Goes To Nusantaride One Day Rally 2016 @Kulon Progo Part. 2 : Persami Ala Nusantaride

Selamat  Datang di Dewi Tinalah

Alarm hape berbunyi tepat pada pukul 05.00 WIB, sekarang saatnya untuk menunaikan sholat subuh doeloe. Selesai subuhan kucoba untuk kembali memejamkan mata ini, maklumlah tadi malam aku baru bisa tidur pada sekitar pukul 02.00 dini hari. Lumayanlah, tidur sekitar 1,5 jam lagi sebelum kembali melanjutkan perjalanan menuju Kulon Progo - Jogja.

Tepat pada pukul 06.38 WIB kami lalu bergegas menuju ke Jogja terlebih dahulu. Tak butuh waktu lama untuk sampai disana. Di Jogja kami lalu melipir dulu kesekitaran Malioboro untuk mencari sarapan. Dan pilihan akhirnya jatuh ke sebuah warung sederhana yang berada pas didekat pintu masuk Pasar Beringharjo. Menu andalannya adalah nasi pecel dan tentu saja nasi gudeg.

Kami masing-masing lalu memesan satu porsi nasi pecel. Untuk lauknya ada bermacam-macam seperti dadar jagung, sate telur puyuh, sate jeroan, sate udang dll. Rasanya lumayan cukup enak tapi sayangnya harganya masih tergolong cukup mahal untuk ukuran nasi pecel hehehehhehe. Satu porsi dihargai antara 10-15 ribu. Itu belum termasuk kalo kita tambah lauk-pauknya lho.

Memasuki kawasan Prambanan

Kalo jalan ini pasti sudah pada tau kan ?

Pasar bawakan Harjo alias Bring harjo hehehehehhe

Sarapan pagi

Nasi pecel 20 ribu hehehehehhe

Yo wes lah, seng penting perut sudah kembali kenyang dan sekarang saatnya untuk mencari tempat mandi biar badan kembali segar. Kami lalu melipir ke sekitaran Masjid Gede karena disana banyak sekali terdapat KM & Toilet umum yang bisa kita gunakan untuk mandi. Kalo pengen yang gratis ada sih ?? tapi harus nunggu waktu sholat wajib dulu karena pintu Masjid Gede terkunci dan akan dibuka ketika waktu sholat tiba.

Karena waktu sudah semakin siang, selesai mandi dan bab kami lalu bergegas menuju ke toko buku terdekat untuk membeli beberapa buku dan alat tulis guna disumbangkan ke sana. Setelah itu kami melipir sebentar ke Dab Hobbiesshop untuk sekedar looking-looking around alias melihat-lihat saja beberapa produk dan varian baru aksesoris buat bikers. Siapa tau ada yang cocok hehehhehehehe.

Di Jogja ada juga gembok cinta juga to ???

Mampir disik dab............




30 menit kemudian atau tepat pada pukul 10.30 WIB kami lalu nge-gas untuk menuju ke arah Kulon Progo atau tepatnya di Desa Wisata Tinalah. Dewi (Desa Wisata) ini berada diwilayah Kec. Samigaluh, Kab. Kulon Progo Jogja. Dari Dab Hobbiess kami lalu mengambil arah menuju ke Godean dulu lalu kami tinggal mengikuti jalan sesuai petunjuk dari mbah Gogel. Maklum saja kami hanya membawa GPS manual dan peta hehehehhehe.

Dalam perjalanan kami berhenti sebentar diminimart untuk beristirahat sekaligus menge-cas baterei pada gadget, takutnya disana tidak ada fasilitas colokan listriknya. Setelah dirasa sudah cukup kami melanjutkan lagi perjalanan. Didaerah Sembuhan Minggir Sleman kami berhenti lagi untuk menunaikan sholat ashar. Karena kondisi badan memang ngantuk bingit kami akhirnya tertidur dan bangun tepat pada pukul 14.10 WIB. 

Sekilas tentang Dewi Tinalah

Bro Manowar

Lokasi kemping

Lanjuuuut dan 40 menit kemudian kami akhirnya sampai juga di lokasi. Setelah registrasi kami lalu segera menuju ke area kemping dan bergabung dengan sahabat-sahabat NR lainnya yang kebetulan sudah lebih dulu datang dan mendirikan tenda. Meskipun belum pernah saling ketemu tapi suasana keakraban dan kekeluargaannya begitu terasa banget.

Susunan acara NR1 Kulon Progo

Our tent..coba tebak yang mana ???

Para sahabat NR mulai berdatangan

Semoga bisa bermanfaat 

Mereka datang dari berbagai kota di Pulau Jawa seperti Jakarta, Tangerang, Malang, Purworejo, Jombang, Madiun, Sragen, Ciamis dan bahkan ada yang datang dari Sumatera. Sebenarnya acara sudah dimulai sedari pagi tadi dengan melakukan pemeriksaan mata gratis kepada anak-anak sekolah setempat. Oh ya ?  Sekilas tentang Dewi Tinalah : Desa ini merupakan sebuah desa kecil yang berada di wilayah perbukitan Menoreh. Lokasinya bersebelahan dengan sungai Tinalah yang eksotik. Kalo dari Jogja dapat ditempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Sungai Tinalah 





Fasilitas yang ada lumayan cukup lengkap seperti : KM, Toilet, air bersih, musholla serta warung sederhana. Malam harinya kami semua berkumpul disebuah rumah joglo dalam tajuk "Ken-duren" guna semakin mempererat tali silaturahmi diantara para peserta. Selain itu kami juga mendengarkan cerita inspirasi dari perjalanan yang dilakukan oleh mbak Sri Lestari dan ride & share oleh om Ade Aghaz selaku salah satu pengurus NR. Supaya suasana tidak bosan acara diselingi dengan beberapa quiz yang tentu saja ada doorprizenya. Dan akhirnya acara ditutup dengan sesi api unggun. Tapi sayang karena mata ini sudah berat bingit akhirnya kami........zzzzzzzzzzzzzzzz.........

Sedikit cerita inspiratif dari Mbak Sri Lestari

Suasana Ken-duren 

Bro Ade Aghaz aka Sholeh Sholihun lagi Stand Up Comedy hehehehhe
 
Suasana tenda dimalam hari

Pesta kembang api



Api unggun bray..........


Catatan
  • Jarak Pandaan (Jatim) - Samigaluh (Kulon Progo) : 371 Km
  • Jarak Jogja - Dewi Tinalah : 35 km
  • Tarif Km & Toilet @Sekitaran Masjid Gede : 2000-5000 rupiah
  • Kalo pengen mencari penginapan murah disekitaran Masjid Gede dan Alun-Alun Lor datang aja kesini. Penginapan Ibu Herman. Telp. 0274-375315, HP. 085729036699. Tempatnya cocok buat backpacker dan bikepacker. Satu kamar bisa diisi maksimal 6-7 dengan tarip sekitar 100-150 ribu.
  • Jika anda makan disekitaran Malioboro jangan sungkan untuk menanyakan harga per-porsinya supaya tidak dipalak apalagi jika tempat tsb tidak mencantumkan harga pada menu makanannya.
  • Dewi Tinalah berada di Desa Purwoharjo, Kec. Samigaluh, Kab. Kulon Progo Jogjakarta.
  • Koordinat lokasi Dewi Tinalah : S 7.69601, E 110.19634 atau -7.69601, 110.19634



No comments:

Post a Comment