Ayo Uklam-Uklam Nang Alon-Alon Malang Jess

Masjid "Jami" Malang

Hampir setiap kota tua di Jawa memiliki "Ruang Publik Terbuka" yang dinamakan alun-alun. Keberadaan alun-alun biasanya disertai dengan masjid, penjara, gereja, pusat pembelanjaan serta kantor pemerintahan. Dulu alun-alun merupakan pusat pemerintahan dan sering digunakan sebagai tempat perayaan/upacara adat dan keagamaan serta sebagai tempat untuk mengadili para penjahat.

Tapi sekarang alun-alun identik dengan arena bermain buat keluarga sehingga banyak kota-kota di pulau Jawa yang menyulap alun-alun mereka sedemikian rupa sehingga memberikan rasa aman dan nyaman buat para pengunjung terutama anak-anak. Fasilitas dialun-alun juga semakin lengkap seperti : arena bermain, kursi taman, ruang menyusui, toilet,  smoking area dll.

Dan salah satunya adalah alun-alun Kota Malang. Kalo dulu alun-alun Malang identik dengan pedagang kaki lima, tempat mesum dan rawan kejahatan ? maka sekarang sudah berubah 180 derajat. Alun-alun Malang jauh lebih terlihat cantik dan menarik. Tidak ada lagi para pedagang kaki lima, gepeng, deretan warung tenda serta gerombolan preman yang selalu bikin resah pengunjung.

Gazebo pada tiap-tiap pojok alun-alun



Keberadaan burung merpati yang semakin menambah eksotik alun-alun

Shaf sholat didepan masjid Jami

Air mancur 

Minggu kemaren aku dan si mbah menyempatkan diri maen ke alun-alun Malang. Sebenarnya sudah sering sih aku maen kesini tapi semenjak direnovasi baru kali ini hehehehe. Karena kebetulan hari minggu sehingga suasana sudah lumayan rame banget. Kebanyakan pengunjung didominasi oleh muda-mudi, anak-anak serta keluarga. Mereka bahkan ada yang datang dari luar kota seperti : Blitar, Kediri, Sidoarjo & Surabaya.

Arena bermain anak-anak

Emak-emak lagi narsis hehehehehe

Mobil warta

Ada bus wisata juga lho ??? free lagi 

Fasilitas alun-alun Malang terbilang cukup lengkap seperti : ruang baca, perpustakaan keliling, air mancur, kursi-kursi taman, arena bermain anak, ruang menyusui, arena bermain skateboard, km, toilet, jalur khusus sepeda, beraneka jenis burung merpati, free wifi, mini gazebo serta beberapa spot untuk bernarsis ria. Pokok'e kipa lop deh (bhs walikan : apik pol) bray. Untuk menikmati semua itu free alias rasa..h mbayar.

Sarinah

Toko "Oen"

Suasana toko "Oen"

Pasar burung "Splendid"

Sempol : jajanan khas Malang

Jangan lupa juga untuk mencicipi bakso malang

 Begini seharusnya fungsi sebuah trotoar

Kalo sudah puas keliling alun-alun anda juga bisa melipir ke pusat pembelanjaan yang tersebar ditiap-tiap sisi alun-alun seperti Trend, Sarinah, Gramedia, Gajah Mada Plaza, Malang Plaza, Toko legendaris "Oen". Kira-kira 1 km ada Balai Kota Malang dan pasar hewan/burung "Splendid". Hawa malang yang sejuk dan adem menjadikan kota ini sebagai salah satu destinasi favorit para backpacker dan traveler. #NgalamKipaLop.


Catatan : 
  • Parkir untuk R2 tersedia didepan masjid Jami, sebelah kantor pos, Sarinah & Ramayana sedangkan R4 dapat kita parkir diarea parkir Kantor Pos, Masjid Jami, Sarinah, Ramayana atau didepan Tren.
  • Batas waktu arena bermain anak-anak : 08.00 - 18.00 WIB.
  • Waktu yang pas datang kesini adalah pada sore s/d  malam hari karena bisa melihat atraksi air mancur dengan lampu warna-warni.
  • Jika berkunjung kesini jangan lupa untuk mencicipi jajanan khas Malang "sempol". Penjualnya kebanyakan menggunakan rombong bermotor dan bisa kita beli disekitaran alun-alun (disisi timur Ramayana & Robinson)..
  • Jadwal Pertunjukan Air Mancur : 
    1.  07.00 - 08.00 WIB
    2. 16.00 - 17.00 WIB
    3. 19.00 - 20.00 WIB
    4. 21.00 - 22.00 WIB

No comments:

Post a Comment