Kopi Trips Bandung 2015 Part. 6 - Menikmati Malam Di Pantai Madasari - Ciamis Jawa Barat

Kemping @Madasari Beach

Suara alarm hape tiba-tiba berbunyi dengan lantangnya sehingga membuat kami terbangun.  Aku lalu segera mengambil kamera dan kemudian keluar tenda. Karena langit lagi mendung tidak banyak foto yang aku ambil pagi ini. Oh ya , pantai Madasari ini terletak di Desa Masawah, Kec. Cimerak, Kab. Ciamis Jawa Barat. Kalo dari Pangandaran sendiri hanya berjarak sekitar 40 Km ke arah Barat atau sekitar 15 Km dari Green Canyon (koordinat : -7.792183, 108.496689).

Menurut peduduk setempat ada 3 pantai Madasari disini yaitu : pantai Madasari 1, pantai Madasari 2 dan pantai Madasari 3. Pantai yang kami gunakan untuk kemping ini termasuk pantai Madasari 1. Panorama alam sekitar pantai Madasari  cukup bagus dan sedap dipandang mata. Tapi sayang kami hanya mengekplorasi Madasari 1 saja. Selain Madasari - Pangandaran ada banyak sekali deretan pantai yang layak untuk dikunjungi seperti : Batu Karas, Batu Hiu dan Pangandaran itu sendiri.

Selain kami dan beberapa rombongan pengendara vespa ada juga traveler yang  kebetulan sedang nge-camp disini. Mereka bahkan datang bersama keluarga dengan menggunakan kendaraan roda 4. Kelihatannya sih dari Jakarta soalnya mobilnya memakai Plat Nomer B. 

Selfie bangun tidur

Madasari @Dawn 





Salah satu keunikan pantai ini adalah terdapatnya 6 buah batu-batu karang besar yang tersebar di beberapa sudut pantai. Tiap batu-batu karang tersebut bahkan memiliki nama sendiri-sendiri seperti : Batu Gedogan, Batu Sebrotan, Batu Leuit (Karang Seugeuh), Legok Candu, Cariuk serta Pandan Nyampai. Batu-batu tersebut memiliki bentuk yang berlainan satu sama lain.

Tapi sayang kondisi jalan menuju ke pantai dari Legok Jawa sebagian masih jalan makadam  (jalan dengan lapisan aspal yang telah mengelupas). Tapi masih cukup lebar sehingga bisa dilewati oleh kendaraan sejenis roda 4 atau bus mini. Tapi untuk melewati 3 buah jembatan kendaraan roda 4 harus saling bergantian. Fasilitas disini lumayan lengkap mulai dari warung, km, toilet, musholla dll.




Bersama tak harus sama hehehehehhe

Bersama scooteris Bandung

#ForzaJuve

Kami kemudian ngobrol dengan beberapa pengendara vespa yang berasal dari Bandung. Kebanyakan peserta yang datang merupakan penggemar vespa modif dan classic dan aku lihat tidak ada satupun pengendara vespa gembel. Menurut mereka keberadaan vespa gembel disana mulai jarang/berkurang karena adanya aturan yang ketat dari pihak kepolisian.


Gapura menuju Madasari

Salah satu jembatan kecil menuju ke Madasari

Kondisi jalan menuju pantai

Karena waktu sudah lumayan siang mereka kemudian pamitan untuk kembali ke Bandung. Salah satu dari mereka lalu memberi kami beberapa buah stiker buat kenang-kenangan. Sipppp, hatur nuhun kang. Selamat jalan dan titi dj. Kamipun juga harus segera menuju ke Kemrajen trus lanjut ke Jogja. Setelah membongkar tenda kami lalu tancap gas kembali menuju ke Masjid di daerah Legok Jawa tadi untuk mandi dulu biar badan sueger. 


Kembali ke masjid untuk mandi dan nge-cas 


Catatan :
  • Tarip masuk dan kemping di pantai Madasari : kami kasih Rp. 20.000,- (total).
  • Biaya Toilet dan KM : Rp. 2000.-




1 comment:

  1. Pemandangan alam yang cantik Pantai Madasari membantu anda rileks sejenak dari rutinitas.

    ReplyDelete