Nge-gas Tipis Ke Bali 2015 Part. 2 : Ekplorasi Keindahan Air Terjun Sekumpul & Lemukih

Air Terjun "Sekumpul"

Saking ngantuknya, tadi malam aku, bro Agung "Robot" dan bli Pasek sampai tertidur pulas diteras rumah. Untung saja saat itu cuacalagi cerah dan hanya ada sedikit gangguan dari nyamuk serta anjing kecil bli Pasek yang selalu wara-wari gak jelas hehehehehhe. Perjalanan kemaren memang cukup lama jika dibandingkan sebelumnya. Kalo biasanya Pandaan - Singaraja ditempuh dengan estimasi waktu sekitar 8-9 jam, untuk perjalaan kali ini memakan waktu sampai 11 jam.

Agenda pagi ini adalah mengekplorasi keindahan air terjun "Sekumpul" & "Lemukih". Kabupaten Buleleng memang surganya air terjun dikarenakan kontur wilayahnya didominasi oleh wilayah pegunungan. Selain air terjun Sekumpul ada juga air terjun kembar Git Git, air terjun Aling - Aling, air terjun Banyumala, air terjun Beng-Bengan, air terjun Les, air terjun Melanting dll. 

Setelah mandi saatnya makan pagi bray. Kali ini menunya cukup menggugah selera yaitu Plecing Kangkung dan secangkir kopi bali "Banyuatis"....mantap pol pokok'e. Sebenarnya pagi ini kami janjian untuk ketemu dengan salah satu rekan kerja KAMI yaitu bli Dewa Putu beserta keluarganya yang juga mudik ke Bali. Mereka berangkat kemaren malam dari Mojosari dan pagi ini seharusnya sudah sampai di rumah bli Pasek.


Otw ke Sekumpul



Terpaksa golek bengkel

Tapi lama ditunggu kok kagak kelihatan batang hidungnya ya ?? akhirnya sesudah sarapan pagi kami memutuskan berangkat menuju ke Sekumpul saja. Tapi sebelumnya mampir dulu ke bengkel motor untuk memasang ban dalam diban tubeless belakang si merah maroon. Sebenarnya cukup riskan sih kalo ban tubeless pake ban dalam ?? tapi mo gimana lagi ban belakangku bocor halus sedangkan kalo ditambal takut bocor lagi soale lapisan bannya sudah lumayan tipis.

Sesudah pasang ban dalam, kami bertiga langsung nge-joss ke arah Kintamani. Kira-kira 2 Km sesudah Pasar Sangsit kami ambil arah ke kanan ketika sampai disuatu pertigaan gitu (ke arah Jagaraga). Kontur jalannya cukup menanjak serta berkelak-kelok. Sekitar 2 km menjelang lokasi tiba-tiba ban belakang si merah maroon mengalami masalah. Setelah dicek ternyata ban dalamnya meletus karena ukurannya terlalu kecil.



Pintu masuk melalui Desa Sekumpul

Parkir motor @Desa Sekumpul 

Akhirnya kami kembali turun untuk mencari bengkel. Karena kondisi ban dalam ternyata sudah rusak parah banget, terpaksa deh harus ganti ban baru. Untung saja stok ban yang sesuai masih ada. Sambil mengganti ban sekalian juga menunggu bli Wayan yang menyusul belakangan karena ada urusan yang tidak bisa ditinggalkan. Setelah bil Wayan datang kami berempat langsung nge-joss menuju ke Desa Sekumpul.

Kami lalu membeli tiket dan segera memarkirkan kendaraan. Perjalanan lalu dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri perkampungan penduduk sebelum akhirnya memasuki kawasan hutan gitu. Disini fisik akan diuji karena kita harus menuruni beberapa anak tangga sebelum sampai dilokasi. Dan setelah bersusah payah akhirnya sampai juga *mengusapkeringat*. Subhanallah indah sekali, semuanya terbayarkan sudah. 

Dilanjutkan dengan jalan kaki

Dilarang keras.............................

Kantong-kantong sampah

Dureen..dureeen hehehhehehe



Jembatan batas desa Lemukih & Sekumpul

Air Terjun "Sekumpul" berada di Desa Sekumpul, Kec. Sawan, Kab. Buleleng Bali. Kalo dari Singaraja hanya berjarak sekitar 25 km saja. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter. Sebenarnya hak pengelolaan air terjun ini masih menjadi perdebatan karena lokasinya berada di desa tetangga yaitu "Lemukih" tetapi akses masuk ke air terjun itu harus melewati wilayah Desa Sekumpul dulu. Selain itu untuk mendapatkan view yang bagus kita harus melihatnya dari akses masuk Desa Sekumpul.

Tidak jauh "Sekumpul" ada juga air terjun yang tidak kalah eksotik yaitu air terjun "Lemukih" alias "Gerombong Waterfalls". Lokasinya berada dibalik air terjun Sekumpul. Disini terdapat kurang lebih 9 buah air terjun tapi yang terbesar adalah air terjun Lemukih ini. Air terjun ini tersebut memiliki 4 buah curahan air. Waktu yang pas untuk menikmati keindahan air terjun ini adalah ketika sore. Tapi jangan terlalu sore bingit sebab kadang cuaca tidak bersahabat terutama ketika musim penghujan.



Air terjun "Sekumpul" dengan 3 curahan air 

Air terjun "Lemukih"

Air terjun "Lemukih"

Aliran sungai dari air terjun "Lemukih"

Karena langit semakin gelap dan mendung maka kami harus menyudahi trips kali ini. Saatnya kembali memeras keringat bray hehehhehehehe. Tapi jangan kuatir meskipun lumayan berat treknya tapi pemandangan disepanjang jalan sedikit mengurangi rasak lelah kami. Oh ya, kalo capek anda bisa berhenti sebentar diwarung sederhana milik penduduk setempat sambil menikmati suguhan kuliner khas Bali. Sampai ditempat parkir kami langsung bergegas kembali ke Banyu Asri dan mempersiapkan diri untuk mancing mania ke pantai Penimbangan...#Ganbatte !!.





Kandang ayam khas Bali

Ngopar dulu @Pantai Penimbangan 

Mancing mania..............mantap !! (sayang banyak sampahnya)


Catatan
  • Jarak Singaraja - Sekumpul via Jagaraga : 25 km.
  • Tiket masuk air terjun Sekumpul : Rp. 5000,-/orang.
  • Tiket masuk air terjun Lemukih : Rp. 5000,-/orang.
  • Tarip parkir @Desa Sekumpul : Rp. 2000,-/sepeda.
  • Lokasi koordinat air terjun "Sekumpul" : -8.178138, 115.182794
  • Jarak air terjun "Sekumpul - air terjun "Lemukih" : 60 meter
  • Kalo menuju ke air terjun Sekumpul dari Desa Sekumpul trus anda pengen masuk ke air terjun Lemukih maka anda akan dikenakan tiket lagi sebesar Rp. 5000,-/orang. Sedangkan kalo anda masuk dari Desa Lemukih hanya membayar satu kali saja (Rp. 5000,-/orang) untuk mengunjungi kedua air terjun tersebut.
  • Disepanjang jalan telah disediakan kantong sampah berupa karung-karung yang dipasang pada sudut-sudut jalan sehingga anda pasti tahu kemana jika anda akan membuang sampah.
  • Saat berkunjung kesini anda bisa mencicipi kopi khas Sekumpul dan duren.
  • Bengkel ban Tubeles terdekat (disekitaran wilayah Sawan) adalah "Star Motor" sebab kebanyakan bengkel disana tidak melayani tambal ban tubeless dan menjual ban tubeless. Kalo binun tanya aja pada penduduk setempat lokasi Star Motor berada. 





No comments:

Post a Comment