Keluyuran Ber3 @Jogja Part. 4 : Lanjut Ke Kaliurang Merapi


Tambal ban 

Dari Embung Buah Nglanggeran, kami terus lanjut menuju Kaliurang Merapi. Mampir dulu di tambal ban di daerah Desa. Ngoro-Oro Patuk GK. Setelah dicek, tenyata bannya bocor halus. Sebenarnya ban belakangku itu ban TT (Tubeless Tube) cuma karena faktor lubang bocornya sebelum ini terlalu lebar maka atas saran bapak tukang tambal ban pas waktu itu disuruh pake ban dalam saja. 

Buat sementara katanya. Sebenarnya kurang baik sih kalo ban TT itu diberi ban dalam, soalnya tekanan angin dalam ban akan menjadi cepat panas dan bisa mengakibatkan ban meletus. Tapi karena faktor terlalu mepet dengan plan touring ke Jogja, terpaksa pakai ban dalam saja hehehehehhe. Semoga tidak terjadi apa-apa dijalan nantinya.....bismillah. 



@Bengkel Tambal Ban

Jalan dari arah Nglanggeran

Selamat Jalan Kab. GK

Setelah ban belakang si merah maroon berhasil ditambal, kami lanjutkan lagi perjalanan. Jalannya beda banget sama jalan pertama tadi. Mungkin ini jalan utama menuju ke Nglanggeran, soalnya jalannya lebih bagus dan lebih lengkap petunjuk arahnya. Selang beberapa menit akhirnya sampai juga jalan besar lagi, yaitu Jalan Raya Wonosari - Jogja. Kami langsung ambil arah kanan dan tancap gas menuju Kaliurang. Ketika melewati sebuah jembatan, kami tertarik untuk berhenti disitu sebentar karena pemandangannya benar-benar luar biasa indahnya. 

Tampak suasana kota Jogja dan lenggak-lenggok Jalan Raya Wonosari - Jogja dikejauhan sana. Selain kami banyak juga pengendara lain yang ikut berhenti. Dari sekedar mengagumi keindahan pemandangan disini sampai berfoto ria. Eh ternyata ini to yang namanya Bukit Bintang  itu hehehehehe. 


Bukit Bintang 

Habis jepret..jepret foto sebentar, kami tancap gas lagi menuju TKP. Jalan menuju Jogja lumayan suejuk karena dikanan kiri kanan banyak terdapat pohon-pohon yang rindang. 35 menit kemudian kami sudah sampai di Ring Road Selatan. Dari sini trus lanjut menuju ke Jln. Laksda Adi Sucipto. Rencananya kami pengen nongkrong sebentar di salah satu kafe kuliner disini, Kalimilk namanya. Lokasinya di Jln. Perum Mundu Saren Jogja.

Kalo dari arah Solo (bandara Adi Sucipto), sebelum Ambarukmo Plaza belok kanan atau cari Jogja Regency. Kalo sudah ketemu Jogja Regency,  ikuti jalan aspal utama ini saja. Kira-kira 400-500 meter nanti ada plangnya. Letaknya disebelah kiri jalan, mudah kok hehehehhehe. Penasaran aja sih sama cerita rekan-rekan diblog tentang tempat ini. Tapi sayang, ketika kami sampai disini ternyata kafenya tutup *hiks*. Ya sudah, mungkin lagi gak hoki kali ya hehehehehhe.

Dengan sedikit kecewa, kami langsung otw ke Kaliurang tariiiiikkkkkkkkk.....mang. Dari Kalimilk kami lurus aja sampai entar ketemu Ring Road Utara dan segera tancap gas menuju ke Jln. Kaliurang - Jogja. Begitu sampai di Jln. Kaliurang - Jogja, kami luruuuus aja. Jalannya lumayan macet siang ini, bahkan sesekali kami harus menyalip dari trotoar jalan hehehheheehhe.

Tapi untungnya kemacetan ini tidak bertahan lama, karena selepas Sinduharjo jalannya sudah mulai lancar. Disepanjang jalan yang kami lalui banyak sekali bertebaran warung-warung kuliner gitu. Dari warung Jadah Tempe khas Kaliurang, Warung SS (spesial sambal), warung masakan Padang sampai ke warung-warung masakan internasional. Bikin ngiler aja nih hehhehehehe.


Gunung Merapi

Setelah berkendara sekitar 5 jam, akhirnya tepat pukul 10.58 WIB sampai juga di Kaliurang Merapi tepatnya di Kawasan Wisata Alam Erupsi Merapi. Segera kami beli tiket masuk sebesar Rp. 3000 per orang + parkir sepeda Rp. 2000,- per sepeda. Cuaca siang ini sedikit mendung. Moga-moga saja kagak turun hujan ya ?.


Tiket masuk Kawasan Erupsi Merapi

Petunjuk arah menuju rumah Mbah Maridjan

Setelah memarkir kendaraan, kami segera menuju ke TKP. Belum genap kami melangkah, hujan sudah mengguyur kami dari langit hehehehehe. Terpaksa deh, kami berteduh di salah satu warkop. Sekalian berteduh sambil melihat lalu lalang para pengunjung Merapi dan mereguk secangkir kopi panas. Hujannya sih gak terlalu deras, cuman gerimis aja sih tetapi kalo dipaksakan tetep ke Merapi pasti ujung-ujungnya kepleh (basah kuyup) juga.


Warung  kopi Pak Cipuk

Bukan iklan lho ya hehehehehe

Kondisi cuaca disini bener-bener gak konsisten. Matahari baru saja menyapa eh ternyata tiba-tiba turun hujan. Biasanya kondisi didaerah pegunungan sih begitu, jadi ingat ma kondisi di Nongkojajar Pasuruan hehehehehe. Ada satu hal yang pengen aku lakukan disini sih, yaitu mengelilingi merapi menggunakan motor trail tapi bro Arief dan bro Manowar kayaknya gak mau ikut karena kayaknya kurang tidur. Masa aku berangkatnya sendirian, gak seru lah. Selain itu kondisi cuaca yang gak konsisten membuat aku mengurungkan niatku itu.


Keren mana ? orangnya atau sepedanya hehehehhe

GMTC (Gadung Melati Trail Club)

KLX 150CC siap mengantar anda

Hardtop wisata

Nampang @Jeep Wisata

Merapi Land Cruiser adventure

Jeep wisata tour Merapi

Penampakan mobil offroad

Motor trail itu adalah Kawasaki KLX 150cc milik GMTC (Gadung Melati Trail Club) yang memang sengaja disewakan agar para pengunjung bisa melihat/mendatangi area-area yang tidak bisa dijangkau dengan kendaraan biasa. Seperti : kali opak, kali adem, kali gendol & areal material panas. Lumayan terjangkau kok ongkosnya, untuk jalur short (30 menit) hanya dikenakan biaya sewa : Rp. 50.000,- dan untuk jalur medium (2 jam) dikenakan biaya sewa Rp. 150.000,-.

Selain menggunakan motor trail, disini kita juga bisa menggunakan Jeep terbuka, Land Cruiser atau Hardtop. Tapi tentu saja biayanya lebih mahal hehehhehe. Kalo yang lebih murah, kita bisa menggunakan jasa tukang ojek. Kalo gak salah, hanya Rp. 20.000,- saja. Jadi, selanjutnya terserah anda mau pilih transportasi yang mana ??.

Untuk kuliner, jangan kuatir brow karena disini banyak sekali warung-warung makanan dan minuman khas Jogja terutama Merapi. Kita bisa cicipi : nasi pecel, ampyang, peyek, keripik, jagung bakar, wedang ronde, jahe merapi, nasgor merapi dan yang tidak boleh dilewatkan tentu saja adalah jadah tempe khas merapi. Sayang rasanya kalo belum mencicipi jadah tempe ini. Jadah atau didaerah saya dinamakan "tetel" itu disajikan bersama tempe bacem khas Jogja. Masalah harga, jangan kuatir brow, masih terjangkau. Pas dengan kantong-kantong kita.


Resto Kinahrejo

Suasana dusun Kinahrejo

Warung  pemadam kelaparan 

Mau berkuliner? silakan dipilih

Hampir sekitar 2 jam kami nongkrong disini. Setelah dirasa sudah cukup dan hujan pun lumayan reda. Kami segera bergegas menuju tujuan berikutnya. Meskipun kondisi lumayan gerimis, banyak juga ya pengunjungnya. Sebagian besar sih masih didominasi oleh wisatawan lokal, tapi sesekali terlihat wisatawan asia dan eropa.

Ketika lagi otw pulang ealah, kok gerimis lagi *huft*. Karena sudah terlanjur keluar dari area parkir, kami terpaksa lanjut aja deh. Tapi kira-kira 2 km dari TKP hujan turun lumayan deras. Gak ada pilihan lain nih, terpaksa berteduh aja.


Jalur Evakuasi

Berteduh dulu 

Untungnya tak berapa lama intensitas hujannya lumayan berkurang. Masih gerimis sih sebetulnya, tapi kalo harus menunggu hujan benar-benar reda kayaknya gak mungkin deh. Soalnya kondisi langit lagi terang. Biasanya kalo langit lagi terang, hujannya bakal awet. Bisa-bisa seharian malah, apalagi kan posisinya lagi di pegunungan (dataran tinggi). Bismillah.....tet...tet..tet brem...brem.....berangkat..................


Estimasi Biaya :
  • Tiket Masuk @Wisata alam Erupsi Merapi - Rp. 3000,-
  • Biaya parkir @Wisata alam Erupsi Merapi -  Rp. 2000,-


Next : Keluyuran Ber3 @Jogja Part. 4 : Berburu Oleh-Oleh Ke Mirota Batik & Bakpia Pathok
Previous : Keluyuran Ber3 @Jogja Part. 3 : Embung Buah Nglanggeran









No comments:

Post a Comment