Teknik KAMI Goes 2 Pantai Bale Kambang - Malang

Welcome @Bale Kambang Beach

Minggu, 21 Desember 2014
Setiap 4-5 bulan sekali kawan - kawan di Departemen Teknik tempat aku bekerja selalu mengadakan acara kumpul - kumpul mirip arisan anjangsana gitu. Pada akhir bulan kita diwajibkan membayar iuran sebesar Rp. 10.000,- dan uang tersebut nantinya akan diberikan kepada yang ketempatan atau yang mendapat giliran menjadi tuan rumah.

Kalo sebelumnya arisan selalu diadakan secara indor (dalam rumah) maka untuk kali ini kami pengen sesuatu yang beda yaitu dengan melaksanakannya di outdoor. Dan kebetulan yang mendapat giliran adalah bro Indarto Susilo. Sebenarnya rumahnya di Ngoro tetapi temen-temen pengen acara tersebut diadakan dikampung halaman sang istri yaitu Kepanjen. Dan puncak acaranya nanti adalah ngelencer di pantai Bale Kambang. 

Kami kemudian sepakat kumpul dipubrik  (NIP Ngoro) dan akan berangkat tepat pada pukul 07.00 WIB. Molor 30 menit dari jadwal, bus yang membawa kawan - kawan kemudian perlahan-lahan meninggalkan Ngoro. Aku sendiri menunggu mereka di Patung Sapi Pandaan. Tepat pada pukul 08.30 WIB bus akhirnya datang juga.

Beberapa kawan-kawan yang berangkat dari pabrik

@Perempatan Patung Sapi Pandaan

Aku segera naik dan bus harus berhenti lagi di Suwayuwo untuk menjemput putri pak Budi. Setelah semua peserta lengkap bus langsung meluncur menuju ke Kepanjen. Ketika sampai di Malang perjalanan agak tersendat karena pak sopir sempat salah mengambil arah sehingga bus harus memutar kembali.

Setelah menempuh perjalanan sekitar jam 4,5 jam, kami akhirnya sampai juga dirumah Yu Ross (nama istri bro Indarto Susilo). Lokasinya berada di dekat stadion Kanjuruhan Kepanjen - Malang atau tepatnya di Kelurahan Penarukan. Tapi kami hanya sebentar saja disana karena setelah makan siang acara akan dilanjutkan ke pantai Bale Kambang. 


(ki-ka ) Pak Djoko, bro Kus & Bro Samsul @rumah Yu Ross 


Duo narsis : Bro DikDik & bro Heru IT

Makan siang doeloe

Dapat bingkisan dari tuan rumah...nayamul hehehehhe

Dari Kepanjen, pantai Bale Kambang hanya berjarak sekitar 65 Km. Karena jalannya cukup sempit dan ada tanjakan yang cukup tajam maka jarang ada bus besar yang berkunjung kesini. Kebanyakan di dominasi oleh rombongan yang menggunakan mobil pribadi, Elf serta bus mini. Dan tak butuh waktu lama kami akhirnya sampai juga disana tepat pada pukul 14.45 WIB. Pantai Bale Kambang berada diwilayah Kec. Bantur - Malang Selatan. Ternyata pantai ini sudah banyak berubah ya ??. Terakhir kali aku kesini sekitar bulan November 2006 yang lalu.




Menuju ke Bale Kambang

Gerbang masuk Bale Kambang








Selain pantai Bale Kambang disekitar sini juga banyak terdapat pantai-pantai yang tidak kalah indah seperti : pantai Kondang Merak, Goa Cina, Bajul Mati dll. Begitu sampai di pantai aku dan beberapa kawan-kawan langsung ganti baju dan segera nyemplung ke laut. Sementara kawan-kawan lainnya pada mencar sendiri-sendiri mencari spot yang bagus bersama keluarganya masing-masing.

Belum pas rasanya ke Malang kalo kita tidak mengunjungi pantai ini. Pada setiap akhir pekan atau malam tahun baru pantai ini hampir selalu dipadati oleh pengunjung. Salah satu ciri khas pantai ini adalah memiliki sebuah pura yang dibangun diatas batu karang dan terletak ditepi laut/pantai gitu. Pura ini diresmikan pada tahun 1985 oleh Bupati saat itu yaitu Bpk. Eddy Slamet.  Untuk menuju kesana kita harus menyeberangi jembatan kecil yang terbuat dari beton (dulunya terbuat dari kayu)










Pura Ismoyo Bale - Kambang











Masih dalam wilayah pantai Bale Kambang terdapat sebuah pantai lainnya yang cukup indah yaitu pantai Jembatan Panjang/Sumur 7. Lokasinya berada disisi barat pura. Tapi untuk menuju kesana kita akan dikenakan biaya tambahan sebesar 3000/orang. Ada banyak aktifitas yang bisa kita lakukan disini seperti berenang, berkemah atau bermain flying fox.


Pak Misbach dan keluarga

Arah menuju ke Pantai  Jembatan Panjang  / Sumur 7

Pantai  Jembatan Panjang  tampak dikejauhan

Penginapan yang disewakan

Cafe & Resto Wibisono

Warung pinggir pantai

Perjalanan pulang

Melipir sebentar ke pasar Lawang

Tidak terasa ternyata waktu sudah menunjukkan pukul 17.45 WIB dan saatnya kembali lagi ke habitat asal hehehehhe. Karena kondisi badan yang capek aku sempat tertidur lelap dalam perjalanan dan baru bangun ketika bus berhenti di pasar Lawang untuk membeli oleh-oleh khas Malang. 

Dan pada pukul 22.10 WIB bus akhirnya sampai kembali di Pandaan dan kemudian aku turun di Pasar Buah Dekopin - Pandaan sementara kawan-kawan harus melanjutkan lagi perjalanan menuju ke Ngoro - Mojosari. Salam keluyurer dan sampai ketemu di perjalanan berikutnya. Assalamualaikum Wr. Wb...........


Catatan :
  • Tiket masuk pantai  -- 11.000/orang
  • Biaya masuk kendaraan -- Sepeda : 1000, Mobil : 2000, Bus/Truk : 3000
  • Tarip Parkir kendaraan -- 10.000/bus





No comments:

Post a Comment