Keluyuran Lintas Ibukota Chapter 3 (Terakhir) : Saatnya kembali Lagi Ke Rumah

Persawahan dekat SPBU Ambarketawang yang menghijau

Karena jalur Bandung – Lembang terjadi kemacetan maka oleh akang tukang parkir kami disarankan agar lewat Cihampelas saja. Ok deh kang matur nuhun hehehehehhehe. Kami lalu bergerak perlahan-lahan meninggalkan kota kembang dan kemudian sampai di Cihampelas. Dari Cihampelas kami lalu masuk ke flyover Pasopati untuk mencari arah ke Nagrek. Kami memang sengaja tidak masuk ke dalam Tol Purbaleunyi karena ingin menikmati suasana dalam kota Bandung dan sekaligus untuk menghafal jalan. Siapa tahu kami atau salah satu dari kami akan kesini lagi.

Kurang lebih satu jam perjalanan kami akhirnya sampai di  Cileunyi lalu lanjut menuju ke arah Tasikmalaya melewati Malangbong dan Nagrek. Kondisi lalulintas di Nagrek yang biasanya macet hari ini terlihat lumayan sepi. Mungkin puncak kemacetannya H-4 menjelang Idul Kitri. Kontur jalan Nagrek menuju Tasikmalaya lumayan berkelok-kelok dengan tanjakan dan turunan yang cukup tajam. Dan ditambah kondisi jalan yang sempit sehingga menyulitkan kami ketika akan menyalip. Tapi dibeberapa jalan/tikungan sudah dibuatkan 1 jalur tambahan khusus untuk menyalip.

SPBU Hasanurrohmah - Ciamis

Tepat pukul 17.40 WIB kami beristirahat dulu di SPBU "Hasanurrohmah" yang kebetulan memiliki fasilitas kolam air panas. SPBU ini berlokasi di di Kampung Cipanas, Desa Pamoyanan, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya. Pas banget nih karena mumpung kami belum mandi dan dalam kondisi penat juga. Tapi kurang jelas apakah kolam air panas ini salah satu fasilitas dari SPBU ini ataukah dikelola oleh pihak lain.

Soalnya lokasinya masih berada didalam kawasan SPBU ini. Setelah mandi air panas cukup segar juga kondisi badan dan pikiran hehehehhe. Tarif mandi air panas dikenakan biaya sebesar Rp. 5000,-/orang, cukup murah bukan. Karena adzan magrib sudah berkumandang maka kami semua segera membatalkan puasa dan menunaikan sholat magrib dulu.

Sesudah sholat aku mampir sebentar ke minimart SPBU buat membeli beberapa oleh-oleh khas Tasikmalaya dan Ciamis. Bro Foo dan bro Lifo juga ikutan membeli beberapa oleh-oleh. Setelah dirasa cukup, kami kemudian melanjutkan lagi perjalanan. dan tepat pukul 19.35 WIB kami sampai di Ciamis dan segera menuju ke alun-alun kota.

Disini kami lalu mencari mkan buat berbuka puasa dan pilihan jatuh ke sebuah warung lalapan yang berada disisi selatan alun-alun. Menu malam ini adalah School Duck alias sego bebek. Sesudah perut terasa kenyang tepat pada pukul 20.00 WIB kami segera nge-gas kembali.

@Alun-Alun Ciamis

Sekol duck

Badanpun sudah terasa segar sehabis mandi air panas dan kenyang oleh makanan tapi efek sampingnya adalah mata menjadi lebih berat alias nguantok banget. Kondisi ini tetap aku paksakan sambil sesekali membuka kaca jendela agar anginnya menerpa wajah sehingga membuat mata ini melek kembali. Aku lihat bro Foo dan bro Lifo sudah tertidur lelap rupanya.

Untuk bro Lifo memang sengaja aku suruh tidur dulu selagi aku pegang kemudi biar bisa buat gantian nantinya. Tapi yang satunya lagi yaitu bro Foo la kok malah ikutan tidur juga to ?? *tepokjidat*. Tapi bagaimanapun kondisi mata yang ngantuk ini memang tidak bisa dibohongi lagi. Kalo aku paksakan jalan malah bisa berabe nih. Akhirnya aku menyerah oleh keadaan dan berhenti di SPBU Kedungpring Kemrajen - Banyumas untuk tidur sebentar.

@SPBU KedungPring Kemranjen - Banyumas

Saat aku tidur sekitar 20 menitan, bro Lifo lalu membangunkanku guna meneruskan lagi perjalanan. Kali ini dia yang pegang kemudi. Karena saat itu pikiran lagi nge-blank, aku sampai salah memberitahu arah saat akan keluar dari SPBU tersebut heheheheehe. Sorry..sorry bray hehehehehehe. Ketika bro Lifo pegang kemudi, aku manfaatkan kesempatan ini buat memejamkan mata.

Meskipun hanya sebentar tapi itu sudah cukup buatku. Dan aku terbangun ketika saat makan sahur tiba. Kami lalu menuju ke SPBU Sogan - Wates. Disebuah kafetaria SPBU kami masing-masing lalu memesan semangkuk bakso solo dan segelas kopi panas. Saat itu cuaca lagi turun hujan dengan derasnya. Sesudah makan aku kembali masuk ke mobil buat tidur kembali sambil menunggu waktu sholat subuh tiba.

Makan sahur @SPBU Sogan - Wates

Bissmillah,............

Menu saur : oskab + kopi panas

Tapi karena kecapaian aku kebablasan sehingga tidak sempat sholat Subuh dan pas bangun tau-tau sudah sampai di Kulon Progo. Saat memasuki Wates, kami berhenti lagi  (08.40 WIB) di SPBU "Ambarketawang" yang berada di daerah Gamping - Wates. Kami kemudian beristirahat dan sekaligus mencari oleh-oleh hehehehehehhe. Tempatnya lumayan luas dan lengkap. Fasilitasnya : musholla, kamar mandi yang bersih dan ada showernya, restoran, pusat oleh-oleh, balai pertemuan, ATM dan pemandangan alam yang indah. Pokoknya cocok banget dah buat tempat istirahat setelah seharian berkendara.

@SPBU Ambarketawang Wates

Toilet SPBU yang bersih

Wisata oleh-oleh SPBU Ambarketawang

Oleh-oleh buat si krucil

Persawahan didekat SPBU

Sesudah mandi dan membeli oleh-oleh kami langsung menuju ke arah Surabaya (09.06 WIB). Jadi kami tidak masuk dulu ke dalam kota melainkan langsung menuju ke Ring Road Selatan dan akhirnya kami sampai di Jln Laksda Adi Sucipto. Posisi driver tetep bro Lifo dan co-drivernya adalah bro Foo.

Dari Jln. Laksda Adi Sucipto kami tinggal ikuti arah saja karena ini jalur utama menuju ke Surabaya. Tepat pukul 11.58 WIB kami memasuki kota Solo. Kali ini aku ganti'in bro Lifo sebagai driver. Saat masuk ke dalam kota lumayan bingung juga ya hehehehhe. Cara yang paling mudah adalah tinggal ikuti bus saja. Dan akhirnya sampai juga di pertigaan Palur.

@Ring Road Selatan (Jogja)

Tekdung saja mz brow ini hahahhahaha

@Solo

Gapura batas kota Solo

Memasuki wilayah Jawa Timur

Kecelakaan lantas

@Kab. Madiun

Memasuki Kota Nganjuk

Lanjut lagi melewati Sragen, Mantingan, Ngawi dan Caruban. Kondisi lalu lintas lumayan sepi sehingga aku bisa mempercepat laju mobil. Pada pukul 15.18 WIB kami sampai di Kota Nganjuk dan akhirnya berhenti lagi di SPBU Jombang buat menunaikan sholat Ashar dulu. Sesudah sholat kami langsung tancap gas lagi dan tepat pada pukul 17.55 WIB kami sampai di Mojokerto. Karena sudah waktunya berbuka puasa kami langsung muter-muter didalam kota buat mencari pemadam kelaparan hehehhehe.

Pilihan jatuh ke Warung Pecel Madiun " Pak Ambon" yang berada di Jln. Raden Wijaya Mojokerto atas didepan RS Gatooel. Namanya saja warung pecel maka otomatis menunya ya sego pecel hehehehhe. Sesudah perut kenyang kami kemudian berangkat lagi dan akhirnya sampai juga rumah tercinta (20.09 WIB).

Lumayan lengkap sudah perjalanan ini yaitu dengan melewati jalur udara dan darat (minus jalur laut). Plus beragam type kendaraan/alat transportasi yang kami gunakan dari awal sampai akhir yaitu : sepeda motor pribadi, naik bison/elf, jalan kaki, naik ojek, naik kapal mabur (pesawat terbang), bus kota, angkutan len dan yang terakhir mobil pribadi hehhehehehehehe. Salam keluyurers........................

Buka puasa doeloe

Bon apetite

Pecel tumpang dengan lauk paru