Bakso - Bakso Di Pandaan Yang Cukup Menggugah Selera

@Bakso Arkasa  

Bakso adalah makanan murah meriah yang uenak bingit dan sering kita makan sehari-hari. Hampir disetiap sudut kota/daerah banyak sekali terdapat lapak penjual bakso. Ada banyak pilihan tempat untuk membeli bakso mulai dari yang pake rombong (bakso keliling), bakso kaki lima sampai dengan bakso yang dijual dibangunan permanen gitu. 

Meskipun tidak identik dengan daerah penghasil bakso tapi di Pandaan banyak sekali terdapat warung-warung penjual bakso yang luekoh bingit. Dan berikut ini beberapa daftar warung bakso yang rasanya cukup maknyus tapi dengan harga yang bisa dibilang murah :


1. Bakso Kota “Cak Man”
Kalo bakso ini anda pasti sudah tahu karena nama "Cak Man" cukup terkenal dikalangan para pecinta bakso. Bakso ini berasal dari Malang dan yang di Food Terrace Taman Dayu ini adalah salah satu franchisenya. Disini kita bisa memilih isi bakso sesuai dengan selera masing-masing seperti usus, limpa, ati, bakso kasar, bakso halus, goreng, siomay, mie kuning dll. Harga satu porsi sekitar 10 ribu - 15 ribu atau tergantung apa saja isi bakso kita. Bakso ini buka dari pagi s/d pukul 21.00 WIB. Koordinat lokasi : -7.668236, 112.698472.




2. Bakso Citra
Bakso ini berlokasi tidak jauh dari Taman Dayu dan hanya berjarak sekitar 400 meter'an. Kalo dari arah Malang bakso Citra berada disisi kanan jalan (bukan jalan Bypass). Bangunan nya adalah semi permanent gitu karena gabungan antara kaki lima dengan bangunan permanen. Koordinat lokasi : -7.663922, 112.699054.

Satu porsi biasanya terdiri dari 2 buah bakso ukuran sedang, 2 buah siomay goreng serta 1 buah tahu goreng. Tapi kita juga bisa memilih sendiri isi bakso sesuai dengan selera. Yang spesial disini adalah bakso uratnya yang muantap abies. 




3. Bakso “Pak Kumis”
Tak jauh (sekitar 200 meter) dari dari Bakso Citra ada warung bakso luekoh lainnya yaitu : Bakso "Pak Kumis. Lokasinya berada pas disebelah Masjid Karangjati.  Bangunan bakso ini adalah non permanen alias kaki lima tapi jangan salah karena masalah rasa gak kalah sama bakso kelas bintang 5 lho. Koordinat lokasi : -7.663207, 112.698638.

Pilihan isi bakso memang tak selengkap di bakso kota "Cak Man" yaitu hanya bakso (pentol) kasar, bakso halus, siomay, tahu dan siomay goreng. Satu porsi terdiri dari 2 bakso ukuran sedang, tahu dan gorengan. Jika kita doyan hijau-hijauan (sayuran) kita bisa minta sawi. Bakso ini buka setiap hari dari pagi s/d sore menjelang malam.




4. Bakso Bola "Cak Min"
Bakso "Cak Min" berada satu jalan dengan bakso Citra dan bakso "Pak Kumis" tapi lokasinya agak ke arah barat atau tepatnya pas didepan IBC (Ikan Bakar Cianjur). Sama seperti bakso-bakso lainnya bakso bola juga cukup ramai oleh pembeli. Entah kenapa kuliner bakso ini menjadi salah satu makanan fav yang sering disantap oleh masyarakat Pandaan. Koordinat lokasi : -7.660448, 112.697762.


5. Bakwan Kabul "Cak Edi"
Penampakannya sekilas memang mirip dengan bakso tapi yang membedakannya adalah pada kuahnya saja yaitu kalo kuah bakwan warnanya lebih bening, rendah lemak dan tidak ada campuran sayurannya sedangkan kalo kuah bakso lebih keruh karena memiliki banyak lemak dan selalu identik dengan gajih. Koordinat lokasi : -7.650312, 112.703051.

Dan bakwan yang lumayan cukup enak adalah Bakwan Kabul " Cak Di" yang berlokasi di Kuti - Kutorejo atau tepatnya pas didepan Lapangan Basket Kuti. Rasa bola-bola baksonya (pentol dlm bhs jawa) cukup renyah, empuk dan lebih terasa bumbunya. Begitupun juga dengan siomay dan siomay gorengnya. Tak ayal hampir setiap hari warung bakwan ini selalu ramai oleh pembeli. Bakwan Kabul buka setiap hari dari pagi - malam hari.


6. Bakso Basket "Pak Sigit W"
Lokasi bakso basket ini tidak jauh dari bakwan kabul "Cak Edi" dan hanya berjarak sekitar 100 meter saja kearah Pandaan. Dulunya warung ini hanya menjajakan cilok tetapi lama-kelamaan banting stir menjadi penjual bakso dan hasilnya cukup sukses. Bakso Pak Sigit buka setiap hari kecuali Kamis dari pagi - malam hari. Tapi kadang-kadang malam sudah tutup. Koordinat lokasi : -7.650439, 112.702709.


7. Bakso Sidodadi
Kalo anda kebetulan sedang berada di Terminal Pandaan jangan lupa untuk mampir ke warung bakso sederhanai ini karena memang lokasinya berada didalam komplek Terminal. Untuk menikmati kelezatan bakso ini anda harus bersabar untuk antri hehehhehe. Yang pasti rasanya tidak kalah kok dengan bakso-bakso lainnya dan satu lagi ? harganya cukup murah, per porsinya hanya dihargai Rp. 5000,- saja. Koordinat lokasi : -7.653672, 112.688921.




8. Bakso Gragal
Gragal dalam bahasa jawa berarti kerikil. Sesuai namanya bakso gragal isinya bola-bola bakso yang kecil-kecil mirip dengan gragal. Lokasinya berada di Jln. Raya Kluncing Pandaan atau 300 meter sebelum Glamour Arena Futsal kalo ke arah Duren Sewu (sebelah kanan jalan). Satu porsi hanya dihargai Rp. 5000,- saja. Tapi kalo makan disini jangan lupa untuk membawa minuman sendiri lho karena tidak ada menu untuk minumannya. Koordinat lokasi : -7.661380, 112.690113.




9. Bakso Abadi “Cak Yo”
Kalo yang ini adalah bakso langganan aku sejak kecil karena memang sering banget lewat didepan rumah. Sebelum menetap disini, bakso "Cak Yo" dulunya adalah pedagang bakso keliling. Seiring makin menua usianya sehingga dia memutuskan membuka lapak kaki lima pas pojokan di Pertigaan Kuti - Kutorejo. Koordinat lokasi : -7.650747, 112.702494.

Untuk rasa memang tidak terlalu istimewa sih tapi entah kenapa setiap kelaperan dimalam hari aku kadang melipir kesini untuk memadamkan kelaparan hehehhehehe. Mungkin karena rasanya sudah pas dilidah kalee ya ?. Menu favorit aku tentu saja pentol kasar dan beberapa tetelan daging sapi atau belung (tulang sapi yang dimasak sebagai kuah). Bakso Cak Yo buka setiap hari kecuali hari kamis dari sore hari menjelang magrib - habis.


10. Bakso "Cak To"
Bakso "Cak To" berlokasi di Jalan Raya Surabaya - Malang yang hanya berjarak 100 meter dari Perempatan Patung Sapi Tawangrejo (Gelang) dan sekitar 1 km dari Masjid Cheng Hoo ke arah Surabaya. Koordinat lokasi : -7.643843, 112.689550. Untuk pilihan bola-bola baksonya ada bakso jumbo & bakso kecil.  Makin mantap kalo ditambah dengan belungan (tulang sapi) hehehhehe.

Selain bakso disini kita juga bisa mencicipi mie ayam atau mie ayam plus-plus alias plus bakso. Tapi sayang lokasinya cukup mepet dengan jalan raya dan dekat dengan sebuah perempatan yang super sibuk sehingga area/tempat parkirnya sangat terbatas terutama untuk kendaraan sejenis R4. Warung Bakso ini buka setiap hari : dari pagi - malam hari.




11. Bakso Urat "Dua Jempol"
Warungnya cukup mewah (mepet sawah) hehehhehehe tapi selalu ramai oleh pembeli yang kebanyakan berasal dari kalangan pelajar dan karyawan pabrik sekitar warung. Lokasinya berada pas dipojokan suatu pertigaan yang menuju ke arah  Dusun Klangkung kalo kita dari arah Nampes atau Gunung Gangsir. Harganya juga lumayan cukup murah yaitu satu porsi bakso dan es jeruk hanya dihargai sekitar 8000 ribu saja. Koordinat lokasi : -7.637817, 112.701926.

Satu porsi bakso urat plus lontong


12. Bakso Putri Solo Yahud
Bagi yang kangen dengan cita rasa khas bakso solo anda bisa melipir ke sini tepatnya di Jln. RA. Kartini Pandaan atau tepatnya pas disebelah Citra Supermarket. Pentolnya benar-benar mantap dan cukup menggugah selera. Selain bakso disini anda bisa juga pesan mie ayam bakso dan mie ayam biasa. Bakso Solo buka setiap hari dari pukul 09.00 - 21.00 WIB. Koordinat lokasi : -7.656113, 112.695898.




13. Bakso Arkasa
Menilik namanya bakso ini mungkin cabang dari bakso Arkasa yang berada di Gunung Gangsir - Beji. Menu andalan bakso yang ditawarkannya pun hampir sama dengan menu bakso Arkasa Gunung Gangsir yaitu bakso lonjong dan bulat. Oh ya warung bakso ini berlokasi di daerah Plumbon - Pandaan ke arah Nampes atau tepatnya pas didepan Masjid Sabilil Muttaqin. Lokasinya memang agak masuk kesebuah halaman rumah gitu sehingga kalo dari luar nyaris tak terlihat. Koordinat lokasi : -7.648037, 112.697776.

Bakso lonjong "Arkasa"





No comments:

Post a Comment