10 Alasan kenapa Adventure Dengan Menggunakan Motor Itu Menyenangkan


Jauh sebelum kita "TOURING" seperti sekarang, sudah ada seseorang yang lebih dulu melakukannya yaitu Ernesto "Che" Guevara tepatnya pada tahun 1952. Bersama Alberto Granado sahabatnya, Guevara muda (23 tahun) melakukan perjalanan dengan menggunakan motor tua Norton 500 mengelilingi beberapa negara di Amerika Selatan seperti : Argentina, Chili, Peru, Bolivia, Venezuela dll.

Dalam perjalanannya dia menyaksikan kondisi nyata sebuah masyarakat yang begitu mengenaskan seperti kemiskinan, wabah penyakit yang merajalela, keadaan masyarakat yang terbelakang dll, padahal mereka semua hidup di tanah yang kaya akan sumber daya alam. Dan perjalanan inilah yang kemudian mengubah cara pandang seorang Che Guevara muda saat itu.

Ok kembali ke laptop hehehehehhe. Intinya perjalanan Che Guevara dengan perjalanan yang kami lakukan hampir sama cuma mungkin berbeda pada misinya saja. Tapi buat sebagian orang melakukan sebuah perjalanan dengan menggunakan sepeda motor alias Touring adalah hal yang tidak menyenangkan dan nyaman karena akan kepanasan, kehujanan, kotor, berdebu dan rawan menjadi korban tindak kejahatan.

Tapi bagi kami justru sebaliknya karena kami merasa sangat excited banget melakukannya. Kami bisa melihat warna-warni dunia lebih bebas dan tanpa batas dari kacamata seorang moto traveler (bikers). Motto kami : "It's All About The Journey, Not The Destination". Dan berikut ini 10 alasan kenapa kita harus mengendarai motor untuk menjelajahi setiap sudut Nusantara  :


1. Mengajarkan kita untuk selalu fokus
Mengendarai roda dua dibutuhkan tingkat konsentrasi yang lebih tinggi apalagi ketika kita berkendara dalam kondisi cuaca yang tidak bersahabat dan dalam kondisi berboncengan pula. Sebab tingkat keselamatan riding dengan menggunakan motor tidak se-safety kalo kita menggunakan R4. Salah sedikit ambil perhitungan saja maka kita dan orang lain bisa celaka. Tapi justru itu kelebihannya karena kita akan selalu berusaha untuk lebih fokus dan terus fokus, dari start sampai finish.  


2. Mengajarkan kita agar menjadi pribadi yang selalu sabar dan menghargai orang lain
Sabar dan saling respect kepada para pemakai jalan lainnya adalah salah satu kunci keselamatan dalam berkendara karena jalanan merupakan tempat berkumpulnya berbagai macam karakter orang. Perilaku kita dalam berlalu lintas akan mencerminkan bagaimana karakter kita sesungguhnya terutama ketika berkendara dengan menggunakan R2.

Karena berkendara dengan menggunakan R2 bisa menyebabkan tingkat stress serta emosi kita dijalan menjadi tinggi dan kalo tidak bisa mengendalikannnya tentu saja hal tsb bisa menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya sebuah kecelakaan apalagi kalo kita sudah berhadapan dengan ibu - ibu, emak-emak atau para wanita yang juga sedang berkendara menggunakan motor ?? mending ngalah ae bray ? daripada ujung-ujungnya entar kita yang kena semprot. Maklumlah mereka kan penguasa jalanan hehhehehehehe.


3. Mempunyai lebih banyak sahabat
Saat melakukan sebuah perjalanan kita pasti akan lebih sering berinteraksi dengan orang lain baik itu sesama pengendara maupun penduduk setempat serta bertemu dengan orang-orang yang baru pula. Baik itu dalam perjalanan maupun ketika sudah sampai ditujuan diantaranya adalah saat sedang sama-sama beristirahat di pombensin atau minimart, ketika sama-sama kesasar, pas cangkrukan diwarung kopi, menanyakan arah jalan dll.

Satu hal yang sering dilakukan bikers ketika berpapasan dijalan adalah kami saling menyapa dengan menyalakan klakson 2X atau tetoot...tetoott. Biasanya sih dilakukan antar komunitas motor yang mempunyai misi dan tujuan yang sama seperti sama-sama menggunakan box atau sama-sama lagi berpergian jauh (touring). Karena itulah mengapa kami para bikers mudah akrab satu sama lain meskipun kami berbeda jenis motor, suku, daerah, agama, kelamin dan mempunyai tingkat solidaritas yang tinggi


4. Menjadikan kita pribadi yang lebih peka terhadap keadaan sekitar.
Dalam setiap perjalanan biasanya kita melewati daerah - daerah asing yang kadang tidak bisa dilewati oleh kendaraan lain karena faktor kondisi jalan, alam dll. Justru itulah kelebihan kita karena bisa blusukan ke daerah-daerah yang tidak terjangkau oleh R4 atau bahkan para pejalan kaki sehingga kita bisa tahu bagaimana kondisi/keadaan sosial suatu daerah sesungguhnya.

Mulai dari kondisi infrastruktur jalan, kondisi masyarakat, kondisi lingkungan serta keadaan alam sekitar. Karena lebih sering melihat hal-hal tersebut sehingga kita lebih peka terhadap kondisi alam sekitar. Dan diharapkan kita bisa menjadi orang terdepan dalam memberi informasi penting terkait dengan kerusakan lingkungan serta kondisi kesehatan masyarakatnya pada daerah yang kita kunjungi..


5. Menjadikan kita pribadi yang lebih mandiri
Pada saat touring jarak jauh serta ketika riding pada malam hari tentu kita tidak bisa mengandalkan pada bengkel ketika sewaktu-waktu terjadi kerusakan yang notabene kerusakan tersebut ternyata bisa kita atasi sendiri. Oleh karena itu ada baiknya kita selalu membawa perlengkapan dan peralatan sendiri jika ternyata motor tiba-tiba mengalami masalah selama perjalanan atau seperti pepatah "bawa payung sebelum hujan".

Macam peralatan dan perlengkapan apa saja yang perlu dibawa bisa baca disiniKalopun kita tidak bisa memperbaikinya dikarenakan kerusakannya berat tapi setidaknya kita bisa melakukan perbaikan sederhana/sementara dulu sambil menunggu ada bengkel yang buka. Dengan begitu kita bisa menjadi orang yang kreatif dan mandiri yang nantinya bisa berguna suatu saat nanti.


6. Menjadikan kita pribadi yang mudah bersosialisasi dan ramah
Ketika ber-adventure alias touring kita pasti akan lebih sering berinteraksi langsung dengan penduduk sekitar dan merasakan bagaimana kearifan lokal masyarakatnya. Otomatis hal tersebut akan mengasah sifat sosial kita terhadap sekitar. Nah sifat mudah bersosialisasi inilah yang kelak akan berguna jika suatu saat nanti  kita pergi/blusukan ke tempat-tempat baru dan jauh.

Dengan bersikap ramah mereka tentu akan sungkan kepada kita. Dan hal tersebut akan memberi nilai plus ketika suatu saat nanti kita membutuhkan bantuan. Seperti yang kami alami ketika berkunjung ke Coban Baung Ngajum - Malang. Awalnya kami kesulitan untuk mencari tempat parkir tapi tiba-tba ada seorang penduduk yang berbaik hati meminjamkan halaman rumahnya sebagai tempat parkir.

Ternyata bukan hanya itu saja bray karena ketika akan pulang mereka lalu menjamu kami semua dengan hasil kebunnya. Benar benar diluar dugaan karena berawal dari kesuilitan mencari tempat parkir, kami bisa mendapatkan sebuah saudara baru. Ketika kami akan berpamitan mereka mengatakan kalo kesini kami disuruh mampir lagi kesana. Siaaap, insyaallah pak...................


7. Dapat blusukan kemana-mana
Kalo ini pasti ??? sebab dengan desain kendaraan yang kecil serta ramping otomatis akan membuat kita leluasa ketika akan bermanuver dan melewati berbagai macam jalan dengan kondisi apapun. Dengan blusukan juga kita akan lebih tahu bagaimana keadaan daerah tersebut sesungguhnya ?. Kalo pengan yang lebih extrem dan menantang adrenalin, kita blusukan dengan menggunakan trail karena bisa menjangkau lebih dalam lagi..


8. Menjadikan kita lebih mencintai Indonesia
Semakin sering kita melakukan adventure maka otomatis akan semakin membangkitkan jiwa dan rasa nasionalisme kita, apalagi daerah yang kita kunjungi ini adalah tempat-tempat yang memang layak diperkenalkan kepada dunia tentang bagaimana indahnya Indonesia. Karena banyak daerah-daerah indah di Indonesia yang tersembunyi dan hanya bisa diakses/dijangkau dengan kendaraan khusus seperti motor trail atau motor adventure.  Tapi tentu saja kita harus menjadi seorang bikers yang arif dan bijak terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar.


9. Anti macet
Mungkin lebih tepatnya kita bisa dengan mudah lepas dari kemacetan dengan bersliat-sliut ria diantara kendaraan - kendaraan besar. Kalo terpaksa kita bisa lewat dibahu jalan. Dibahu jalan lho ya ?? bukan ditrotoar jalan. Sebab trotoar jalan merupakan hak untuk pejalan kaki. Tapi inget dibelakang ada sidebox dan topbox lho ? jangan sampai kebablasan takutnya entar ada yang nyangkutl hehehhehehehe


10. Murah Meriah
Kalo ini jelas jangan ditanya hehehhehehe. Kalo pengen yang lebih murah lagi bawa boncengan saja bray sehingga ongkos bbm-nya bisa dibagi 2 hehehhehehe. Tapi kalo bawa ceweknya masa kudu patungan juga sih ?? #LOL.

Mungkin itu sedikit ulasan dari aku. Kenapa ya ?? setiap kali ada tanggal merah atau long weekend bawa'annya tuh pengen banget nge-gas lagi, pengen tidur di hotel kuda laut lagi, pengen menghirup bau asap knalpot lagi, pengen bikin api unggun lagi, pengen tidur kruntelan ditenda lagi dll. Karena menjelajahi setiap sudut negeri ini adalah cara kami mencintai INDONESIA. Salam keluyurers . . . . . . . .


No comments:

Post a Comment