Touring Sambil Berwisata Kuliner ???, Kenapa Tidak ?? (Episode Jawa Timur Bag. II)

Setelah merasakan kelezatan kuliner di wilayah Kediri, Blitar dan Malang sekarang aku akan menulis tentang kuliner yang berada di daerah Sidoarjo, Pandaan dan sekitarnya. Tapi tidak semua kuliner yang ada didaerah tersebut aku tulis. Melainkan hanya beberapa saja yakni yang menjadi ciri khas atau yang kebetulan pernah aku icip-icip saja. Dan berikut ini corat-coretku :

  • Sidoarjo
1. Lontong Kupang "Pak Samat"
Lontong kupang memang berasal dari Sidoarjo sehingga tidak terlalu sulit untuk mencari dimana lokasi lontong kupang berada. Karena hampir disetiap sudut kota Sidoarjo pasti ada warung yang berjualan kulier berbahan dasar kerang-kerang kecil ini.

Tapi menurut saya warung yang cukup enak dan murah adalah Lontong Kupang "Pak Samat" di Candi Sidoarjo. Lokasinya berada ditepi jalan raya gitu, jadi kalo dari arah Malang kira-kira 500 meter sesudah kampus UMSIDA Candi  (Univ. Muhammadiyah) pada sisi sebelah kanan jalan. Untuk lebih lengkapnya baca disini.

Lontong kupang


2. Angkringan Begog
Angkringan ini mengusung konsep yang sama dengan angkringan di kota asalnya sana yaitu Jogja. Mulai dari rombong, anglo serta aneka menu makanan dan minuman. Warung angkringan yang sering aku datangi adalah Angkringan Begog yang berada di dekat alun-alun Sidoarjo. Selain disini angkringan begog juga buka cabang di lingkar barat sidoarjo (dekat samsat lama).

Setiap mampir kesini aku selalu menghabiskan minimal 3 bungkus nasi kucing. Untuk pilihan lauknya ada macam-macam seperti : tahu bacem, tempe bacem, sate telur puyuh, sate jeroan, ceker, kepala ayam dll. Saat yang pas untuk ngangkring disini adalah ketika malam menjelang. Angkringan Begog buka setiap hari dari pukul 16.00 - Dini hari.

Sego Kucing & Kopi Joss


3. Ceker Lapindo "Mbak Nik"
Entah kenapa sekarang olahan makanan yang berbahan dasar ceker ayam banyak peminatnya terutama ceker pedas. Untuk menarik pembeli si penjual bahkan sengaja memberi nama menunya dengan kata-kata yang cukup unik seperti : ceker mercon, ceker setan, ceker lapindo dll. 

Tapi yang menurut saya pedasnya juara adalah ceker lapindo warung "Mbak Nik" yang berada PKL Amigos Jln. Dr. Soetomo atau dekat alun-alun Sidoarjo (sebelah selatan LP Sidoarjo). Ada banyak pilihan rasa yang ditawarkan seperti : ceker lapindo (original), asam manis, saos mertega, balado, ceker gulai, rica-rica, mertega pedas & ceker sop.

Ceker Lapindo (original)

Awas sedia tissu dulu sebelum menyantap

Saat pertama kali dihidangkan kesan pedas dan wangi sudah terasa apalagi diatas ceker ada taburan irisan lombok merah. Puncaknya adalah saat kita memakannya dan pedasnya langsung menusuk hati bray. Bahkan hanya dalam beberapa menit saja keringat kami (aku, Agung "Foo" dan Arief "Lifo) sudah bercucuran. Kalo menurut aku harganya sedikit agak mahal apalagi buat bikepacker seperti kami.

Satu porsi Ceker Lapindo (14.000), Nasi Putih (3500), Es Jeruk (4000) dan Kerupuk (2500). Ceker Lapindo buka setiap hari kecuali hari senin dari pukul 09.30 - 21.00 WIB. Selain di sini, ceker lapindo buka cabang di Perum Magersari Permai Blok. H-14 Sidoarjo. Telp : 085 958 93 6660 & 081 330 154 235.

4. Tauwa
Sebenarnya kuliner ini cocok kalo dinikmati di wilayah Pandaan dan sekitarnya karena memiliki suhu yang cukup sejuk tapi sayang tidak ada orang yang berjualan sehingga kalo pas kepengen kami harus pergi ke Sidoarjo dulu.

Tauwa merupakan kuliner yang berasal dari daratan tiongkok. Sekilas bentuknya menyerupai puding dengan warna putih susu & memiliki tektur lembut. Tauwa terbuat dari kembang tahu, kacang kedelai dan campuran kuah jahe sehingga rasanya langsung hangat ketika disantap. Lokasinya berada di Perempatan Ramayana Sidoarjo ke arah Alun-Alun. Dari perempatan hanya berjarak sekitar 200 meter saja pas didepan tukang jahit/permak pakaian. Harga per-porsinya cukup murah yaitu  hanya Rp. 5000,- saja.


Tauwa



  • Pandaan


1. Warung Lesehan "Pak H. Sholeh"
Tidak lengkap rasanya jika anda berkunjung ke kota kelahiranku Pandaan tapi tanpa mencicipi lezatnya "Ayam Goreng Pak Sholeh". Lokasinya berada di Desa. Tunggul Wulung, Kec. Pandaan, Kab. Pasuruan. Kalo dari Perempatan Pandaan ambil arah menuju ke Bangil. Kira-kira 1 km sesudah pombensin Kutorejo ada sebuah pertigaan (pas dipojokan ada Alfamart). Belok kanan lalu ikuti saja jalan tersebut sampai ketemu lokasinya.

Monggo dibadok hehhehehehe

Ramai saat bulan ramadhan

Menu andalan warung lesehan ini tentu saja ayam goreng/bakar dan es beras kencur. Tapi kita juga bisa mencicipi menu lain seperti : gurami bakar/bakar, bebek goreng/bakar, Bandeng goreng/bakar, udang crispy, mujaer goreng/bakar, tempe penyet serta tempe/tahu bacem.

Meskipun ukurannya kecil tapi rasanya cukup renyah dan gurih. Harga per-ekornya sekitar 45 ribu rupiah. Pada setiap weekend atau bulan puasa warung ini selalu dipadati oleh pembeli. Ayam goreng "Pak Sholeh" buka cabang :  di Karangploso - Malang (0341-468005), Tongas - Probolinggo serta di Jalan ByPass Mojokerto.

2. Kepiting Cak Gundul 1992
Warung kepiting Cak Gundul berada di tepi jalan raya Surabaya - Malang  Km. 48 atau sekitar 400 meter dari Masjid Cheng Hoo. Menu andalannya adalah olahan daging kepiting. Tapi selain olahan kepiting, kita juga mencicipi menu lain seperti :  udang, kerang serta cumi-cumi. Utuk ukuran harga kalo menurutku tergolong agak mahal hehehhhehehe.

Meskipun aku kelahiran Pandaan tapi baru sekali ini aku mencicipi olahan kepiting Cak Gundul. Itupun aku bungkus trus dimakan bareng-bareng dengan keluarga dirumah. Kalo keseringan takutnya entar tekor hehehhehehe. Kebanyakan pengunjungnya memang berasal dari luar kota seperti Surabaya, Malang, Mojokerto dan sekitarnya.

Kepiting Cak Gundul Pandaan

Tak jauh dari warung kepiting Cak Gundul ini ada juga rumah makan milik beliau lainnya tapi mempunyai spesialisasi khusus menu Botok'an. Lokasinya berada pas di depan Tempe Penyet "Bu Kris". Selain di Pandaan Kepiting Cak Gundul juga buka cabang dibeberapa kota lainnya seperti : Malang, Surabaya, Jogja, Jakarta, Semarang dll.

3. Lontong Kupang
Selain di Sidoarjo, di Pandaan juga ada Warung Lontong Kupang yang cukup menggugah selera dan selalu dikinjungi para penikmatnya. Warung ini berada di tepi Jalan Raya Surabaya - Malang pas disebelah IBC (Ikan Bakar Cianjur). Hampir setiap malam hari warung sederhana ini selalu dipadati oleh pembeli.

Meskipun buka-nya pada sore menjelang malam tapi kadang-kadang hanya beberapa jam saja dagangannya sudah sold out alias habis. Teman yang pas saat menikmati Lontong Kupang adalah kerupuk kupang dan segelas es degan (kelapa muda). Konon es degan memiliki khasiat untuk menetralisi racun yang terdapat dalam tubuh dan juga sebagai obat alergi. Untuk lebih lengkapnya baca disini saja bray hehehehhe.

Sang bapak tua penjual kupang


4. Gubug Makan Mang Engking
Jika anda penggemar makanan laut dan sekaligus pengen merasakan bagaimana suasana pedesaan maka datang langsung saja ke Gubug Mang Engking. Lokasinya berada di Dusun Bakalan, Desa Duren Sewu, Kec. Pandaan. Kalo dari Taman Dayu berjarak sekitar 2 km sedangkan kalo dari Pemandian Telaga Sewu hanya berjarak sekitar 800 meter.

Selamat datang @Mang Engking 

Gurame asam manis, udangsaus tiram & ayam goreng



Begitu masuk kedalam kita akan disuguhi dengan pemandangan alam pegunungan yang cukup indah. Tampak beberapa gazebo berdiri indah diatas kolam air tawar. Fasilitasnya juga cukup lengkap seperti : musholla, arena bermain, tempat terapi ikan dll. Menu andalannya adalah : Gurame, Udang dan Kepiting. Tapi olahan makanan berbahan dasar daging ayam juga ada.

Gubug Mang Engking sangat cocok buat tempat acara keluarga atau reunian gitu. Menurut aku waktu yang pas untuk datang kesini adalah ketika malam hari pas langit lagi cerah-cerahnya. Suasananya romantis abies bray apalagi kita datang bersama pasangan hehehhehehe.

5. Warung "Biroe"
Kalo warung yang satu ini harganya cukup bersahabat buat anak kost'an hehehhehehehe. Lokasinya berada didaerah Plumbon dekat Pabrik Infus Widatra atau jalan stadion. Kalo dari arah Pasar Pandaan sebelah kanan jalan. Ciri-cirinya adalah cat warung didominasi oleh warna biru laut.

Menu yang ditawarkan cukup bervariasi dari nasi rawon, nasi sayur bening, nasi pecel, nasi campur, nasi lodeh, nasi sop, nasi krengsengan dll. Hampir pada setiap pagi dan waktu makan siang warung ini selalu dipadati oleh pembeli yang kebanyakan berasal karyawan pabrik karena memang lokasinya dekat dengan beberapa pabrik.



Nasi rawon : menu favoritku


6. Bebek Goreng "Saudara"
Bebek yang satu ini pokok'e top recomended banget deh. Daging bebeknya yang empuk serta cukup besar trus ditambah sambalnya yang mantap selalu bikin mupeng. Untuk sambalnya ada 2 macam yaitu : sambal ijo dan sambal merah. Kalo sambal merah lebih pedas jika dibandingkan dengan sambal ijo. Lokasinya : di depan Pabrik Aneka Tuna Indonesia (ATI) Ngetal Gempol atau tepatnya Jln.  Raya Surabaya - Malang Km. 38 Gempol. Kalo dari arah Malang ada disisi kiri jalan.

Meskipun menu utamanya adalah nasi bebek goreng tapi warung ini juga menyediakan nasi ayam goreng. Bebek "Saudara" buka cabang di Taman Dayu Pandaan. Kalo datang kesini (warung bebek depan ATI) usahakan pagi atau siang hari sebab kalo sudah sore atau malam hari biasanya bebek gorengnya sudah habis. Tapi jangan kuatir bray karena anda bisa putar balik menuju ke Food Terrace Taman Dayu Pandaan sebab stock disana biasanya masih ada.



Menu makanan & minuman

Bebek maknyuss


Next : Touring Sambil Berwisata Kuliner ???, Kenapa Tidak ?? (Episode Jogja & Jawa Tengah)
Previous : Touring Sambil Berwisata Kuliner ???, Kenapa Tidak ?? (Episode Jawa Timur Bag. I)

No comments:

Post a Comment