Nasi Jagung Kutogirang - Ngoro Yang Luekooh Bingit

Lalapan tempe penyet, lamtoro, daun semanggi, daun turi, pencet muda dll

Sego empok alias nasi jagung merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang sering dikonsumsi oleh masyarakat pedesaan. Tapi seiring berjalannya waktu kuliner ini sudah naik pangkat alias tidak lagi dinikmati oleh kalangan masyarakat pedesaan melainkan sudah dinikmati oleh masyarakat kota karena khasiatnya.

Kebetulan didekat tempat saya kerja ada satu warung nasi jagung sederhana yang top recomended banget deh. Hampir setiap hari jumat aku dan teman kerja sering makan siang disana. Kami menyebutnya warung nasi jagung Kutogirang karena memang berlokasinya di Dusun Krapyak, Desa Kutogirang, Kec. Ngoro - Mojosari.

Kalo dari NIP (Ngoro Industri Persada) hanya berjarak sekitar 6-7 km ke arah PPLH Seloliman atau Pemandian Candi Jolotundo. Pada setiap jam-jam makan siang atau hari libur warung ini hampir selalu dipadati oleh pengunjung. Dan harganyapun cukup murah yaitu Rp. 6000,-/porsi. 

Belok kiri ke arah warung nasi jagung dari arah Ngoro

Warung Nasi Jagung

Yang unik disini ada cara penyajian lauk pauknya secara prasmanan yaitu semua lauk-pauk seperti rempeyek, dadar jagung, ikan asin, lento dll akan diletakkan dalam suatu wadah besar gitu. Kemudian kami mengambil sesuai dengan selera dan jumlah yang kita inginkan. Kalo sudah selesai mengambil, wadah tersebut akan diambil lagi oleh pelayan kemudian akan dipindah ke pengunjung lainnya. 


Lauk pauk ambil sendiri-sendiri

Bro Hadi Pepenk -- Luweee ta jo hehhehehehe

Siang ini saya makan bersama pak boss, bro Rizal dan bro Hadi Pepenk. Karena ini hari jumat maka kami memutuskan pesan dulu kemudian kami tinggal sebentar untuk menunaikan ibadah sholat Jumat. Setelah selesai sholat langsung bergegas menuju ke warung. Warung nasi jagung ini buka setiap hari dari pagi - sore kecuali pada hari Jumat Legi.

Dan tak butuh waktu lama, semua menu yang kami pesan langsung terhidang dimeja dan siap untuk disantap. Nasi jagung merupakan nasi putih yang dicampur dengan jagung yang telah ditumbuk halus dengan lauk : ikan asin, dadar jagung dan rempeyek.

Bisa juga ditambahkan lalapan terong, tempe penyet, daun semanggi, daun turi, jantung pisang, kulup daun pepaya, irisan mangga muda serta lamtoro. Untuk minumnya ada kopi, es teh, es jeruk, es sinom serta es beras kencur. Konon nasi jagung bisa buat mengobati penyakit diabetes. Selamat mencoba gaes, salam keluyurers.


Catatan :

    • Koordinat lokasi :  -7.574035, 112.588211


No comments:

Post a Comment