Keluyuran Ber3 @Jogja Part. 5 : Berburu Oleh-Oleh ke Mirota Batik & Bakpia Pathok


Kalimilk Kaliurang

Gerimis hujan tak menyurutkan niat kami untuk meneruskan perjalanan menuju Jogja, tepatnya ke kawasan Malioboro dan sekitarnya. Untung saja ketika sampai di RS. Panti Nugroho Pakem, hujan sudah lumayan reda. Si merah maroon ku geber sekitar 60-70 kpj saja karena kami ingin menikmati indahnya pemandangan disepanjang jalan. Satu jam kemudian akhirnya kami sampai diperempatan Kentungan Kaliurang, dari sini kami ambil lurus saja karena akan ke masjid Gede dulu buat menunaikan sholat Ashar.

Ketika melewati Jln. Kaliurang km. 4,5 pandangan kami tertuju pada salah satu plakat/papan nama besar dikiri jalan yang bertuliskan. "KALIMILK". Wow, ternyata tidak sengaja kami menemukan lokasi Kalimilk TKP 1. Padahal pas berangkat ke Merapi tadi aku sengaja jalan sambil tolah-toleh (tengak-tengok) ke kanan-kiri berharap menemukan lokasi kafe ini. Eh, ternyata gak sengaja ketemu lokasinya hehehehhe. Sempet berunding sebentar ma bro Arief dan Manowar akhirnya kami putuskan mampir aja kesini. Sayang sekali kalo kita sudah disini tapi gak mencicipi segarnya susu khas kalimilk ini hehehehehe.





Para neneners antri buat nenen

Jln. Kaliurang

Tapi apa dikata, ketika kami masuk tempatnya lumayan penuh. Oleh mbak-mbak pelayan kafe, kami diharuskan antri dulu. Ketika kami tanyakan kenapa ?. Mbak-mbak itu menjawab kalo lantai 2 lagi direnovasi jadi hanya lantai 1 saja yang digunakan untuk melayani tamu. Akhirnya kami batalkan saja deh, soalnya kalo antri kami dapat urutan ke 6. Masa mau makan dan minum aja harus antri ? hehehehhe. Iya kalo waktunya masih banyak, kalo pas lagi dikejar-kejar waktu gimana ???.

Dengan sedikit rasa kecewa kami bergegas menuju TKP. Jalan Kaliurang lumayan macet siang ini, sampai tangan dan kaki rasanya seperti kram karena terlalu sering nge-gas dan nge-rem. Lepas dari Jln.Kaliurang kami masuk Jln. C. Simanjutak. Dari sini kami ambil arah ke Jln. Jend. Sudirman. Kemudian pas di Tugu Jogja kami belok kiri, ke arah Malioboro. Agak bingung sih awalnya, tapi begitu sampai Tugu Jogja semuanya sudah terkendali hehehehehe.

Sempat salah jalan, akhirnya tepat pukul 14.48 WIB sampai juga kami di Masjid Gede (Agung)  Jogja. Semua yang pernah ke Jogja pasti tahu masjid ini, karena memang yang letaknya yang pas disisi timur alun-alun utara (lor). Selain itu masjid ini juga pernah digunakan buat lokasi syuting salah satu film nasional yang kebetulan disutradarai oleh orang asli Jogja juga.


Gerbang Masjid Gede



Leyeh-leyeh sembari menunggu adzan ashar

Eksterior Masjid 

@Parkir Masjid Gede

Setelah menunaikan sholat ashar dan sembari istirahat, tepat pukul 16.05 WIB kami beranjak menuju Pusat oleh-oleh "Ongko Joyo" buat membeli buah tangan khas jogja terutama Bakpia Pathoknya. Pusat oleh-oleh ini berada di Jln. AIP II KS. Tubun No. 65 Jogja atau sekitar 15 menit dari Masjid Gede (Agung) tadi ke arah menuju Wates.  Ada banyak sih, pusat oleh-oleh disepanjang jalan ini, cuman akunya lebih sering aja mampir kesini. Masalah harga dan rasa sih relatif, tergantung sama pribadi masing-masing. Gak banyak sih oleh-oleh yang kami beli soalnya kami terkendala media storage'nya.


@Bakpia Pathok 25

Bagian depan Toko

Oleh-oleh khas Jogja

Dipilih...dipilih 

Aku hanya beli 2 bungkus Bakpia Pathok saja, bro Arief 3 bungkus Bakpia & 1 bungkus Brem Solo, sedangkan bro Manowar hanya beli 2 bungkus Bakpia saja. Ada 2 kemasan Bakpia yang ditawarkan yaitu kemasan yang isi 15 pcs dan kemasan yang isi 20 pcs. Kalo yang isi 20 dihargai Rp. 25.000,- sedangkan yang isi 15 pcs hanya Rp. 20.000,-.

Kalo untuk yang rasa Keju sedikit lebih mahal yaitu selisih Rp. 5.000,-. Karena terkendala tas, kami terpaksa meminta kardus buat membawa Bakpia ini biar selamat sampai tujuan hehehehhe. Gratis kok, tinggal minta aja kardusnya kepada mbak-mbak pelayan/kasirnya. Tentang Bakpia Pathok sudah saya posting sebelumnya disini.


Suasana didepan +Mirota Batik 


Bro Manowar in action

Mirota Batik

Habis dari sini kami segera menuju ke pusat oleh-oleh lainnya yaitu "Mirota Batik"  di sekitaran Malioboro pas didepan Pasar Beringharjo. Selain di sini, Mirota batik juga buka cabang di Jln. Kaliurang Km. 15,5 Umbulmartani atau 1 km utara Kampus UII (Universitas Islam Indonesia). Cuma aku lebih sering beli disini sih daripada yang di Kaliurang. Selain gampang di jangkau, letaknya juga dekat banget sama pusat kota dan Malioboro. Tempat ini hampir selalu penuh sesak oleh pengunjung apalagi ketika weekend atau musim libur tiba. Bahkan kita harus saling bersenggolan hanya untuk sekedar pilih-pilih barang atau pas mau bayar ke kasir.

Karena letaknya yang berada dikawasan Malioboro tentu saja sangat susah buat mencari tempat parkirnya. Bahkan kita harus antri dengan pengendara lainnya hanya untuk mencari tempat parkir buat si merah maroon. Oh, iya, harga disini adalah harga pas. Jadi buat temen-temen yang pinter nawar sementara skilnya tidak bisa digunakan dulu ya hehehehehehe.

Kalo pengen nawar kita bisa beli di sepanjang Malioboro atau di Pasar Beringharjo. Ada banyak pilihan barang dan kuliner yang dijual disini dari pakaian, makanan, minuman, jamu, lukisan, kerajinan tangan, perhiasan dll.

Setelah mendapatkan buah tangan buat orang rumah, terutama 2 keponakanku yang unyu-unyu, kami segera berangkat ngangkring. Dan tentu saja dimana lagi kalo gak ke Angkringan Lek Man. Wokay bro, Let's go,.............


Lokasi :
Kalimilk Kaliurang
Jln. Kaliurang km. 4,5 No. 99
Jogjakarta

Pusat Oleh-Oleh Ongko Joyo "Bakpia Pathok 25"
Jln. AIP II KS. Tubun No. 65
Jogjakarta

Mirota Batik 
Jln. Achmad Yani No. 9 (Depan Pasar Beringharjo)
Jogjakarta


Next :
 Keluyuran Ber3 @Jogja Part. 6 : Ngangkring Doeloe Nang Lek Man
Previous Keluyuran Ber3 @Jogja Part. 4 : Lanjut Ke Kaliurang Merapi


No comments:

Post a Comment