KAMI Touring Ke Pantai Di Kawasan Sumber Celeng Malang Part 1 : Berangkaaaat Gaesss . . . .

@Perbatasan Kab. Pasuruan - Kab. Malang

Setelah absen sekitar 1 tahun'an akhirnya bro Agung "Robot" ikut touring bersama KAMI lagi hehehehehe. Dan tujuan kali ini adalah Pantai Kedung Celeng yang berada di Donomulyo - Malang Selatan. Peserta touring : cak Pri + Istri, bro Agung "Robot" sekeluarga, bro Didik, bro Darto + soulmatenya yaitu bro Djainul, bro Farid + istri serta bro Pras + pacarnya. Kami semua kebetulan adalah rekan satu kerja sebuah perusahaan swasta di NIP kecuali bro Pras yang telah resign.

Kami semua berangkat dari Ngoro kecuali aku dan bro Didik yang harus berangkat dari Pandaan (pukul 17.20 WIB) dan langsung menuju ke Malang duluan untuk menyewa tenda. Sedangkan kawan-kawan lainnya janjian di Indomart Taman Dayu Pandaan tepat pada pukul 18.00 WIB. Tapi beberapa menit sebelum keberangkatan, cak Pri dan istrinya mengabarkan kalo tidak bisa ikut serta karena ada sanak saudaranya yang meninggal dunia.

Kami turut berduka cita bray. Akhirnya kami bersebelas memutuskan tetap berangkat. Aku dan bro Didik sampai di Malang tepat pada pukul 18.30 WIB dan langsung menuju ke Ciliwung Camp untuk menyewa tenda. Sedangkan kawan-kawan lainnya molor sekitar 1 jam dan baru berangkat menuju ke Malang tepat pada pukul 20.00 WIB. Wah kalo itu sih molor 2 jam bray hehehhehehe.

@Perempatan Taman Dayu Pandaan

@Ciliwung Camp

Cangkruk'an didepan Minimart Malang sembari menunggu kawan-kawan lainnya

Tarip @Ciliwung Camp

Mereka kemudian sampai di Malang tepat pada pukul 21.15 WIB dan setelah semua personil lengkap kami langsung nge-joss menuju ke arah Kepanjen. Karena berbarengan dengan pertandingan Arema - Persija di Stadion Kanjuruhan Malang sehingga lalu lintas menuju ke sana agak tersendat. Sampai di Kepanjen kami lalu lanjut menuju ke arah Pagak. Kontur jalan menuju kesana berkelak-kelok dan menanjak.

Ojo lali doping disik bray hehehehhe

@Pertigaan Pasar Pagak

Membeli logistik dan minuman doeloe

Dan tepat pada pukul 22.45 WIB kami semua akhirnya sampai di Pagak. Beristirahat sebentar disana sekitar 15 menit kami kemudian menuju ke arah Sumber Manjing dan mencari arah ke Pantai Ngliyep atau Donomulyo. Ketika sampai disebuah pertigaan kecil (kalo belok kanan ke arah Donomulyo/Ngliyep sedangkan lurus ke arah Desa Banjarejo).  Kami ambil arah lurus dan mengikuti jalan sampai ketemu dengan Kantor Desa Banjarejo.

Dari sini ikuti jalan saja (belok kanan) sampai ketemu dengan sebuah pertigaan kecil lalu ambil arah kekiri. Hati-hati karena meskipun sudah di aspal tapi dibeberapa sudut jalan ada yang berlubang dan rusak. Nah sekarang kita tinggal ikuti jalan desa ini sampai ke tujuan. Kalo dari pertigaan ini pantai berjarak sekitar 13-14 Km. Kemudian kita sampai di pertigaan kecil yang ditengahnya terdapat sebuah patung singa (pos macan Sumber Celeng) dan ada petunjuk arah menuju ke Pantai Banthol.

Memasuki Dusun Sumber Celeng Pas ada Pemadaman PLN

Menurut mbah Gogel, Pantai Banthol dan Kedung Celeng searah sehingga kami lalu belok kiri sesuai petunjuk jalan yang ada. Makin lama kontur jalan yang kami lewati makin parah dan puncaknya adalah ketika melewati jalan makadam, berbatu tajam dan jalan tanah yang membelah kawasan hutan jati gitu. Dari sini ada 2 akses untuk menuju ke area pantai yaitu jalan utama (jalan makadam yang penuh dengan batu-batu tajam) serta jalan alternatif (khusus R2 : jalan tanah berdebu dan harus masuk kedalam kawasan hutan jati).

Oh ya ada pengalaman mistik salah satu temen kami yaitu bro Darto yang berboncengan dengan bro Djainul ketika melewati beberapa pohon bambu yang berada didalam kawasan hutan jati. Dia melihat sebuah sosok hitam tinggi besar yang tiba-tiba berada ditengah jalan, selain itu aroma disekitar pohon bambu juga cukup berbau wangi. Tapi anehnya hanya dia saja yang melihat penampakan tersebut hehehhehehe...wow sereem.

Akhirnya pilih via jalan alternatif saja via Hutan Jati

Melewati kawasan hutan jati...sereeeemmmmmmmm

Setelah riding dalam kegelapan dan sedikit ketakutan hehehehhehe kami akhirnya sampai juga di loket masuk pantai. Per-orang hanya dikenakan biaya sebesar Rp. 4000,- saja. Cukup murah bukan. Dari sini pantai hanya berjarak sekitar 600 meter. Dan setelah sampai di kawasan pantai kami kemudian menuju ke tempat parkir untuk memarkirkan kendaraan.

Akhirnya.......sampai juga bray hehehehehhe. Setelah parkir perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki untuk menuju ke pantai yang akan kami gunakan buat nge-camp. Sampai dipantai pertama atau tepatnya pantai Banthol kami lalu muter-muter untuk mencari lokasi yang pas. Karena tak kunjung menemukannya kami kemudian beristirahat sebentar disebuah rumah milik penduduk.

Akhirnya sampai juga..........

Kendaraan harus diparkir doeloe gaes......

Perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki

@Pantai Banthol

Saat sedang duduk-duduk tiba-tiba si pemilik rumah lalu keluar dan ngobrol dengan kami. Dia lalu menyarankan agar kemping dipantai Kedung Celeng atau Pulodoro saja karena jauh lebih sepi. Ok deh bu..makasih. Untuk menuju kesana kami harus melewati jalan setapak dalam hutan gitu. Untung saja dateng nya rame-rame ?? coba kalo tidak ? pasti akan lari terkencing-kencing hehehehhehe.

Melewati jalan setapak menuju pantai berikutnya

Sampai juga @Pantai Kedung Celeng

Gak ada matras, plastik pun jadi hehhehehehe

Makan malam...monggo dibadok hahahhahaha

Setelah berjalan sekitar 1 Km kami kemudian sampai di pantai  kedua dan ternyata itu pantai Kedung Celeng (Dung Celeng). Kami lalu berpencar untuk mencari lokasi yang pas untuk mendirikan tenda. Setelah menemukannya, tenda langsung kami gelar sementara kaum ibu-ibu bersiap-siap untuk memasak. Selain kami ternyata ada 3 buah tenda lagi yang  lebih duluan datang sekitar 1 jam yang lalu.

Sesudah makan dan perut terasa kenyang, sekarang saatnya api unggun bray hehhehehehe. Mantep memang ? ngopi di alam bebas bersama sahabat *2Jempol* sampai-sampai tidak terasa kalo ternyata waktu sudah menunjukkan pukul 02.00 WIB dini hari. Yo wes....tidur dulu bray...besok semoga bisa bangun pagi untuk menyapa sang mentari pagi.

Catatan :
  • Pantai Kedung Celeng berlokasi di Dusun Sumber Celeng, Desa Banjarejo, Kec. Donomulyo, Kab. Malang Jatim.
  • Jarak Pandaan - Pantai Kedung Celeng Malang : 108 Km dengan total waktu perjalanan sekitar 4,5 Jam.
  • Jarak Malang - Pantai Kedung Celeng : 63 Km.
  • Tiket masuk kawasan pantai : Rp. 4000,-/orang.
  • Tarif parkir R2 - Rp. 5000,-/sepeda.
  • Tarip kemping : Gratiss.....tissssssssssss.
  • Tarip sewa tenda isi 3-4 orang @Ciliwung Camp : Rp. 35.000,-/hari.
  • Rental tenda Ciliwung Camp tutup pada jam 19.00 WIB.
  • Kendaran sejenis R4, Elf atau Bus Mini bisa masuk tetapi hati-hati karena jalannya sempit dan 4-5 sebelum kawasan pantai kontur jalannya adalah jalan tanah dan berbatu sepanjang 4-5 Km.
  • SPBU terakhir yang searah dari Kepanjen - Donomulyo adalah SPBU 54.651.65 Sengguruh.
  • Jika membawa kompor gas portable usahakan kita membeli dulu di Kepanjen atau Malang karena sesudah Kepanjen (Pagak & Sumbermanjing) tidak ada Minimart (Alfamat atau Indomart)
  • Ditempat parkir kendaraan dan Pantai Banthol sudah terdapat beberapa warung yang buka sampai malam hari (total ada 2 warung).