Mancing Mania Bersama Bolo Kurowo Ke Wisata Bahari Tlocor



Memancing merupakan sebuah hal baru buatku. Sebelumnya aku memang pernah sih mancing ?? tapi itu sudah sekitar 15 tahun yang lalu ketika aku masih SMP dulu hehehehhehe. Itupun ikut karena ajakan seorang temen saja. Dan pas minggu kemaren aku kembali berangkat memancing tapi kali ini bersama temen-temen satu kerja. Kebetulan lokasi yang dipilih tidak jauh dari rumah aku di Pandaan yaitu di  Wisata Bahari Tlocor.

Aku berangkat dari rumah agak siangan yaitu pada sekitar pukul 09.30 WIB, sedangkan temen-temen lainnya sudah pada melemparkan umpan ke tengah tambak. Hanya dibutuhkan waktu sekitar 30 menit'an untuk sampai di Tlocor. Oh ya Tlocor sendiri merupakan kawasan tambak yang berada ditepi sungai Porong. Meskipun letaknya berdekatan dengan wilayah Beji - Pasuruan tapi Tlocor termasuk kedalam wilayah Desa Kedung Pandan, Kec. Jabon, Kab. Sidoarjo.

Kalo dari arah Surabaya belok kiri pas sesudah Jembatan Kali Porong sedangkan kalo dari arah Malang belok kanan pas sebelum Jembatan kali Porong. Selanjutnya kita tinggal lurus saja mengikuti jalan utama. Kalo dari Jembatan Porong mungkin sekitar 16 km lagi. Pemandangan disepanjang jalan cukup indah bray sehingga kita tidak akan bosan kala melewatinya.

Via Nusa Dua biar lebih cepat

Melewati Tol Gempol Lama

Pemandangan"e sueger nang moto



Pada hari akhir pekan serta long weekend Kawasan Tlocor lumayan didatangi oleh pengunjung. Ada banyak aktifitas yang bisa kita lakukan disini seperti : bersepeda santai, jogging, mengelilingi sungai porong dengan menaiki perahu, membeli ikan hasil tambak serta tentu saja memancing. Fasilitas di Tlocor juga lumayan cukup lengkap seperti : dermaga, bale-bale (gazebo), warung sederhana, mushola, masjid, tempat parkir, lapak penjual hasil tambak dll.
 
Landmark Wisata Bahari Tlocor



Si merah maroon

Sungai Porong

Untuk tempat memancing ada beberapa pilihan yaitu memancing di kolam pemancingan, memancing disungai porong atau memancing secara gratisan ditambak bandeng. Kalo untuk memancing ditambak tentu saja pilihan untuk jenis ikannya terbatas yaitu hanya ikan mujair dan ikan keting sebab kedua jenis ikan tersebut merupakan hama tambak yang membudidayakan ikan bandeng. Ya namanya mancing gratisan bray ?? jadi kita terima saja apa yang ada hehehehehhe. Tapi meskipun begitu cukup mengasyikan kok.

Tempat parkir & warung sederhana didekat tambak

Kawasan tambak

Mancing mania

Kami sendiri memilih lokasi yang berada di sisi selatan  yaitu ketika sampai di patung kuncup bunga, ambil ke arah kanan. ikuti saja jalan paving sampai entar ketemu dengan sebuah warung dan tempat parkir R2. Motor bisa kita parkir disana atau langsung dibawa masuk ke area tambak (tempat kita memancing). Lumayan seru juga mancing rame-rame dan kebetulan lokasi memancing dekat dengan warung, jadi ketika perut keroncongan aku langsung melipir ke warkop.

Seakan-akan seorang pemancing profesional hehehehehe

Bro Didik : Mancing mujaer ta peaaann hehehehhehe

Bro Pasek & Mbah Darmo

Pemadam kelaparan

Tangkapan hari ini memang tidak banyak tapi lumayanlah buat lauk-pauk nanti dikostan hehehehehhehe. Kebanyakan memang ikan mujair tapi kecil-kecil. Yang paling besar hanya berukuran 4 jari tangan saja itupun sebagian ada yang lepas karena ternyata tempat menaruh ikan milik bro Pasek sobek. Ya weslah sukurin apa yang ada hehheheehhe.



Bro Didik & Si mbah

Siap-siap pulang



Karena angin semakin kencang dan langit juga makin gelap kami lalu memutuskan untuk segera mengakhiri acara pemancingan ini hehehehehhe. Tepat pada pukul 15.29 WIB kami berenam lalu nge-gas menuju ke rumah masing-masing kecuali bro Didik, Si Mbah dan bro Pasek yang harus pulangh ke mess dan kost'an. Setelah seharian berada di tambak kulit kami semua langsung berubah menjadi lebih eksotik alias imut-imut (item mutlak).


Catatan :
  • Jarak Pandaan - Tlocor : 31 Km
  • Jarak Ngoro (Mojosari) - Tlocor : 37 Km
  • Tarip parkir Tlocor : Rp. 2000.-/sepeda
  • Koordinat lokasi : -7.552782, 112.845074



No comments:

Post a Comment