Goes To NODR Memeluk Kelud - Blitar 2016 : Gagal Memeluk Kelud Deh . . . .



Sabtu, 01 Oktober 2016
Setelah event Nusantaride One Day Rally 2016 @Kulon Progo aku dan bolo kurowo absen dulu dibeberapa event Nusantaride sebelumnya diantaranya : NDAY Sapenan Lampung (06-07 Mei) dan NODR Situ Cisanti Jabar (03-04 September) karena terkendala sesuatu hal dan baru pada event NODR Memeluk Kelud ini kami memutuskan untuk berangkat karena kebetulannya lokasinya tidak jauh dari tempat tinggal kami yaitu sekitar 4,5 jam perjalanan.

Kami berangkat pada hari sabtu pada tanggal 01 Oktober 2016 sepulang kerja atau sekitar pukul 13.45 dari Ngoro - Mojosari dengan 5 orang personil yaitu : aku, bro Wayan S Suatiska, bro Manowar, bro Agung Robot dan bro Didik SKYT dengan mengendarai motor masing-masing. Jalur keberangkatan yang kami pilih adalah via Ngoro (Mojosari) - Pacet - Gondang - Wonosalam - Kandangan - Ngantang - Krisik - Ngglegok (Blitar), sedangkan meeting point kami di SPBU Pandan Arum - Pacet.

Tapi ketika memasuki daerah Wonosalam bro Wayan memutuskan mundur karena mengalami sedikit gangguan pada kesehatannya yaitu ndas'e ngelu, wokay bro....titideje. Setelah iku kami nge-gas dengan 4 orang personil melintasi hutan Wonosalam dengan kontur jalan yang sempit serta berkelak-kelok tapi pada beberapa titik jalan sudah dilakukan proses perbaikan dan pengecoran ulang. Wonosalam sendiri terkenal akan daerah penghasil duriannya. Setiap setahun sekali diadakan Festival Durian.


@SPBU Pandan Arum - Pacet

Jln. Jatirejo - Jabung

Jln. Jatirejo - Jabung

Setelah Wonosalam kami kemudian memasuki wilayah Kandangan dan ketika sampai di pertigaan Kandangan kami lalu belok ke kiri untuk menuju ke arah Batu - Malang. Sekitar 1 jam perjalanan kami akhirnya sampai di Bendungan Selorejo - Ngantang. Di daerah Ngantru - Ngantang (sekitar 2 km sesudah bendungan Selorejo) kami berhenti sebentar disebuah minimart untuk melepas lelah sekaligus menunaikan ibadah sholat magrib dulu.

Jalur keberangkatan

Kondisi langit saat itu lagi mendung serta gelap banget dan tak berapa lama akhirnya hujan turun juga dengan derasnya. Meskipun masing-masing membawa jas hujan tapi kami memutuskan untuk menunggu biar hujan reda dulu. Cukup lama juga kami berhenti disini kalo tidak salah hampir sekitar 1,5 jam. Setelah hujan lumayan cukup reda dan kondisi perut sudah lumayan terisi, tepat pada pukul 19.10 WIB kami melanjutkan perjalanan.

Lepas  Wonosalam  (Jln. Jatirejo - Jabung)

Sitirahat @Alfamart Banturejo - Ngantang

Tapi baru 15 menit perjalanan hujan kembali turun sehingga memaksa kami untuk menggunakan jas hujan. Jalan yang kami lewati adalah jalan alternatif Ngantang - Wlingi sehingga untuk menuju ke Blitar kita tidak usah memutar dulu melewati Batu dan Malang. Kondisi jalannya lumayan cukup bagus kecuali didepan PTPN XII Kebun Bantaran dimana kondisinya sangat mengkhawatirkan banget apalagi kalo kita riding pada malam hari dengan kondisi hujan gini.

Banyak lubang-lubang jalan yang menganga dan saat kondisi hujan kita tidak akan bisa membedakan bagian jalan mana yang berlubang dan tidak. Tapi selebihnya kondisi jalan bisa dibilang lumayan bagus meskipun jalannya sangat sempit, berkelak-kelok dan dibeberapa titik tidak ada lampu penerangannya. Setelah riding sekitar 1 jam kami akhirnya sampai di daerah Kali Soso dan memutuskan berhenti di SPBU Soso untuk mengisi bbm.

@SPBU Soso - Wlingi

Berteduh @Warkop Kali Soso - Wlingi

Sembari menunggu hujan reda kami lalu melipir ke sebuah warkop yang tidak jauh dari SPBU. Kami lalu memesan beberapa cangkir kopi hangat. Saat itu waktu menunjukkan pukul 20.00 WIB. Satu setengah jam menunggu akhirnya hujan reda, kami kemudian melipir ke wilayah Kec. Sanan Kulon bukan ke daerah Ngglegok. Lho ?? iya sorry bray berdasarkan voting akhirnya malam ini kami tidak jadi nge-camp ke Bukit Teletubies dan memutuskan tidur dirumah bulek aku saja. Pagi-pagi banget kami akan langsung nge-gas ke lokasi, gak jadi memeluk Kelud deh............hiks.



Tahu lontong khas Blitar


Catatan :
  • Kondisi jalur Ngantang - Wlingi via Krisik lumayan relatif aman dan nyaman. Kondisi jalan : sempit, kelak-kelok dengan kontur jalan lumayan bagus tapi waspadai kondisi jalan didepan PTPN XII Kebun Bantaran (koordinat lokasi : -7.990396, 112.354061) apalagi kalo riding dalam kondisi malam hari dan hujan. Banyak lubang jalan yang menganga dan bisa membahayakan para pemakai jalan. 
  • Kondisi jalan Pacet - Gondang - Jatirejo - Wonosalam bisa dibilang bagus tapi cukup sempit. Waspadai jalan terutama di daerah Pugeran - Karang Kuten karena kondisi jalannya rusak dan banyak lobang.


Next : Goes To NODR Memeluk Kelud - Blitar 2016 : Pesona Bukit Teletubies Blitar




No comments:

Post a Comment