Aneka Olahan Ikan Air Tawar Di Bendungan Karangkates Yang Menggugah Selera

Aneka olahan ikan tawar kering

Ketika akan ke Blitar dari arah Malang atau sebaliknya anda pasti akan melewati Bendungan ini namanya Bendungan Karangkates ini. Lokasinya berada diperbatasan antara Kab. Malang dan Kab. Blitar atau tepatnya di wilayah Kec. kesamben (Blitar) dan Sumber Pucung (Malang). Jalan didalam area bendungan sering dimanfaatkan oleh para penggguna jalan sebagai jalan alternatif tapi sayang hanya bisa dilalui oleh kendaraan sejenis R2 dan R4 saja. 

Bendungan Karangkates alias Bendungan Ir. Sutami ini dibangun sekitar tahun 1975-1979. Selain berfungsi sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA), bendungan ini juga berfungsi sebagai pengendali banjir, pernyedia saluran irigasi, tempat pembudidayaan ikan dan tempat wisata. Fasilitas di Bendungan Karangkates juga lumayan lengkap seperti : hotel, taman bermain anak, area kuliner, camping ground, wisata mancing, musholla, KM, toilet, pasar ikan, kios souvenir serta tempat parkir yang luas.

Ada banyak kegiatan yang bisa kita lakukan disini seperti : berkemah, wisata air, memancing serta berkuliner ria. Buat penggemar kuliner berbahan ikan terutama ikan air tawar, bendungan Karangkates pokok'e top recomended banget deh. Aneka olahan makanan berbahan udang dan ikan tawar dapat kita temukan disini seperti : mujair, patin, wader, gurami, nila, kutuk, uceng, udang air tawar dll. Dari segi harga juga lumayan murah banget.





Aneka botok'an ikan 

Setiap ke Blitar aku dan keluarga biasanya selalu beristirahat disini sembari memanjakan lidah. Menu yang biasa kami beli adalah : olahan udang yang digoreng kering, ikan patin bakar, ikan mujair goreng pedas dan ikan uceng. Biasanya ibu hanya membawa nasi putih saja dari rumah sedangkan untuk sambel dan lauknya langsung beli dilokasi. Lebih praktis dan ekonomis bray hehehhehehehe.

Selain menu-menu tersebut ada juga botok otak ikan, botok ikan, nasi tiwul, kripik usus ayam, sate bekicot, kripik belut, kripik bekicot, sempol dll. Disini kita bisa juga membeli ikan air tawar segar lho dipasar ikan yang tidak jauh dari bendungan. Salah satu keunggulan ikan disini adalah aroma ikannya tidak berbau tanah dan cukup renyah dilidah, pokok'e luekoh buingit.  

Pasar ikan

Selamat makaaan..............


Catatan :
  • Koordinat lokasi : -8.180864, 112.479752
  • Jarak dari Kota Malang sekitar 40 km sedangkan kalo dari kota Blitar sekitar 50 km.
  • Untuk masuk ke bendungan Karangkates ini kita hanya dikenakan tarif mobil dan motor saja yaitu Rp. 3000.-/R4 dan Rp. 1000,-/R2.



No comments:

Post a Comment