Kuliner Pandaan : Cilok

Cilok bukan cinlok lho hehehehehe adalah jajanan yang berasal dari Bandung dengan bentuk mirip bola-bola bakso tapi tidak terbuat dari daging melainkan dari tepung terigu. Tapi seiring perkembangan jaman cilok sekarang banyak memiliki variasi seperti : cilok yang ditambahkan gajih (lemak) atau sambal didalamnya, cilok daging dengan bahan tepung terigu & campuran sedikit daging, cilok bakar, cilok yang berisi telur puyuh atau ayam dll. Bahkan bumbunya pun juga mengalami banyak variasi yaitu dari yang awalnya hanya menggunakan saos, sambal dan kecap tapi sekarang ada juga yang menggunakan bumbu kacang (pecel) dan sejenis bumbu sate gitu.


Murah meriah bikin kenyang hehhehehehe

Di Pandaan sendiri cilok merupakan salah satu kudapan/jajanan paling favorit selain pisang molen. Hampir disetiap sudut jalan banyak terdapat para penjual cilok. Dari mulai depan sekolah, tempat wisata, depan pabrik, depan masjid, dekat lapangan bola, pasar, pusat pembelanjaan dan beberapa tempat lainnya.

Aku sendiri merupakan salah satu penyuka cilok sejak jaman SD sampai sekarang hehhehehehhe. Hampir semua Cilok di Pandaan pernah aku cicipi. Dan berikut ini beberapa cilok yang menurut saya patut untuk dicoba kelezatannya diantaranya adalah :
  • Cilok Jogosari (Koordinat : -7.658593, 112.696803 ).
Cilok ini menurut saya yang lumayan paling laris. Lokasinya berada pas disebelah SDN Jogosari (dulu SMEA PGRI) - Pandaan. Tapi sayangnya mereka berjualan pada hari sabtu dan minggu saja mulai dari pukul 17.00 WIB sampai habis. Tapi kadang pas hari minggu tidak jualan. Rasanya lumayan enak dan kenyol-kenyol gitu dengan mengandalkan bumbu asli yaitu : saos, kecap dan sambal. Pembelinya pun cukup beragam. Dari anak-anak sampai orang dewasa dan dari pelajar sampai orang kantoran. Bro Didik SKYT merupakan salah satu penggemar cilok ini hehehhehehe.



  • Cilok Telur Puyuh (Koordinat : -7.649815, 112.697264).
Cilok ini berlokasi didepan Gedung Serba Guna Pandaan. Karena tempat jualannya di semacam lapak gitu maka setiap hari pasti ada. Dari pagi sampai malam hari. Rasanya cukup enak dengan bumbu saos gitu. Kita bisa memakannya langsung disana atau dibungkus. Kalo kepedes'an jangan kuatir bray?? karena kita bisa mendinginkannya dengan menikmati satu porsi bubur es ketan hitam atau kacang hijau yang kebetulan berada dalam satu lapak. Selain cilok disini juga ada siomay dan tahu sebagai campuran cilok.






Telur puyuh didalamnya

  • Cilok Daging Pentol Gede "Nicky Mura" (Koordinat : -7.649985, 112.696937 -7.654781, 112.693263)
Cilok ini mangkal di 2 tempat yaitu di depan Masjid Jami Pandaan dan di depan Kantor Pegadaian Plumbon - Pandaan. Jualan setiap hari dari jam 17.00 WIB - habis. Yang paling special adalah cilok jumbo. Satu porsi cilok jumbo dihargai Rp. 9000,-. Selain cilok daging, kita bisa juga mencicipi tahu dan siomay. Bumbunya ada 2 macam yaitu : bumbu kacang dan bumbu saos. Tapi sayangnya kalo beli disini tidak boleh beli ciloknya saja melainkan harus dicampur dengan tahu atau siomay kecuali kalo kita membeli cilok jumbo.




Satu porsi cilok jumbo



  • Cilok Mercon (Koordinat : -7.653265, 112.686010)
Eitts, ini bukan mercon beneran lho melainkan hanya istilah saja hehehhehe. Dinamakan cilok mercon karena didalamnya terdapat sambal dan ketika masuk ke mulut pedasnya akan meledak seperti mercon. Cilok ini berlokasi di dekat perempatan Kasri - Pandaan atau lebih tepatnya berada disamping Alfa Midi. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun suka dengan cilok ini meskipun agak lumayan pedas juga sih. Kalo penasaran datang saja kesana dan rasakan mercon itu meledak dimulut kita hehheheheehhe.


Cilok yang ada merconnya eh sambalnya 

Selain keempat tempat tersebut sebenarnya ada banyak sekali tempat yang berjualan cilok di Pandaan ini. Karena keterbatasan waktu, maka belum sempat aku review satu-persatu *hehehehhehe*. Mungkin kawan - kawan ada yang bisa kasih review ???. Monggo dishare ?. Jadi ? ketika jalan-jalan ke Pandaan jangan lupa mencicipi lezatnya jajanan spesial ala Pandaan yaitu "CILOK" hehhehehehe. Salam keluyurers.............

No comments:

Post a Comment