Goes To The First Ridetography Gathering @Tawangmangu Part.1 : Bertiga Satu Tujuan



Ridetography Indonesia adalah sebuah komunitas penggemar dokumentasi perjalanan yang dilakukan terutama dengan menggunakan kendaraan sejenis R2 (sepeda motor). Tujuannya adalah untuk berperan aktif dalam mendokumentasikan kondisi alam, budaya dan tradisi Indonesia dalam bentuk foto, video serta kisah perjalanan atau blog dengan jargonnya "Ride, Click and Share".

Dan baru-baru ini The First Gathering Ridefotography baru saja diadakan didaerah Tawangmanggu - Karanganyar Prop. Jawa Tengah atau tepatnya di Camping Tawangmangu & Resort. Tentu saja kesempatan ini tidak kami sia-siakan begitu saja. Kami bertiga (aku, bro Didik & bro Manowar) kemudian segera melipir kesana. Acara sendiri dihelat selama 2 hari mulai dari Tgl. 5-6 Maret 2016 dengan tajuk "Travel Documentation Workshop".

Aku dan bro Didik berangkat pada hari sabtu (5 Maret 2016, Pukul 13.00 WIB) sepulang dari kerja sedangkan bro Manowar udah berangkat dari tadi pagi dari Pandaan sekitar pukul 09.30 WIB dan menunggu kami di Nganjuk. Untuk menghemat waktu kami kemudian lewat jalur Ngoro - Mojokerto - Sumobito dan nantinya akan keluar pas di Flyover Mojoagung - Jombang.

Mampir sebentar ke rumah bro Wayan

Flyover Mojoagung - Jombang




Lumayan cepet juga meskipun kami beberapa kali harus menurunkan sedikit kecepatan karena kontur jalan cukup sempit, banyak tikungan dan dibeberapa sudut jalan terdapat lubang. Dari Mojoagung kami langsung nge-gas menuju ke arah Nganjuk dan akhirnya berhenti didaerah Wilangan atau tepatnya di Masjid Manbaul Huda yang merupakan meeting point kami dengan bro Manowar. Oh ya, saat itu waktu telah menunjukkan pukul 16.31 WIB.

Kami kemudian melaksanakan sholat ashar dulu sekaligus melepas lelah serta mengisi perut kami yang sudah mulai keroncongan. Tepat pada pukul 17.05 WIB kami bertiga kemudian memutuskan untuk melanjutkan lagi perjalanan menuju Tawangmangu. Cuaca hari ini lumayan cukup suejuuk karena Kota Nganjuk dan sekitarnya baru saja diguyur hujan lebat. Dari Wilangan - Nganjuk kami menuju ke Caruban lalu ke arah Magetan.

Beristirahat @Masjid Wilangan - Nganjuk

Ewul ta brow hehehhehehe

@Tawangmangu - disambut gerimis

Sekitar 3 Km sebelum Telaga Wahyu hujan gerimis mulai kembali turun dan terpaksa kami akhirnya memutuskan untuk berteduh saja dulu. Karena hujan gerimis tak kunjung reda maka kami akhrinya memutuskan berangkat kembali dengan menggunakan jas hujan saja. Saat melibas beberapa tikungan dan tanjakan di Jalur menuju Cemoro Kandang jari-jemari tangan ini seperti mati rasa dikarenakan kondisi cuaca yang cukup dingin. 

Selain harus berhadapan dengan kondisi cuaca yang bagi kami cukup extrem kami juga harus melewati kondisi jalan yang licin, menanjak tajam, gelap dan tentu saja rawan longsor. Sampai di suatu perempatan gitu kami kemudian memutuskan via jalur baru kembali. Saat melewati jalur ini diharapkan agar kita lebih waspada karena selain gelap, licin serta berkelak-kelok. Jarak pandang mata juga sangat terbatas karena faktor kabut dan belum lagi ditambah marka jalan yang kadang tidak kelihatan. Bahkan, nyaris saja aku bertabrakan saat sedang menikung karena kondisi marka tersebut sehingga melebar ke jalur lawan.

Akhirnya sampai juga dilokasi gathering



Sesi pelatihan oleh Pakdee Riza 

Dan tepat pada pukul 19.45 WIB kami akhirnya sampai juga di Tawangmangu. Karena tidak tau lokasi pastinya kami sempet muter-muter sebentar sebelum akhirnya bertemu dengan rombongan bikers lain yang juga akan menghadiri acara ini. Ya sudah akhirnya kami melipir dibelakang mereka dan safety landed at Camping Tawangmangu Resort.

Berselimutkan ala kadarnya hehehehhehe

Ketika sampai disana rupanya acara temu akrab sudah berlangsung. Banyak juga bikers dari luar kota atau bahkan luar Jawa seperti Pulau Bali dan Sumatera yang jauh-jauh datang untuk menghadiri The First Ridetography Gathering ini. Sembari menyantap makan malam yang disajikan oleh panitia, kami mendengarkan tips & trik dari beberapa senior atau yang sudah banyak macam garam didunia pertouringan, fotography seperti : Pakde Riza serta Om Achmad Yunus (Pengarang buku : Meraba Indonesia).


Catatan : 
  • Jarak Pandaan - Tawangmangu via Magetan : 245 Km
  • Koordinat lokasi  Camping Tawangmangu Resort : -7.658477, 111.146061
  • Hati-hati jika berkendara melewati jalur Magetan - Cemoro Kandang - Tawangmangu terutama pada malam hari dan dalam kondisi hujan karena selain gelap, licin, juga rawan longsor serta pandangan mata cukup terbatas akibat kabut tebal.
  • Disekitaran Tawangmangu hampir tidak terdapat minimart seperti Alfamart maupun Indomart sehingga kita bisa membelinya langsung ke toko-toko milik penduduk setempat. Dengan begitu kita bisa sedikit membantu tingkat perekonomian mereka.
  • Karena berada didataran tinggi otomatis suhu sekitar cukup dingin, jadi ketika anda memutuskan akan berkemah disini usahakan membawa pakaian tebal, matras alu. foil, matras spon, sleeping bag dan pastinya tenda hehehehhehe.





No comments:

Post a Comment