7 Kuliner Halal Di Bali Yang Harus Anda Coba

Bali Culinatry

Bali adalah surganya dunia karena banyak sekali keajaiban alam serta budaya yang bisa kita dapatkan disini. Tapi jangan salah karena Bali juga menyimpan banyak kekayaan akan kulinernya lho. Tapi karena agama mayoritas penduduk Bali adalah Hindu maka pilihan kuliner halal buat kita yang Muslim cukup terbatas tapi bukan berarti kita tidak bisa mencicipi kuliner asli Bali atau kuliner di Bali lho.

Ini adalah beberapa kuliner khas Bali dan kuliner di Bali yang aku rangkum dan sering aku cicipin ketika berpelesir ke Bali. Mungkin corat-coret ini bisa dijadikan rekomendasi ketika kita bingung akan makan apa dan makan dimana dengan status "HALAL". Tentang masalah harga ?? jangan kuatir bray ? gak akan menguras kantong kita dalam-dalam kok. Dan berikut ini listnya :



1. Nasi Jinggo
Dulunya nasi jinggo selalu identik dengan makanan masyarakat ekonomi kelas bawah dikarenakan harganya yang cukup murah yaitu hanya Rp. 1500,-. sebungkus, tapi seiring berjalannya waktu Nasi Jinggo perlahan-lahan mulai naik kelas. Nasi ini sudah tidak lagi dinikmati kalangan ekonomi kelas bawah melainkan masyarakat kelas atas, kaum sosialita bahkan bule sekalipun.

Bahkan sekarang nasi jinggo sudah hadir dibeberapa mall-mall besar di Denpasar dan sekitarnya, tentunya dengan beberapa inovasi terbaru. Tempat yang sering aku datangi untuk mencicipi kuliner yang satu ini adalah di sekitaran Jalan MH. Tamrin dan Setia Budi Denpasar. Tapi harganya sudah tidak jinggo lagi lho ? melainkan sekitar Rp. 3500.-/bungkus.

Nasi jinggo terdiri dari segempal nasi kuning, ayam suwir atau daging sapi suwir, kering tempe dan sambel khas bali tentunya. Kalo di Jawa mungkin mirip dengan nasi kucing gitu sih tapi beda pada penggunaan nasi dan lauknya saja. Warung nasi jinggo biasanya buka pada malam hari atau setelah magrib sampai habis. Pilihan lauknya adalah ayam, sapi. Tapi dibeberapa tempat ada yang menggunakan daging babi. Jadi sebelum makan ada baiknya kita tanya dulu yang mana pake lauk sapi, ayam atau babi supaya lebih aman oyi hehehhehe.

Warung nasi jinggo Setiabudi (depan Bingin Life)

Satu porsi nasi jinggo

Nasi Jinggo
Sepanjang Jln. MH. Tamrin dan Jln. Setiabudi
Denpasar - Bali
Koordinat lokasi : -8.652846, 115.208633



2. Nasi Belayu Sambal Matah "Men Kasih"
Kalo kuliner yang satu ini wajib hukumnya buatku hehehhehee. Warung yang terletak dijalan utama menuju ke Bedugul dari arah Alas Kedaton (daerah Belayu) ini hampir selalu ramai oleh pengunjung terutama pas jam-jam makan siang. Tak jarang sekitar siang hari warung ini sudah tutup karena habis terjual.

Kakak aku lah yang pertama kali mengenalkan aku kepada kuliner yang satu ini. Setiap pulang kerja dia selalu membungkus untuk dimakan dirumah. Nasi belayu sambal matah memiliki komposisi : nasi putih, sayur kuah bening berbahan touge, ayam suwir (irisan ayam), tum (botok) jeroan ayam dan sambal matah (mentah). Sambal matah sendiri terdiri dari : irisan bawang merah, daun jeruk, cabai rawit, minyak goreng, terasi bakar, bawang putih serai, gula pasir serta garam.

Selain dapat langsung makan disini, kita juga bisa membungkusnya untuk dimakan dirumah atau dikantor. Tapi supaya rasa sayur dan sambalnya tetap segar sebaiknya tidak disimpan lebih dari satu hari. Warung nasi belayu ini buka setiap hari pada pukul 10.00 WITA - Habis (sekitar pukul 16.00 WITA). Tapi kadang sebelum pukul 15.00 WITA sudah sold out. Pada Januari 2015 harga per-porsinya sekitar Rp. 12.000,-. Kalo sekarang mungkin sudah naik.

Warung nasi belayu "Men Kasih"

Satu porsi nasi belayu 

Warung Nasi Belayu Sambal Matah "Men Kasih'
Jln. Raya Mengwi - Kediri
Desa. Belayu, Kec. Margarana, Kab. Tabanan Bali
Telp. 081.338.456919
Koordinat lokasi : -8.516871, 115.169027



3. Ayam Betutu 
Kalo yang satu ini pasti kita sudah pernah melihatnya ketika melintasi jalur Gilimanuk - Negara - Denpasar. Yups, karena disepanjang jalur tersebut terutama dari arah Pelabuhan Gilimanuk sampai ke Pertigaan arah Denpasar dan Singaraja memang banyak berjejeran warung-warung yang menjadikan ayam betutu ini sebagai menu andalan.

Ayam betutu adalah ayam utuh yang dilumuri dengan bumbu pedas khas Bali kemudian dikukus dalam api sekam. Biasanya disajikan dengan nasi putih, sambal matah, kacang tanah goreng serta plecing kangkung yang sueper pedas. Menurut temen kerja aku yang asli Bali, ayam betutu bikinan "Men Tempeh" lah yang cukup terkenal dan enak. Lokasinya juga berada di sekitaran pasar Gilimanuk gitu.

Tapi aku sendiri tidak pernah makan disana melainkan di warung ayam betutu "Bu Lina", maybe next time saja ??. Ayam betutu biasanya dijual dengan 3 pilihan menu yaitu : 1 ekor, setengah ekor dan per porsi. Untuk ukuran harga memang sedikit agak mahal terutama buat orang kebanyakan yaitu Rp. 30.000,-/porsi. Tapi menurutku masih sebanding dengan rasa dan kelezatannya. 


Warung ayam betutu "Bu Lina:

Satu porsi ayam betutu

Warung Ayam Betutu "Bu Lina"
Jln. Mutiara dekat pasar Gilimanuk Bali
Koordinat lokasi : -8.168481, 114.436185



4. Bakso Ayam
Bakso biasanya memang identik dengan bakso sapi. Tapi saat jalan-jalan ke pinggiran Denpasar, aku tertarik dengan sebuah plakat besar bertulisakan "Bakso Ayam". Karena rasa penasaran dan mumpung perut juga lagi kosong akhirnya aku melipir kesini saja. Mungkin bakso ayam ini ada soalnya sebagian masyarakat Bali masih memegang tradisi anti makan daging sapi karena sapi sudah dianggap Dewa oleh mereka.

Sekilas warna bola baksonya memang terlihat lebih putih jika dibandingkan dengan bakso berbahan daging sapi. Rasanya pun sekilas mirip sosis ayam hehehhehehehe tapi pastinya lebih gurih yang satu ini karena ada kuahnya. Jadi kalo penasaran datang saja ke Bakso Pandawa Malang di Jln. Imam Bonjol. Selain bakso ayam disini juga tersedia bakso daging sapi lho.

Oskab maya 

Bakso Pandawa "Malang"
Jln. Imam Bonjol  Denpasar.
Koordinat lokasi :



5. Warung Italia
Warung Italia ??? Emang di Italia ada warung ya ?? hehhehehehehe. Santai saja bray ini bukan warung yang berada di Italia sana melainkan sebuah kedai sederhana yang menjual aneka makanan dan minuman yang berasal dari Italia. Dan untuk kesana kita hanya perlu datang ke Jln. Kunti I No. 02 Seminyak - Kuta Bali. Lokasinya berada di belakang Warung Made's - Seminyak.

Disini kita bisa memanjakan lidah dengan kuliner khas negeri pizza  seperti pizza, lasagna, salad, spaghetti, macaroni schotel, gelato, cappucino, espresso dll dengan harga ala warung alias murah bingit. Yang cukup unik adalah kita bisa melihat langsung bagaimana proses pemangganganya. Ada sedikit catatan jika kita memesan pizza : sebaiknya tanya dulu kepada mbak/mas pelayannya tentang komposisi pizza yang akan kita pesan. Takutnya karena sok tau atau sungkan bertanya ternyata kita salah order  pizza yang ada hamnya (daging babi) hehehehehhe.

Rasa pizzanya bener-bener khas Italia banget karena memiliki tekstur yang renyal, kenyal serta aromanya yang cukup menggugah selera. Bentuk fisik pizzanya beda banget dengan pizza yang dijual di Indonesia kebanyakan karena pizza di Indonesia mengacu pada American Pizza dengan bentuk adonan roti lebih tebal dan memiliki topping dengan berbagai macam aneka rasa. Bahkan bro Agung "Foo" yang kurang begitu doyan pizza tak sungkan-sungkan untuk nambah lagi hehhehehehe.

Meskipun ala warung tapi penyajian dan suasananya gak kampungan banget lho. Banyak wisatawan lokal dan wisman yang berkunjung disini.. Cocok banget buat tempat menghabiskan waktu bersama keluarga, pacar atau sahabat. Warung ini dikelola langsung oleh bule yang berkebangsaan Italia. Bule-nya cukup ramah dan kadang-kadang dia sendiri yang melayani langsung pelanggannya. Untuk harga sih cukup sebanding dengan kelezatannya yaitu sekitar 70-100 ribu/pan. Warung Italia buka setiap hari dari pukul 07.00 - 23 WITA.


Cappuccino aseli dari warung Italia

Pizza ukuran sedang

Warung Italia
Jln. Kunti No. 02
Seminyak - Kuta Bali
(0361) 737437
Koordinat lokasi : -8.688718, 115.168106



6. Nasi Pecel Rogojampi
Bagi yang kurang doyan masakan khas Bali terutama yang berasal Jawa Timur mungkin anda bisa datang disini. Warungnya memang cukup sederhana (warung kaki lima) dan berada dipinggir jalan raya Jln. WR. Soepratman. Kalo dari perempatan Gatsu Barat sekitar 1 km ke arah Gianyar. Meskipun begitu rasanya gak kalah kelas dengan restoran tapi harganya sangat bersahabat banget dengan kantong kita-kita.

Ada banyak pilihan menu makanan seperti : nasi campur, nasi pecel rogojampi, kare ayam, otok-otok ati pelo dan ada juga ayam betutu lho hehehehhe. Harganya pun cukup murah dan cocok buat ukuran anak kuliahan, pelajar sekolah, rumah tangga, bacpacker, bikepacker serta karyawan swasta. Hampir setiap pagi warung ini selalu ramai didatangi oleh pembeli.

Setiap melintasi jalur ini aku selalu menyempatkan diri untuk mampir ke warung ini. Kalo aku hitung sudah 3 kali aku makan terutama pas sarapan pagi. Jadi kagak usah kuatir kalo pas ke Bali tiba-tiba ngidam masakan Jawa Timur'an hehehehehhe. Salam keluyurers . . . . . . . .

Warung Pecel Rogojampi

Murah meriah tapi enak diperut hehehhehehe

Warung Nasi Pecel Rogojampi
Jln. Jln. WR. Soepratman 279 Kesiman Kertalangu
Denpasar - Bali
Koordinat lokasi : -8.636549, 115.255295



7. Nasi Ayam Kadewatan
Sekilas komposisinya mirip dengan nasi campur di Jawa Timur tetapi yang sedikit membedakannya adalah ada campuran : lawar (urap-urap), irisan telor setengah, sate lilit dan sambah matah khas Bali. Kesemuanya itu kemudian di olah dengan bumbu genep khas Bali yang kaya akan rempah-rempah.Ada 2 pilihan menu yang ditawarkan yaitu nasi ayam campur dan nasi ayam pisah.

Warung nasi ayam yang cukup terkenal adalah Nasi Ayam Kedewatan "Ibu Mangku" yang berlokasi Desa Kedewatan, Kec. Ubud, Kab. Gianyar. Lokasi berada pas dipinggir jalan raya menuju Ubud. Suasananya cukup asri dan nyaman sehingga cocok banget buat kulineran sambil refreshing bersama sahabat, pacar atau keluarga. FYI : selai di Ubud, nasi ayam Kadewatan juga membuka cabang di Denpasar dan Kuta.

Nasi ayam Kadewatan campur (courtessy : www.piesusubliman.com)


Nasi Ayam Kadewatan "Ibu Mangku"
Jln. Jalan Raya Kedewatan, Kedewatan, Kabupaten Gianyar, Bali 80571
(0366) 974795
Koordinat lokasi : -8.483674, 115.246582

No comments:

Post a Comment