Kompor Parafin, Kompor Trangia & Kompor Gas Portable

Peralatan masak KAMI

Dulu hampir setiap pergi touring plus kemping aku dan bolo kurowo selalu membawa kompor parafin dan kompor trangia (semua buatan sendiri). Kompor parafinnya aku buat dengan memanfaatkan barang-barang yang tidak terpakai dipabrik (kap lampu dan cover kipas pendingin) sedangkan kompor trangia-nya dibuat oleh bro Didik dengan mesin bubutnya sehingga hasilnya terlihat lebih bagus karena memang bahannya juga bagus sih hehehhehehe.

Sebenarnya aku punya kompor parafin (asli) dan harganya dipasaran juga cukup murah tapi jarang aku pake sebab kalo memasak dengan menggunakan panci/gelas kecil (kapan-kapan mau beli nesting hehehhehe) itu rawan tumpah, apalagi kalo anginnya pas kuenceng buingit sebab posisi bawah panci dan kompor menempelnya hanya sedikit saja kecuali kalo kita pake panci atau gelas yang lebar dan besar.

Kalo untuk kompor trangia-nya hampir tidak ada masalah pada posisi panci/gelas tetapi menurutku masih boros bbm (spirtus) karena kompor bikinan bro Didik tidak menggunakan sumbu (maklum masih dalam tahap uji coba bray dan rencana ke depannya akan diberi sumbu). Oleh sebab itu setiap kali memasak kami selalu mengandalkan kompor parafin. Satu pak bahan bakar padat parafin (isi 8 tablet) dihargai Rp. 25.000,-.

Bahan bakar gas portable (courtessy : www.olx.com)

Bahan bakar padat parafin (courtessy : www.tokopedia.net)

Oh iya, sebenarnya dirumah ada kompor gas portable sih (punya adik ) tetapi karena bentuknya yang besar (wadahnya mirip wadah mesin tik gitu) sehingga aku malas membawanya kalo pergi touring atau kemping. Tapi karena sekarang si merah maroon sudah pake top box dan side box ? kapan-kapan pas kemping bisa tuh dibawa hehehehhehe. Lumayanlah daripada kompornya gak kepake dirumah ?trus lama-lama entar bisa berkarat.

Kompor parafin (hand made), kompor parafin (asli) dan kompor trangia (hand made)

Tapi yang menjadi kendala adalah aku belum tahu bagaimana cara mengganti tabung gasnya hehehhehe. Oh iya tabungnya menggunakan tabung kemasan 330 ml dan bentuknya mirip dengan tabung pilox (cat spray). Setelah dibriefing sebentar oleh adikku akhirnya aku mengerti juga. Ternyata kita hanya tinggal menggeser tombol pengunci ke posisi "unlock" untuk melepas tabung lama dan setelah tabung yang baru dimasukkan, set tombol pengunci ke posisi "lock". Dan kompor portable pun siap digunakan tapi sebelumnya gas harus dikocok dulu biar agak encer. Salam aspal, salam keluyurers.......


No comments:

Post a Comment