng Hoo
Nama masjid ini berasal dari nama seorang pelaut Cina beragama Muslim pada jaman Kekaisaran Ming yaitu Muhammad Cheng Hoo. Selain di Pandaan masjid Cheng Hoo juga ada di Surabaya. Lokasinya cukup strategis karena berada di jalur utama Malang - Surabaya atau tepatnya disebelah Pasar Buah Pandaan dan berjarak sekitar 300m dari Terminal Pandaan (Koordinat : -7.652013, 112.687866).

Masjid yang memiliki arsitektur campuran Islam, China & Jawa ini mulai dibangun pada tahun 2003 dan diresmikan pada tanggal 27 Juni 2008 oleh Bupati Pasuruan saat itu. Warna masjid yang didominasi warna Merah, Kuning dan Hijau mewakili arsitektur China sedangkan atap joglo pada bagian utama masjid mencerminkan khas budaya jawa. 

Banyak sekali para pendatang/traveler yang kebetulan sedang melintas di Pandaan lalu berhenti untuk sekedar beristirahat atau menunaikan ibadah disini. Aku sendiri juga sering beribadah disini terutama pada sholat Tarawih bersama teman dan kedua keponakanku yang unyu-unyu itu hehehhehehe.

Masjid Cheng Hoo terdiri dari 2 lantai. Lantai dasar atau lantai 1 digunakan sebagai tempat pertemuan dan tempat wudhu sedangkan lantai 2 adalah lantai utama dan digunakan sebagai tempat sholat. Masjid Cheng Hoo sekarang telah menjadi salah satu icon pariwisata Pasuruan terutama Pandaan.

Dibelakang masjid ada kantin khusus yang dikelola oleh Takmir Masjid sedangkan sekitar 300-400 meter ke arah utara ada beberapa warung kuliner yang dapat kita jadikan referensi untuk bersantap ria seperti : Warung Ngelencer "Bakpao Telo", Kepiting Cak Gundul, Botok'an Cak Gundul, RM. Kaisar, Tempe Penyet 'Bu Kris" dll. Selain deretan warung ada juga toko yang menjual busana muslim dan buah-buahan khas arab seperti kurma.


Masjid Muhammad Cheng Hoo Pandaan

Bagian interior masjid

  • Candi Jawi
Candi ini sebenarnya tidak berada diwilayah Kec. Pandaan melainkan di Desa. Candi Wates, Kec. Prigen tetapi karena lokasinya lebih dekat dengan Pandaan maka aku sengaja memasukkannya ke list ini. Kalo dari Pandaan berjarak sekitar 5 Km saja ke arah Tretes. Lokasinya berada pas disebelah jalan utama Pandaan - Tretes (Koordinat : -7.663088, 112.669238).

Candi Jawi dibangun pada akhir abad ke-XIII dan merupakan Candi Hindu peninggalan Kerajaan Singosari. Menurut sumber terpercaya Candi Jawi bukan merupakan tempat pemujaan seperti candi pada umumnya melainkan tempat penyimpanan abu raja terakhir Singosari yaitu Kertanegara. 

Candi ini berada pada ketinggian sekitar 285 Mdpl dan menghadap ke arah timur. Kalo dilihat dari depan akan tampak Gunung Penanggungan dikejauhan sana. Untuk lebih jelasnya anda bisa langsung saja datang kesini sambil merasakan sejuknya suhu disekitar candi.


(Courtesy : panoramio.com)

1 comment: