Eastpedition Indonesian Ride Part. 9 : Balinusa -- Pantai Balangan - Secret Beach

Selasa, 31 Desember 2014
Setelah puas menikmati keindahan panorama alam pantai Pandawa, saatnya menuju ke destinasi pantai lainnya. Keindahannya dijamin tidak kalah kelas dengan pantai Pandawa. Di sepanjang  garis pantai Nusa Dua s/d Uluwatu ini memang banyak sekali tersebar pantai-pantai nan eksotik. Selain pantai Pandawa ada juga pantai Uluwatu, pantai Nyang-Nyang, pantai Suluban, pantai Padang-Padang (Labuna Sait), pantai Dreamland (New Kuta Beach) dan tentu saja pantai Balangan itu sendiri.

Kalo dari pantai Pandawa, kita harus kembali ke perempatan Supermarket Nirmala - Ungasan tadi. Nah pas di perempatan itu kita tinggal lurus saja ikuti jalan (Jln. Pantai Balangan). Kira-kira sekitar 6-7 Km kita akan sampai di Pantai Balangan. Lebih gampangnya kita ikuti saja petunjuk jalan yang tepampang di tiap-tiap tikungan. Tapi sebelum kesana, kami mampir dulu ke pantai Padang-Padang aka Labuna Sait. Setiap ke Bali, aku hampir pasti selalu mampir ke Padang-Padang

Indahnya pantai Padang-Padang

Biar bisa membawa papan seluncur

Jembatan pantai Padang-Padang

Pantai Padang-Padang merupakan salah satu pantai yang sering dikunjungi bule-bule buat surfing. Disini sering diadakan kompetisi Surfing tingkat Internasional. Pantai ini semakin terkenal ke mancanegara setelah dibuat sebagai lokasi syuting film "Eat, Pray & Love" yang dibintangi oleh aktris Hollywood Julia Robert. Bahkan ada yang pernah bilang kalo pantai ini juga pernah digunakan sebagai lokasi syuting video klip Someday by MLTR (Michael Learn To Rock). Waktu yang pas buat menikmati pantai ini adalah ketika sore hari. Setelah dirasa cukup puas, kami segera tancap gas menuju ke Pantai Balangan.

Jalan menuju pantai Balangan lumayan sempit dan banyak tikungan tajam. Saking sempitnya kalo ada roda 4 yang berpapasan, salah satunya harus sedikit memakan bagian bahu jalan. Bahkan aku nyaris tabrakan sama taksi dari arah yang berlawanan ketika lagi menikung hehehehhe. Tapi untung saja dengan sigap aku bisa menghindarinya meskipun agak sedikit berakrobat gitu big grin. 20 menit kemudian akhirnya kami sampai juga di hidden beach ini.

Pantai Balangan berlokasi di Daerah Ungasan - Pecatu, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung. Pantai ini berada diantara pantai Padang-Padang dan pantai Dreamland. Untuk masuk ke pantai ini, kita hanya dikenakan biaya sebesar Rp. 5000,-/sepeda saja. Itupun sudah termasuk ongkos parkir lho. Murah bukan hehhehe. Di Bali untuk wisata pantainya memang tergolong murah. Bahkan di Pantai Padang-Padang dan Suluban kita hanya dikenakan biaya parkir saja untuk masuk kesana.

Pantai ini tergolong pantai yang masih alami. Letaknya tersembunyi diantara bukit batu karang yang terjal. Karena itulah, pantai ini menjadi salah satu destinasi favorit bule-bule yang pengen mendapatkan sebuah privacy. Selain berpasir putih bersih, air lautnya juga berwarna biru muda gitu. Cocok banget buat berenang, surfing atau sekedar bersantai saja sambil berjemur.

Menapaki bukit di pantai Balangan

Setelah membayar tiket, kami langsung menuju ke sebuah bukit. Subhanallah memang indah banget pemandangan. Benar-benar ciptaan Tuhan yang sempurna. Dari atas sini kita bisa melihatnya pantai Dreamland, pantai Padang-Padang dan pantai Jimbaran dikejauhan sana. Bahkan pantai Kuta dan Bandara I Gusti Ngurah Rai juga kelihatan dari sini lho. Kami kemudian lalu berpencar untuk mencari spot yang ajeep-ajeep. FYI : Pantai ini pernah digunakan sebagai lokasi syuting film "Madre" yang dibintangi oleh Vino G Sebastian dan Laura Basuki. Selain sebagai lokasi syuting pantai ini juga sering digunakan sebagai lokasi foto pre wedding.

Pantai Balangan  (View from the top)

Pemandangan dari bukit di sisi timur pantai

Secret beach in the secret paradise thumbs up

Beberapa kali blitz kamera kami menyala ketika menangkap moment yang indah tentang pantai ini. Pantai Balangan memang ajeep thumbs up. Pantai ini bisa digunakan sebagai alternatif ketika kita bingung dimana akan menghabiskan malam tahun baru ketika di Bali ??. Suatu saat nanti aku pasti akan kembali kesini. Karena langit mulai mendung kami harus segera menyudahi kunjungan ini. Dan tepat pukul 16.20 WITA, kami akhirnya berangkat menuju ke Denpasar. Kali ini kami akan wisata belanja dulu disana.

GWK

Pecatu Indah Resort, pintu masuk menuju pantai Dreamland

@Pecatu Indah Resort

"Selamat Datang di Erlangga 2". Kalimat itulah yang pertama menyambut kami ketika memasuki kawasan pusat oleh-oleh ini. Setiap akan mencari oleh-oleh khas Bali aku selalu menyempatkan mampir kesini. Dari pantai Kuta hanya berjarak 30 Km saja. Ada banyak ragam oleh-oleh yang dijual disini. Dari pakaian, kuliner sampai barang-barang seni yang bernilai tinggi.

Oleh-oleh from Erlangga

Harga barang disini adalah harga pas, jadi otomatis tidak bisa ditawar big grin. Selain kesini aku juga sering mampir ke Krisna yang kebetulan lokasinya bersebelahan dengan Erlangga 2. Kopi kintamani, brem bali batangan, kacang bali Rahayu dan kacang disco adalah beberapa oleh-oleh khas Bali yang sering aku beli disini.

Erlangga 2 dan krisna 2 buka dari jam 08.00-22.00 WITA. Seandainya kemalaman, kita bisa menuju ke Krisna 24 Jam yang berada di Jln. Raya Tuban - Kuta Bali. Lokasinya hanya 5 menit saja dari Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

Lokasi Erlangga 2

Setelah membeli oleh-oleh kami memutuskan langsung menuju ke kakak aku saja. Kebetulan dia dan keluarganya sedang mudik ke Bali. Mereka menginap di rumah orangtua istrinya yang berada di daerah Mengwi - Tabanan. Malam ini kami akan tidur disana. Karena cuaca lagi tidak bersahabat, perjalanan menuju kesana beberapa kali harus terhenti karena lebatnya hujan. Malam tahun baru di Bali memang selalu identik dengan hujan. Malam Tahun baru kemaren dan kemarennya lagi kawasan Kuta, Denpasar dan sekitarnya juga diguyur hujan lebat. Bahkan hujan itu baru reda keesokan harinya.

Awalnya sih berteduh tapi akhirnya ketiduran hehehhehe

Karena hujan tak kunjung reda dan intensitasnya malah cenderung makin tinggi maka kami akhirnya memutuskan menggunakan jas hujan saja. Dan tepat pukul 21.45 WITA akhirnya kami sampai juga di Mengwi. Malam ini kami merayakan malam tahun baru dengan beristirahat dirumah saja. Hanya ditemani secangkir kopi dan sebuah televisi tua big grin. Happy New Year Bali, Happy New Year Indonesia, Happy New Year everyone party. Selamat Datang 2014..................

Next : Eastpedition Indonesian Ride Part. 10 : Balinusa 2014 -- One Last Day In Paradise

Previous : Eastpedition Indonesian Ride Part. 8 : Balinusa -- Tol Bali Mandara & Pantai Pandawa