Goes To Nusantaride One Day Rally 2016 @Kulon Progo Part. 3 (Terakhir) : Menyusuri Puncak Suroloyo

Sesi foto bersama

Meskipun tidurnya malam buuanget tapi untuk kali ini aku bangunnya malah agak kepagian hehehehhehe. Mumpung udara masih segar langsung saja aku beranjak keluar tenda dan menghirup segarnya udara pagi ini. Eh, melipir ke Sungai Tinalah sebentar sambil melihat siapa tahu ada bidadari yang sedang mandi hehehehehe *www.ngarep.com*.

Agenda hari ini adalah memberikan sumbangan berupa buku dan alat-alat tulis kepada pelajar SD setempat serta melakukan riding alias rally wisata menuju ke Puncak Suroloyo. Untuk mengisi jeda sebelum acara dab MC (dalam bhs jogja berarti mas) Isal Ayesha mengajak kami semua untuk melakukan senam zumba hahahhaha dan melakukan beberapa game seru biar gak ngantuk.

Tepat pada pukul 09.30 WIB para peserta, pelajar SD, bapak ibu guru serta beberapa pejabat Kelurahan setempat sudah pada berkumpul di lokasi. Kemudian perwakilan Nusantaride secara simbolis menyerahkan beberapa buku dan alat tulis yang diwakili oleh ibu guru setempat. Acara lalu diakhiri dengan sesi foto bersama.





Senam Kesegaran Jasmani hehehehehe

Senyum bahagia Mbak Sri









Belajar candid #bybromanowar hehehhehe

Bersama sahabat-sahabat baru

Selanjutnya kami diberi waktu sekitar 1 jam oleh panitia untuk segera berbenah dan mempersiapkan diri mengikuti rally wisata ke Suroloyo. Setelah semuanya siap kami semua lalu berkumpul didepan kantor Kepala Desa Purwoharjo dan kemudian berangkat bersama-sama. Jalur yang kami lewati lumayan apik dan menguras adrenalin dengan kontur jalan yang menanjak, berkelak-kelok serta lumayan cukup sempit. Untuk R4 bisa melewatinya tapi saat berpapasan salah satu harus minggir ke bahu jalan dulu.

Siap-siap rally wisata

Kondisi jalan menuju ke Suroloyo

Akhirnya sampai juga.............







Sekitar 1 jam perjalanan kami akhirnya sampai juga dilokasi dan setelah memarkirkan kendaraan kami lalu segera menuju ke salah warung kopi "Suroloyo". Mantap mz brow...ngopi didaerah perbukitan ditemani sepotong "Geblek". Oh ya ? geblek merupakan salah satu jajanan khas Kulon Progo. Bentuknya sekilas menyerupai kerupuk gitu. Geblek terbuat dari tepung tapioka yang diberi bumbu bawang lalu digoreng.



Monggo disruput...............

Baru mencicipi sepotong saja perut sudah kenyang ya ??. Lumayanlah buat menambah energi karena tadi hanya sarapan mie goreng saja hehehehehe. Puncak Suroloyo sendiri berada diperbukitan Menoreh diatas diketinggian 1019 mdpl. Lokasinya berada di Desa Gerbosari, Kec. Samigaluh, Kab. Kulon Progo. Dari atas Puncak Suroloyo kita dapat melihat 4 buah gunung sekaligus yaitu : Sumbing, Sindoro, Merapi & Merbabu.

Untuk menuju ke Puncak Suroloyo kita harus bersusah-susah terlebih dahulu dengan menaklukan beberapa buah anak tangga. Meskipun cukup menguras tenaga tapi sebanding dengan pemandangan yang kita lihat dari atas sini. Waktu terbaik datang kesini adalah pada musim kemarau ketika pagi dan sore hari untuk melihat penampakan sunset dan sunrise.

Akses menuju ke Puncak Suroloyo

#Ganbatte



Gazebo diatas bukit



Pemandangan elok diatas puncak



Bagi penggemar kopi, jangan lupa ada untuk menikmati secangkir Kopi Suroloyo lho. Ada 2 jenis kopi yang ditawarkan disini yaitu Arabica dan Robusta. Untuk jenis Arabica rasanya mirip dengan Kopi Bali Kintamani yaitu ada sedikit rasa asam-asamnya gitu. Menurut mas penjual kopi tsb, rasa asam tersebut alami datang dari kontur tanah disini. Beda dengan di Kintamani yang rasa asamnya didapat dari pohon buah jeruk yang ditanam bersebelahan dengan tanaman kopi.

Pegel ta tel, maklum balung tuek hehhehehehe

Cangkruan bareng sahabat NR

Buah tangan dari Suroloyo

Selain kopi yang perlu anda coba adalah Duren Menoreh. Rasanya yang manis dan dengan daging yang tebal pasti akan menjadikan anda pengen lagi..lagi dan lagi hehehehhe. Untuk menuju ke Puncak Suroloyo ada beberapa akses seperti dari arah Jogja, Purworejo dan Magelang. Kalo dari Jogja anda melewati jalan Godean –  Kalibawang – Samigaluh - Suroloyo. Kalo dari Magelang :  Jalan Magelang – Pasar Muntilan – Kalibawang – Samigaluh - Suroloyo. Sedangkan kalo dari Purworejo : Salaman - Banyuasin - Samigaluh - Suroloyo.

Podo pamitan pulang kabeh

Go home..........

Ashar'an disik bray.........

Terowongan Ring Road Barat

Melipir sebentar ke Bakpia Pathok 25 Adi Soetjipto

Karena waktu sudah semakin siang aku dan bro Manowar segera turun ke tempat parkir dan langsung berpamitan kepada sahabat-sahabat NR lainnya. Tak lupa aku membeli kopi Suroloyo dulu buat buah tangan. Kami kemudian nge-gas menuju kembali ke arah Jogja. Sempet kesasar kami akhirnya bisa keluar dari Jogja dan langsung menuju ke arah Solo.

Memasuki Kota Klaten

Lepas dari kota Solo

Nakam bebek goreng @Sragen

Melipir lagi @Caruban buat beli oleh-oleh

@Rumah tercinta

Dari Solo lanjut ke Sragen dan ketika sampai disana ketika waktu menunjukkan pukul 17.20 WIB. Karena perut sudah keroncongan maka kami melipir dulu ke sebuah warung lalapan bebek. Karena sudah adzan magrib maka kami sekalian menunaikan sholat dulu ke Masjid Agung Sragen. Dan selesai sholat gas pol menuju ke Ngawi-Caruban-Kertosono-Jombang. Kami memasuki Mojokerto ketika waktu sudah menunjukkan pukul 22.45 WIB. Dan 1,5 jam kemudian akhirnya sampai dirumah tercinta.



Catatan :
  • Jarak Puncak Suroloyo (Kulon Progo) - Pandaan (Jatim) : 376 Km
  • Total jarak NR1 Kulon Progo Trips : 768 Km
  • Tiket masuk Puncak Suroloyo - Rp. 2000,-/orang
  • Koordinat lokasi : -7.646344, 110.181144
  • Untuk menuju ke lokasi dari Samigaluh jalannya memang agak membingungkan karena petunjuk jalannya kurang lengkap. Tapi jangan kuatir karena anda bisa bertanya kepada penduduk setempat yang ramah-ramah.
  • Selain kopi (Arabica & Robusta) dan durian menoreh anda juga bisa mencicipi Teh Hitam Suroloyo.


Previous : Goes To Nusantaride One Day Rally 2016 @Kulon Progo Part. 2 : Persami Ala Nusantaride


No comments:

Post a Comment