15 Tempat Wisata Di Kab. Pasuruan Yang Wajib Di Kunjungi

Seperti negeri di atas awan

Pasuruan adalah tempat lahir beta yang termasuk ke dalam wilayah Propinsi Jawa Timur. Lokasinya sangat strategis karena berada diantara jalur Surabaya - Malang serta jalur Surabaya - Banyuwangi. Kabupaten Pasuruan mempunyai luas wilayah sekitar 1474 Km2 yang terdiri dari 24 Kecamatan, 24 Kelurahan, 341 Desa serta 1694 Perdukuhan. Kabupaten Pasuruan memiliki salah satu sentra industri yang cukup berpengaruh di Jawa Timur dengan nama PIER (Pasuruan Industrial Estate Rembang).

Keadaan Geografi wilayah di Kabupaten Pasuruan didominasi oleh pegunungan dan dataran rendah serta memiliki iklim tropis dengan curah hujan rata-rata 1500-2500mm. Karena kondisi tersebut sehingga tempat wisata di wilayah Kabupaten Pasuruan kebanyakan terletak didataran tinggi. Dan berikut ini tempat wisata yang wajib anda kunjungi ketika jalan-jalan ke Kabupaten Pasuruan :


1. Taman Safari 2 Prigen
Taman Safari 2 berada dilereng Gunung Arjuno atau tepatnya di Desa Jatiarjo, Kec. Prigen, Kab. Pasuruan dengan luas area sekitar 350 ha. TSI 2 merupakan salah satu Taman Safari yang terluas di Asia. Untuk menuju ke TSI 2 anda harus menuju ke arah Pandaan dulu lalu lanjut menuju ke Sukorejo. Di Sukorejo ada akan ketemu dengan sebuah gapura besar yang berbentuk Gading Gajah. Selanjutnya anda tinggal ikuti petunjuk arahnya saja dengan sekitar 15 Km. Koordinat lokasi : 7.759140, 112.667037.

Selayang Pandang tentang TSI 2 (courtessy : www.tamansafari2.com)

TSI 2 memiliki aneka koleksi yang cukup lengkap dengan jumlah satwa sekitar 3000 ekor yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri. Selain bisa menikmati keanekaragaman satwa secara bebas kita juga bisa menikmati atraksi hewan, bercengkerama dengan mereka di Baby Zoo, Animal education, Safari Adventure, Safari Waterworld, berenang bersama lumba-lumba, makan malam romantis disebuah restoran yang berdekatan dengan kandang Macan Putih Benggala dll.

Dilokasi TSI 2 ini juga terdapat beberapa wahana yang bisa dinikmati bersama keluarga seperti : roller coater, rumah hantu dll. Untuk tiket regular (Tiket Rusa) dikenakan Rp. 70.000,-/weekday dan Rp. 80.000,-/weekend. Sedangkan untuk Turis mancanegara akan dikenakan tarip Rp. 120.000,-.


2. The Taman Dayu 
Taman Dayu pada awalnya merupakan sebuah resort dan golf. Tapi seiring berjalannya waktu pihak Ciputra selaku pengembang berusaha menjadikan kawasan ini menjadi sebagai kawasan wisata belanja, kuliner serta wisata keluarga sehingga dibangunlah Food Terrace (Pujasera Makanan), Food Veranda (Pujasera Makanan juga), Arena Bermain Keluarga serta Kawasan Ruko (CBD/Central Bussines Distric).

Lokasinya sangat strategis karena berada di Kec. Pandaan atau tepatnya didekat dengan Gerbang Pintu Tol Pandaan. Hampir pada setiap hari atau weekend kawasan ini selalu dipadati oleh pengunjung. Kebanyakan mereka berasal dari Pandaan dan sekitarnya. Disini kita bisa menikmati kuliner dari berbagai macam daerah dengan harga dan rasa yang cukup enak serta terjangkau.

Selain itu kawasan ini sering dijadikan sebagai lokasi pemotretan atau foto prewedding karena memiliki pemandangan alam yang elok banget. Jika ingin berenang di Water Park atau sekedar melihat hijaunya padang golf kita bisa masuk kedalam resort. Didalam kawasan resort juga terdapat sebuah hunian (perumahan elite dan villa) yang diperuntukan buat umum. Selain berenang dan menikmati indahnya pemandangan padang golf, kita juga bisa bermain Outbond, Paintball serta menyewa sebuah rumah pohon atau rumah kayu di The Pines. 

Jalanan yang asri bingit

Kawasan CBD Taman Dayu

Food Terrace TD


3. Wisata Panci
Wisata Panci lokasinya dekat dengan kawasan The Taman Dayu atau tepatnya berada di Dusun Sukorejo, Desa Karangjati, Kec. Pandaan. Kalo dari Food Teracce hanya berjarak sekitar 700 meter saja ke arah Selatan. Dusun ini sebenarnya bukan merupakan sentra pembuatan Panci melainkan tempat menampung produk Panci KW/BS. 

Produk - produk cacat tersebut diambil dari pabrik dan kondisinya masih layak digunakan. Biasanya panci - panci tersebut diambil dari beberapa pabrik terkemuka di sekitaran Jawa Timur seperti : PT. Maspion, PT. Kedawung, PT. Pelita Jakarta dan beberapa produk dari Cina Koordinat lokasi : -7.673261, 112.696298. Untuk lebih lengkapnya baca saja disini bray.



Wisata Panci Pandaan


4. Kebun Raya Purwodadi
Kebun Raya Purwodadi merupakan 1 dari 4 Wisata Botanical yang terdapat di Indonesia. Kebun Raya Purwodadi didirikan pada tahun 1941 oleh Dr. Lourens Gerhard Marinus Baas Becking yang berlokasi di Jln. Raya Surabaya - Malang Km. 65 atau tepatnya di Desa Purwodadi, Kec. Purwosari, Kab. Pasuruan. Kalo akan ke Malang dari arah Surabaya kita pasti akan melewatinya. Koordinat lokasi : -7.797638, 112.736797.

(courtessy : www.raftingbaungpasuruan.blogspot.co.id)

Coban Baung Purwodadi  (courtessy : www.eastjava.com)

Luas Kebun Raya Purwodadi mencapai 85 hektar dan memiliki koleksi sekitar 11.746 jenis pohon & tumbuhan. Selain disini Kebun Raya juga terdapat di Bogor (Kebun Raya Bogor), Cianjur (Kebun Raya Cibodas) & Bali (Kebun Raya Eka Karya). Dikawasan Kebun Raya terdapat kolam renang serta danau kecil. Tak jauh dari Kebun Raya Purwodadi ada coban (air terjun) yaitu Coban Baung dengan ketinggian 100 meter. Di kawasan coban Baung ini kita bisa bermain Rafting. Kebun Raya Purwodadi buka setiap hari dari pukul 07.30 - 16.00 WIB. HTM : Rp. 6000,-/orang & Mobil Keliling Rp. 10.500,-.

(courtessy : visitpasuruan.wordpress.com)


5. Puncak Pananjakan - Gunung Bromo
Banyak orang yang tidak tahu kalo Gunung Bromo sebenarnya juga termasuk ke dalam wilayah Kab. Pasuruan meskipun areanya tidak terlalu luas. Untuk menuju ke Gunung Bromo Pasuruan memiliki 2 buah akses yaitu : Pertama : via Nongkojajar dan kedua : via Pasrepan - Pasuruan. Kedua jalur tersebut nanti akan bermuara di Wonokitri - Tosari yang merupakan gerbang utama menuju ke Kawasan TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru) via Pasuruan.

Petunjuk Jalan @Nongkojajar

Nongkojajar sendiri merupakan daerah penghasil apel dan susu. Apel yang dibudidayakan disini adalah jenis : Ana, Rome Beauty, Manalagi & Wangly. Desa yang merupakan penghasil apel terbesar : Andonosari, Kayukebek, Blarang, Gendo & Wonosari. Tahukah anda kalo apel yang dijual di Batu - Malang sebagian besar berasal dari daerah ini lho ?. Untuk susu Nongkojajar anda bisa langsung mendapatkannya di Koperasi Setia Kawan yang berada didepan Pasar Nongkojajar.

Oh ya di Nongkojajar ada sebuah air terjun yang perawan yaitu : Coban Waru sedangkan 10 Km dari sana atau tepatnya di Dusun Gunung Sari, Desa. Wonosari, Kec. Tutur ada sebuah air terjun yang masih perawan juga yaitu : air terjun "Sumber Nyonya". Air terjun tsb memiliki 3 buah spot dengan ketinggian masing-masing 10, 7 & 10 meter. 

 Air Terjun Sumber Nyonya (courtessy : www.sinyoureh.blogspot.co.id)

Oke kembali ke laptop. Tapi kalo menggunakan kendaraan sejenis R2 lebih disarankan kita lewat Nongkojajar saja daripada via Pasrepan sebab jalur Nongkojajar dirasa jauh lebih aman dan nyaman apalagi solo riding pada malam hari. Spot andalan Kab. Pasuruan tentu saja adalah Puncak Penanjakan. Dari atas sini kita bisa melihat indahnya sunrise sembari merasakan segarnya udara pegunungan ketika pagi hari.

Tapi untuk menuju ke Puncak Penanjakan kendaraan pribadi sejenis R4 dilarang masuk sehingga kita harus menyewa Jeep Wisata. Selain pemandangan alam Bromo, tradisi masyarakat Tengger di Tosari juga menarik untuk dilihat. Dan upacara adat yang paling terkenal adalah Upacara Kasodo yang biasanya diselenggarakan pada Bulan Kasada hari ke-14 s/d 16 dalam penanggalan Jawa atau ketika bulan purnama tampak dilangit secara utuh.

Taken from Penanjakan


6. Agrowisata Bhakti Alam
Ketika akan menuju ke arah Nongkojajar via Ngembal anda pasti akan melewati agrowisata ini. Bhakti Alam berdiri sejak 1992 yang berlokasi di Desa Ngembal, Kec. Tutur, Kab. Pasuruan dan berada diatas ketinggian 450-550 Mdpl. Kalo dari Pertigaan Purwosari hanya berjarak sekitar 12 Km. Tapi kalo menuju ke sana harap berhati-hati bray karena kondisi tanjakan dan turunannya cukup ektrem. Koordinat lokasi : 7.816667, 112.807245.

Agrowisata ini menawarkan banyak paket sarana liburan buat keluarga seperti : Paket Outbond dan Paket Edukasi. Disini kita bisa langsung melihat proses menanam aneka ragam tanaman terutama tanaman tropis. Selain itu banyak tanaman langka yang dikembang biakan disini seperti : buah acerolla dari Mexico, (Buni, Burahol/Kepel, Gandaria, Cempedak, Mundu, Rambutan Kapulasan, Buah Mertega, Kedondong Karimun) dll. Ada juga Kelengkeng, Buah Naga serta Durian.

Disini kita bisa melihat peternakan sapi perah dan sekaligus melihat prosesnya atau bahkan bisa memerah susu langsung dari sapinya. Selain itu kita juga bisa mencicipi aneka kuliner yang berasal dari susu sapi. Karena lokasinya cukup luas maka disediakan sebuah kereta odong-odong yang ditarik oleh traktor supaya kita tidak capek ketika berkeliling kawasan agrowisata ini. 

Fasilitas di Agrowisata Bhakti Alam terbilang lumayan cukup lengkap seperti : kebun buah, kereta wisata, rumah makan, cottages, barak, camping ground, hall, fasilitas outbond & ATV. Tempat ini cocok buat acara keluarga serta gathering perusahaan. Untuk masalah tarif ? jangan kuatir bray ? karena cukup terjangkau kok hehehhehe.

Naik odong-odong keliling kebun (courtessy : www.bhaktialam.com)

Tarip paket Outbond (courtessy : www.bhaktialam.com)


7. Saygon Water Park
Untuk wilayah Kabupaten Pasuruan keberadaan Saygon Water Park memang cukup menjanjikan terlebih hanya Water Park Taman Dayu saja yang selama ini menjadi primadona masyarakat Kabupaten Pasuruan. Saygon Water Park berlokasi di Desa Pucangsari - Sengon, Kec. Purwosari. Kalo dari Pandaan hanya berjarak sekitar 15 Km saja ke arah Malang. Koordinat lokasi : 7.747531, 112.738515.



Water Park ini menawarkan sensasi wisata bermain air yang berbeda dengan kebanyakan. Ada 5 wahana yang bisa kita gunakan : water park, water slide, kolam arus, kolam ombak serta kolam olympic. Disini kita juga bisa merasakan simulasi penerbangan 3D pada Pesawat Boeing 737-400 serta menikmati sejuknya udara pedesaan dengan bermalam di Saygon Inn. Selain itu Water Park ini juga memiliki bioskop 6D lho. 

Water Park Saigon buka setiap hari kecuali hari Senin. Pada hari Selasa hingga Jum'at (Weekday), Buka pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB sedangkan pada hari Sabtu, Minggu & Hari Libur (Weekend), Buka pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB. Untuk tarif : Rp. 35.000,- (Weekday) & Rp. 50.000,- (Weekend). Oh ya sekarang ada wahana baru : Saygon Night Park yang memiliki konsep seperti BNS Batu.

Saygon Water Park (courtessy : www.google.com)


8. Wisata Tas Rajut "Kaboki"
Bagi kalangan wanita karier, ibu-ibu atau remaja putri nama brand "Kaboki" pasti sudah tidak asing lagi. Tidak jauh dari lokasi TSI 2 dan Saygon Water Park terdapat sebuah tempat pembuatan tas yang berbahan dasar benang rajut. Lokasinya berada di Jln. Raya Sukorejo - Bangil Km. 1,5  Sukorejo atau Desa Lecari. 

Wisata tas rajut "Kaboki" ini berdiri diatas sebuah lahan dengan luas 3.800 m2 yang meliputi : Plant Produksi, Gudang, Factory Outlet, Free Wifi dan beberapa fasilitas umum (tempat parkir yang luas, musholla & taman bermain)

Selain berbelanja aneka macam produk Tas Rajut, disini kita juga bisa melihat secara langsung bagaimana proses pembuatan tas rajut dari A - Z. Bagi yang pengen belajar (kursus) merajut sebuah benang sampai menjadi tas yang cantik anda bisa mendapatkannya secara gratis lho.  Factory outlet buka setiap hari (kecuali libur nasional) dari pukul 08.00 - 16.00 WIB. 

Peta Lokasi (courtessy : www.www.wisatatasrajut.kaboki.co.id)


9. Wisata Religi Masjid Cheng Hoo
Nama masjid ini diambil dari nama pelaut muslim dari dataran Tiongkok pada jaman Kekaisaran Ming yaitu Muhammad Cheng Hoo. Lokasinya cukup strategis karena berada di jalur utama Malang - Surabaya atau tepatnya disebelah Pasar Buah Pandaan (Warung Ngelencer) atau sekitar 300 meter dari Terminal Pandaan. Koordinat lokasi : -7.652013, 112.687866.

Masjid yang memiliki arsitektur campuran Islam, China & Jawa ini mulai dibangun pada tahun 2003 dan baru diresmikan pada tanggal 27 Juni 2008 oleh Bupati Pasuruan saat itu. Warna masjid yang didominasi warna Merah, Kuning dan Hijau mewakili arsitektur China sedangkan atap joglo pada bagian utama masjid mencerminkan khas budaya jawa. 

Masjid Cheng Hoo terdiri dari 2 lantai. Lantai dasar atau lantai 1 digunakan sebagai tempat pertemuan dan tempat wudhu sedangkan lantai 2 adalah lantai utama dan digunakan sebagai tempat sholat. Masjid Cheng Hoo sekarang telah menjadi salah satu icon pariwisata Pasuruan terutama Pandaan.

Dibelakang masjid ada kantin khusus yang dikelola oleh Takmir Masjid sedangkan sekitar 300-400 meter ke arah utara ada beberapa warung kuliner yang dapat kita jadikan referensi untuk bersantap ria seperti : Warung Ngelencer "Bakpao Telo", Kepiting Cak Gundul, Botok'an Cak Gundul, RM. Kaisar, Tempe Penyet 'Bu Kris" dll. Selain deretan warung ada juga beberapa  yang menjual aneka busana muslim dan buah-buahan khas arab seperti kurma. Oh ya rencananya diarea belakang masjid akan dijadikan pusat oleh-oleh agro seperti dipasar Lawang.

Masjid Cheng Hoo Pandaan

Pasar Wisata Cheng Hoo : deretan toko aneka sayur dan buah dibelakang Masjid Chenghoo


10. Taman Chandra Wilwatikta
Taman ini lebih dikenal sebagai Taman Budaya karena disini sering diadakan Pagelaran Budaya seperti pameran seni budaya, sendratari dan pertunjukan wayang kulit. Taman Chandra Wilwatikta memiliki luas sekitar 12,3 hektar yang dibangun pada ketinggian sekitar 250 Mdpl dan berada ditepi Jalan Raya Pandaan - Tretes atau pas didepan Ayam Goreng "Depot Sri" Pandaan. Koordinat lokasi : -7.656618, 112.676009.

Taman ini memiliki Panggung Terbuka dengan latar belakang Gunung Penanggungan  yang dapat menampung pengunjung sebanyak 15.000 orang. Taman ini sering dijadikan sebagai lokasi kegiatan yang berhubungan dengan Kabupaten Pasuruan seperti yang baru saja diadakan kemaren yaitu Kirab Budaya 2015 menyambut Hari Jadi Kabupaten Pasuruan. 

Selain itu taman ini juga memiliki fasilitas Pendopo (aula) yang dapat menampung sekitar 500 orang, Ruang Rapat dengan kapasitas 100 orang, Ruang Pameran, Paviliun dengan kapasitas 150 orang serta Villa sebanyak 14 unit. Ada juga lahan terbuka, lapangan dengan luas sekitar 5 hektar.

Bagian depan Taman Chandra Wilwatikta yang masih dalam proses renovasi

 Panggung Terbuka (courtessy : www.pasuruankabmuseumjatim.files.wordpress.com)


11. Candi Jawi
Candi ini berada ditepi Jalan Raya Pandaan - Tretes atau tepatnya di Desa. Candi Wates, Kec. Prigen. Kalo dari Pandaan berjarak sekitar 6 Km saja ke arah Tretes sedangkan kalo dari Taman Chandra Wilwatikta berjarak sekitar 2 Km. Koordinat lokasi : -7.663088, 112.669238.

Candi Jawi dibangun pada akhir abad ke-XIII dan merupakan Candi Hindu peninggalan Kerajaan Singosari. Menurut sumber terpercaya Candi Jawi bukan merupakan tempat pemujaan seperti candi pada umumnya melainkan tempat penyimpanan abu raja terakhir Singosari yaitu Kertanegara. 

Candi ini berada pada ketinggian sekitar 285 Mdpl dan menghadap ke arah timur. Kalo dilihat dari depan akan tampak pemandangan Gunung Penanggungan dikejauhan sana. Untuk lebih jelasnya anda bisa langsung saja datang kesini sambil merasakan sejuknya udara disekitar candi.

Candi Jawi (courtessy : www.google.com)


12. Air Terjun "Kakek Bodo"
Tidak jauh dari Candi Jawi terdapat sebuah air terjun yang cukup eksotik dan melegenda yaitu Air Terjun "Kakek Bodo".  Air Terjun ini terletak dikaki Gunung Welirang  sebelah utara pada ketinggian 850 mdpl dan memiliki ketinggian sekitar 40 meter. Wana wisata "Kakek Bodo" ini termasuk dalam Kawasan Hutan Lindung RPH Prigen, BPKH Lawang Barang dan KPH Pasuruan. Koordinat lokasi : -7.697805, 112.628177.

Air terjun ini berlokasi di Desa Tretes, Kec. Prigen, Kab. Pasuruan. Untuk mencapai air terjun ini anda bisa naik kendaraan umum dari Pandaan atau membawa kendaraan pribadi. Dari pintu masuk kemudian anda harus berjalan kaki melewati jalan setapak sekitar 850 meter untuk menuju ke lokasi air terjun. Tapi jangan kuatir karena disepanjang jalan kita akan disuguhi dengan pemandangan alam yang indah dan deretan warung yang siap memanjakan perut anda.

Air Terjun Centong (courtessy : www.sinyoureh.blogspot.co.id)

Air Terjun Putuk Truno (courtessy : www.sinyoureh.blogspot.co.id)

Entah sudah berapa kali aku jalan-jalan kesini mulai dari yang gratisan (ilegal) sampai dengan yang masuk secara legal hehehehhehe. Maklum saja dulu aku masih darah muda bray dan kebetulan juga banyak temen semasa SMA yang rumahnya dekat dengan lokasi air terjun "Kakek Bodo"  (dlm bahasa Indonesia : berarti bodoh). Selain Kakek Bodo disekitar Tretes juga banyak terdapat beberapa air terjun lain diantaranya : air terjun "Putuk Truno" di Pecalukan & air terjun Centong (Grojokan Centong) di Pesanggrahan. 

Air Terjun "Kakek Bodo"  (courtessy : www. eastjava.com)
.

13. Kaliandra Eco Resort & Farm
Yayasan Kaliandra Sejati ini berdiri pada tahun 1997 dan dibangun dilereng Gunung Arjuna pada ketinggian 850 Mdpl dengan luas lahan sekitar 50 hektar. Eco Resort & Farm ini berlokasi Dusun Gamoh, Desa Dayurejo, Kec. Prigen, Kab. Pasuruan. Tujuan utama yayasan ini adalah untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar.

Peta Lokasi  (courtessy : www.kaliandrasejati.org)

Fasilitas yang ada disini cukup lengkap seperti : perkebunan organik, outbond, penginapan atau cottages, area golf, ruang pertemuan, spa dll. Ada banyak kegitan yang bisa kita lakukan disini seperti : bersepeda, jogging, trekking, bercocok tanam, bermain golf, bermain paint ball, belajar kesenian dan kebudayaan Indonesia (tari tradisional, bermain gamelan, membatik dll). Oh ya. tempat ini pernah dijadikan sebagai lokasi syuting film "Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck" lho. 

(courtessy : www.kaliandrasejati.org)

Perkebunan organik (courtessy : www.kaliandrasejati.org)


14. Pemandian "Banyu Biru"
Pemandian ini merupakan pemandian alami yang berlokasi di wilayah Desa Sumberejo, Kec. Winongan, Kab. Pasuruan. Konon pemandian ini sudah ada sejak jaman kerajaan Majapahit. Kalo dari pusat kota Pasuruan hanya berjarak sekitar 20 Km saja sedangkan kalo dari Surabaya atau Malang sekitar 2 jam perjalanan. Koordinat lokasi : -7.748477, 112.968267.

Pemandian Banyu Biru memiliki 4 buah kolam renang dan 2 diantaranya adalah kolam renang alami dengan warna air yang kebiruan sehingga dinamakan "Banyu Biru". Dikolam alami anda bisa berenang langsung dengan kawanan ikan Tombro hitam yang sering disebut juga dengan Ikan Sengkaring. Konon ikan tersebut merupakan ikan keramat sehingga para penduduk atau pengunjung tidak berani mengusiknya.

Selain itu dipemandian ini juga ada beberapa fasilitas umum lainnya disini seperti : warung, kolam ikan, arena bermain, panggung hiburan, stand pameran dll. Saking jernih dan bersihnya air dari pemandian ini bahkan digunakan sebagai sumber air oleh salah satu brand air minum kemasan yang cukup terkenal.

Pemandian Alam Banyu Biru  (courtessy : www.pasuruankabmuseumjatim.files.wordpress.com)


15. Candi Belahan & Sumber Tetek
Selain Candi Jawi & Candi Gunung Gangsir, Kabupaten Pasuruan juga memiliki beberapa candi yaitu Candi Belahan yang berada di Dusun Belahan, Desa Wonosunyo, Kec. Gempol, Kab. Pasuruan. Kalo dari SPBU Ngerong (dekat pabrik Indomie) hanya berjarak sekitar 5-6 Km saja. Tapi karena petunjuk jalannya kurang jelas mending nanya saja kepada penduduk setempat supaya kita tidak kesasar. Koordinat lokasi : 7° 36' 27.19" S  112° 39' 4.44" E.

Candi Gunung Gangsir (courtessy : www.sinyoureh.blogspot.co.id)

Candi ini berada dikaki Gunung Penanggungan sebelah Timur. Konon candi dan sumber air ini merupakan peninggalan dari Prabu Airlangga. Dicandi ini terdapat sebuah sumber mata air yang bernama "Sumber Tetek". Dinamakan Sumber Tetek (payudara) dikarenakan air tersebut keluar dari puting payudara 2 buah arca wanita yaitu Dewi Sri dan Dewi Laksmi. Tapi sayangnya hanya arca Dewi Laksmi saja yang sampai saat ini masih mengeluarkan sumber mata air. Menurut juru kunci air disumber ini selalu mengalir bahkan di musim kemarau sekalipun. 

Pemandian Sumber Tetek (courtessy : www.pasuruankabmuseumjatim.files.wordpress.com)

No comments:

Post a Comment