Sebentar Lagi Musim Hujan ? Barang Apa Saja Yang Harus Disiapkan Sebelum Touring



Bagi kalangan Bikers dan Petouring antara bulan Desember s/d Februari adalah bulan yang tidak bersahabat karena biasanya identik dengan musim hujan. Hampir disetiap daerah pasti akan turun hujan baik itu dengan intensitas rendah, sedang maupun tinggi. Tapi masa hanya karena gara-gara hujan kita harus membatalkan semua plan touring kita ??? Apa kata dunia bray ? Bikers kok takut hujan hehehhehehe.

Gass poll tok pokok'e wes bray. Tapi supaya perjalanan touring kita bisa berjalan dengan lancar tanpa ada halangan yang berarti maka kita harus menyiapkan segala sesuatunya dengan baik. Dan berikut ini adalah daftar barang-barang apa saja yang harus kita bawa/siapkan ketika riding dalam kondisi hujan :

1. Jas Hujan
Dipasaran ada banyak sekali model jas hujan dengan beraneka warna, merek dan harga. Karena  kebetulan pake motor laki jadi kalo touring aku selalu bawa jas hujan yang model terpisah (yang bukan model ponco) sedangkan kalo buat gawe atau sehari-hari aku bawa yang model ponco hehhehehehe. Sebenarnya gak safety sih karena bagian jas bisa tersangkut di roda atau rantai motor ketika riding.

Rain coat


2. Rain Cover Shoes
Untuk shoes rain cover aku selalu membawanya terutama ketika touring jarak jauh meskipun selama ini belum pernah sekalipun memakainya sejak pertama kali aku beli. Sedangkan kalo untuk harian ? aku selalu tinggal dirumah dan mempercayakan perlindungan sepatuku dengan tas kresek/tas plastik saja hehehhehe.

Pelindung sepatu (courtessy : www.respiro-online.com)


3. Sepatu Boots
Ketika touring yang paling aman adalah dengan menggunakan sepatu boots khusus hujan karena mampu menjaga agar kondisi kaki kita tidak basah. Tapi menggunakan sepatu ini juga mempunyai beberapa kekurangan karena tidak selamanya kita riding dalam kondisi hujan terus-terusan. Masalah akan muncul ketika cuaca tidak hujan (cuaca panas) karena akan membuat kondisi kaki kita tidak nyaman karena berkeringat yang disebabkan boots ini tidak memiliki sirkulasi udara yang baik.  Yang paling aman sih bawa saja dua-duanya yaitu sepatu touring dan sepatu boots anti hujan sehingga bisa dipakai sesuai dengan kebutuhan hehehehhehe.

(courtessy : www.rodadua.net)


4. Sarung Tangan Operasi
Saat touring tidak ada salahnya anda membawa sarung tangan operasi buat jaga-jaga karena sewaktu-waktu bisa kita pakai ketika kondisi hujan lagi deras-derasnya. Selain itu sarung tangan operasi yang terbuat dari bahan karet juga bisa menjaga agar suhu tangan kita tetap hangat selama perjalanan. Tapi hati-hati karena terbuat dari karet sehingga kadang bisa bikin selip di handgrip motor. Ada baiknya sarung tangan tersebut dipakai buat daleman gloves riding.

Sarung Tangan Operasi


5. Cover Bags
Cover Bags adalah kain pelindung untuk melindungi tas kita dari air hujan. Tapi kalo intensitas hujannya tinggi kadang air tetap bisa merembes ke dalam. Tapi jangan kuatir bray karena ada trik khusus supaya tas kita tidak basah yaitu dengan membungkusnya dulu dengan tas plastik besar lalu baru pasang cover bags nya. Atau bisa juga dengan memasang cover bags secara dobel. Cover bags dapat kita dapatkan ditoko-toko peralatan outdoor & touring seperti : Respiro, Eiger atau Rei.

Cover bags


6. Duffle Bags Waterproof
Kalo yang satu ini dapat dijamin barang bawaan kita selalu tetap kering meskipun dalam kondisi hujan lebat karena tas ini terbuat dari bahan PVC 500D Tarpaulin yang tebal dan diproses dengan tekanan berfrekuensi tinggi sehingga menghasilkan bahan yang kuat, awet dan tahan bocor. 

Tapi kendalanya adalah harga tas ini terbilang cukup mahal yaitu sekitar 550.000 s/d 600 ribu rupiah. Dan brand yang sering digunakan oleh kawan-kawan bikers adalah Duffle Bag "Respiro" Tour Master. Ada beberapa pilhan ukuran diantaranya adalah : 60 liter dan 40 liter. Untuk pilihan warna ada : Orange, Hitam & Kuning

Duffle bags 60L & 40L


7. Phone Chase Waterproof/Dry Bag
Mau narsis tapi takut gadget basah ? jangan kuatir mas & mbakyu ? pakai saja pelindung HP yang tahan air. Dipasaran banyak kok ? anda tinggal pilih model, warna dan ukuran yang pas buat kita. Kalo aku kebetulan pake buatan Respiro. Pas ke Malang kemaren aku tebus dengan harga Rp. 49.500,- untuk ukuran yang 4" sedangkan yang ukuran 8" dibandrol Rp. 55.000,-. Selain buat menyimpan HP atau Ipod bisa juga untuk menyimpan kamera poket lho.

Dari 7Gear ada juga lho bray dan memiliki ukuran yang lebih lebar sehingga bisa dibuat untuk menyimpan apa saja. Ukuran yang ditawarkan adalah 10, 15, 20 serta 25 liter. Yang ukuran 25 liter bahkan bisa memuat beberapa kaos, charger, perlengkapan pribadi, smartphone, kamera dll. Fungsi memang hampir sama dengan dry bag. Untuk harga bisa langsung dicek diwebsitenya saja hehehhehe.

Phone chase waterproof 8" & 4"

Kalo yang ini produk 7Gear


8. Anti Fog
Ketika riding dalam kondisi hujan deras pasti repot bingit karena kaca helm akan langsung berembun (pada saat kita bernafas) sehingga akan memperpendek jarak pandang kita dan yang paling fatal adalah bisa menyebabkan kecelakaan. Untuk helm High-End biasanya sudah dilengkapi dengan fitur anti fog. Tapi bagaimana dengan helm low-end ?? jangan kuatir bray pake saja anti fog yang banyak dijual dipasaran.

Kita tinggal menyemprotkan saja cairan anti fog ke bagian dalam dan luar visor helm. Setelah itu ratakan dengan kain bersih yang halus (tanpa ditekan). Tapi sebelumnya bersihkan dulu kaca helm dari kotoran-kotoran yang menempel supaya hasilnya akan maksimal. Selain bisa dipake dikaca helm, anti fog juga bisa digunakan pada kaca spion. 

(cortessy : www.motorexpertz.com)


9. Kanebo
Orang sering menyebutnya dengan nama magic towel alias handuk ajaib karena bisa digunakan buat macam-macam seperti : buat handuk (pas lagi touring biasanya), buat mengelap peralatan rumah tangga, buat mengeringkan mobil atau motor sehabis dicuci dll. Hampir disemua bengkel dan toko aksesoris kendaraan ada Kanebo.

Kanebo sebenarnya nama sebuah brand ? entah kenapa OI (Orang Indonesia) selalu menyebut nama barang dengan sebuah merek hehehhehehe. Tapi yang pasti "Kanebo" adalah hal yang tidak boleh terpisahkan ketika touring baik itu pas musim panas maupun musim hujan. 

Lap multi guna


10. Tas Plastik & Plastik Clips
Kalo yang satu ini juga hampir selalu aku bawa touring dalam segala kondisi cuaca. Meskipun kelupaan gak bawa tapi selalu ada saja tas plastik didalam tas (efek belanja ke minimart) hehehhehehehe. Sama seperti Kanebo, tas plastik dan paper clips juga multi guna.  

Tas kresek/tas plastik selain digunakan untuk membungkus barang juga bisa digunakan untuk bungkus sampah, membungkus baju kotor serta sepatu dll. Sedangkan plastik clips zippers bisa digunakan untuk melindungi peralatan electrik kita seperti hape, baterei kamera cadangan, ipod dll.

Plastik Clips & Tas Kresek

No comments:

Post a Comment