Keluyuran ber3@Bali Part. 1 : Bali Bali Bali

Kamis, 20 September 2012 Pukul 15:30 WIB
@factory via FB Messenger


Arief : bhe mau ke Bali nggak?
Aku : kapan ? *sedikit terkejut*
Arief : besok berangkat, kira-kira sih sorean berangkatnya
Aku : kok mendadak banget. emangnya dalam rangka apa nih?
Arief : iniloh ada misi rahasia :D (kayak FBI aja ), ortuku barusan beli mobil disana,  trus rencananya mau dibawa ke sini gitu. kita berangkatnya naik bus malam aja ? gimana ??
Aku : ow gitu to. gimana yah?  *sambil mikir*. sama siapa aja sih ? trus sampai kapan disana ?
Arief : agung dah aku hubungi, tapi dia minta ijin ma istrinya dulu  ? kayaknya sih di ijinin ?. pokok'e senin dah nyampe rumah bhe, sabtunya kan bisa jalan-jalan nih kita. gmana ?
Aku : gini aja, aku sih mau-mau aja. tapi liat ntar ya, aku tak minta ijin dulu ma pak boss. besok aku kabari lagi deh, ok...
Arief : ok
Aku : siipp hehehehehe

Itu adalah sekelumit percakapan kami. Bagai mendapat durian runtuh sih, gimana enggak ?? nggak ada angin nggak ada hujan eh tiba-tiba ditawarin pergi ke Bali. Sebenarnya sih, aku sering kesana, dalam setahun itu bisa sampai 2x kesana. Kalo gak pas moment lebaran ya pas liburan natal & tahun baru. Tapi gak tau knapa koq moment ini kayaknya terlalu sayang untuk dilewatkan begitu aja. Bagiku Bali tuh menyimpan keunikan dan cerita tersendiri,  gak ada bosan-bosannya buatku ntuk menjelajahi Bali yang sesungguhnya.

Yang kagak bisa aku lewatkan adalah hunting spot kuliner khas bali (tapi tentu saja yang halal), foto-foto & menikmati pantainya bro, so exotic. Awesome banget deh pokok'e. Dan yang lebih special lagi adalah untuk kali pertama ke sininya bertiga ma sohibku, komplit. Kalo ma Agung sih dah 2x ini aku kesana. Pertama solo touring pake Honda Kharisma sekitar Juni 2007 dan yang kedua adalah backpacker alias ngecer coy sekitar maret 2009. Tapi klo bertiga ma mereka, baru kali ini kita kesana. Bali, I'm coming (again)...


Hari Pertama
Jumat, 21 September 2012

Akhirnya ijin cutiku di acc juga ma pak boss. Thank boss hehehehehe. Pulang gawe jam 15.00 WIB, kuda besiku langsung ku geber menuju rumah. Sampai disana, aku langsung mengepak segala sesuatu yang aku butuhkan selama disana. Ahh, kagak banyak sih, cuman perlengkapan mandi, parfum, baju 2 stel, celana surfing, CD dan sandal jepit.

Tak ketinggalan juga baterei BB cadangan hehehehehe, maklumlah kalo gak ada BB ntar kagak bisa narsis, update status & GPS dong. Setelah packing, aku mandi, sholat ashar, ngopi bentar trus cabut deh. Tapi sebelumnya pamitan dulu ma Ebes (Bapak) & Memes (ibu), biar perjalanannya kita lancar sampai tujuan.

Untuk perjalanan ini kita berangkat menggunakan jasa bus malam Gunung Harta. Per orang kena biaya Rp.120.000,- *sedikit nego sih ma abangnya* maklumlah kan udah langganan. Busnya berangkat dari Surabaya sekitar jam 17.00 WIB jadi kita harus standby di agen bus paling lambat jam 17.30 WIB soalnya bus yang kita naiki ini bus 1 jadi kemungkinan sampai bangil sekitar jam 18.00 WIB gitu deh (kalo lancar sih). Aku dan Arief berangkat dari pandaan sedangkan temen kami bro Agung berangkat dari Gempol.

Kita janjian ketemuan di agen bus Bangil pada pukul 17.30 WIB. Pukul 17.00 WIB mobil Kijang kapsul warna silver mengantar kami ke Bangil. Sampai sana,  kira-kira jam 17.25 WIB. Disana rupanya temen kami Agung juga baru sampai. Aku segera lapor ke abang agen bus buat konfirmasi kalo kita bertiga sudah siap buat take off ke bali.

Rupanya bus yang akan mengantar kami agak sedikit terlambat dikarenakan jalan sekitar lapindo sedikit macet (padat merayap). Maklumlah, sejak ada bencana lapindo lalu lintas disini selalu macet. Bayangkan saja perjalanan dari surabaya-pandaan yang biasanya biasa ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam tapi sejak ada bencana lapindo bisa memakan sekitar 2-3 jam gitu kalo kondisi macetnya bener-bener parah.

Ngobrol sambil menunggu Bus
Setelah menunggu lama, akhirnya busnya datang juga tepat pukul 18.50 WIB. Kami segera masuk dan duduk sesuai dengan No. kursi bus yang kita booking. Kami duduk di no. kursi 7A, 7B & 7C. Posisinya dibelakang dekat pintu bus dan pas didepan toilet.

Sebenarnya itu bukan posisi kursi yang aku booking sih, tapi mau gimana lagi soalnya pesen tiketnya mendadak sih dan dikejar-kejar waktu juga soalnya senin kita semua pada kembali beraktifitas. So akhirnya kita ambil aja deh no. kursi itu. Yang penting kita hari ini berangkat ke Bali.

Tepat pukul 18.52 WIB bus bergerak perlahan meninggalkan bangil menuju tempat tujuan, bali. Ternyata didalam bus kursinya banyak yang kosong, kursinya terisi sekitar 65% saja. Wah, tau gitu kita langsung bayar aja diatas bus nih (nembak tiket),  nego paling cuman kena 90-100'an ribu gitu. Tapi tentu saja naiknya gak di agen atau dideket-deket situ, minimal radius 5 km hehehehehe. Klo gak bisa-bisa didamprat ma pemilik agen tiketnya nih :D. Klo nembak sih biasanya dari halte bus atau tempat yang sering digunakan untuk naik-turunnya penumpang (kagak mesti di halte lho). Kalo di Bangil biasanya  sih di daerah Swadesi.

Tapi syaratnya jangan pas musim liburan dan  lagi bawa barang banyak, dijamin anda bisa-bisa gagal berangkat. Kalopun jadi berangkat pasti kursi nya gak senyaman hari biasanya. Satu lagi : kudu sabar menanti ya hehehehehehe. Perjalanan Bangil - Denpasar memakan waktu sekitar  9-10 jam, itu sudah termasuk lama penyeberangan ke selat Bali. Kalo waktu menyeberang dari pelabuhan ketapang-pelabuhan Gilimanuk sendiri kira-kira 45-60 menit.

Satu yang yang gak bisa dilewatkan pada perjalanan malam ini adalah melihat indahnya PLTU Paiton pada malam hari, kueren pol dah pokok’e. Sekilas mirip dengan suasana kapal Titanic. Lengkap dengan cahaya lampu dan cerobong asapnya. 

PLTU Paiton Probolinggo
Tapi sayang sekali moment ini harus kami liat dari dalam bus *hiks*. Setelah Paiton, kita melewati daerah Besuki, Pasir Putih terus Situbondo. Oh ya, di Besuki ini ada SPBU yang tempatnya itu asyik banget buat istirahat. Banyak kendaraan pribadi, bus-bus atau rombongan touring melepaskan lelah disini. Namanya SPBU Utama Raya.

Fasilitas disini lengkap banget, mulai dari penginapan, masjid, cafe, Restoran, atm, minimarket dan toilet. untuk toiletnya bener-bener bersih banget bro, bahkan ada toilet air hangatnya. Cukup dengan Rp. 5000,- aja kita dah bisa menikmati segernya mandi air hangat disini.

Setiap touring ke bali aku pasti selalu menyempatkan istirahat disini, ya sekedar melepas lelah sambil mereguk secangkir kopi hangat sebelum melanjutkan perjalanan lagi. Back to the topic. Bus terus meluncur menuju Situbondo. Selepas dari Situbondo masalah menimpa kami, bus yang kami tumpangi ban belakangnya bocor. Terpaksa deh harus menepi sebentar guna diganti dengan ban cadangan. Daripada manyun didalam bus, keluar ah sekedar cari udara segar. "bhe, mana kameranya ?" tanya aku ke lifo. "ini bhe, buat apa sih ?" tanya lifo. "biasa" jawabku. hehehehehehe.

Narsis dulu ahh....

bro Agung 

Sekitar 30 menit'an ganti ban (nge-ban), bus akhirnya berangkat lagi. kami semua segera masuk kedalam bis dan berharap agar segera sampai ke rumah makan peristirahatan hehehehehhehe, maklumlah perut aku sudah keroncongan dari sore tadi, sebenarnya ada sih roti yang dikasih oleh pihak armada bus dan juga yang dibawa oleh temen kami Ariel 'Lifo'. Tapi maklum orang jawa brow, kalo belum makan nasi masih aja lapar hehehehheheehe, roti hanyalah pemadam kelaparan sementara aja buatku.

Tepat pukul 23.43 WIB akhirnya sampai juga bus kami di rumah makan peristirahatan. Langsung aja aku tancap gas menuju toilet dulu hihihihi sementara temen aku, Arief dan Agung masih malas beranjak dari peraduannya. Abis dari toilet aku menuju tempat makan. Menunya sih gak terlalu spesial, ya ? seperti menu rumah makan peristirahatan pada umumnya sih. Ada sayur, ayam goreng dan minumnya teh hangat. kalo untuk menu yang lainnya ada sih, tapi kena charge. Soalnya kan itu gak termasuk didalam tiket bus.

Sambil menunggu Agung dan Arief dari toilet, iseng-iseng kubuka GPS di BB. Pengen tahu aja, sekarang posisi kita lagi dimana ya ??. maklum letak rumah makan ini kelihatannya agak jauh dari kampung penduduk dan disekitarnya masih ditumbuhi pohon-pohon tinggi gitu dan lagian suasananya pas malam banget. Oh, ternyata posisi kita sekarang ada di Jalan Raya Situbondo-Banyuwangi, tepatnya di Kec. Sumberanyar Situbondo Jawa Timur. Thank's to my BB GPS.

Setelah temen kami agung dan lifo selesai dari toilet, kami bertiga segera menuju tempat prasmanan, tapi sebelumnya ambil kupon makan dulu dikondektur busnya. Kesempatan ini tak kulewatkan begitu saja. Nasi porsi besar, ayam goreng 2 pcs dan segelas teh hangat cukup buat memadamkan kelaparan malam ini *yumi* hehhehehehe. Kata pak Bondan, mak nyoos.  Temen kami tergeleng-geleng melihat porsi besarku malam ini, mereka menyebutnya "portugal - porsi ugal-ugalan". Sorry bhe, malam ini bener-bener lapar banget koncomu (temen) iki.

Setelah kita bertiga melahap santapan malam ini, kami pun segera menuju ke bus. Perjalanan siap dilanjutkan lagi. Tepat pukul 00.15 WIB bus berangkat kembali menuju tujuan selanjutnya, Pelabuhan Ketapang Banyuwangi. Perjalanan menuju pelabuhan ketapang kira-kira ditempuh 1-2 jam'an. Karena perut kami sudah terisi penuh, mata kami pun terasa berat dan akhirnya zzzzz.....zzzzzzz. Karena ngantuk berat, kami pun gak sadar klo sekarang posisi bus sudah ada di atas kapal roro yang berada ditengah-tengah selat Bali menuju ke pelabuhan Gilimanuk.

Kayaknya ombak malam ini lumayan besar banget, terasa banget bus kami oleng. Sebenarnya aku pengin sih keluar sebentar dan melihat indahnya selat bali dari anjungan kapal, tapi kayaknya mata ini dah gak bisa diajak bekerja sama *menguap*. Kedua temen aku pun juga sudah terbuai oleh mimpi. Kira-kira mimpi apa ya mereka ? jangan-jangan mimpi ke Bali nih hehehehhehehe.


Hari Kedua
Sabtu, 22 September 2012.
Selamat pagi Bali,..
Saat terbangun waktu sudah menunjukkan pukul 06.35 WITA (Waktu Indonesia Tengah). Btw, selisih antara WIB dengan WITA adalah 1 jam. Jadi kalo di Jawa pukul 05.35 WIB maka di Bali Pukul 06.35 WITA, artinya satu jam lebih cepat waktu Bali

On the bus, Me & Agung 'Foo'

Bro Arief  'Lifo'

Perjalanan dari Pelabuhan Gilimanuk ke Denpasar ditempuh kira-kira 3 jam. Bus nantinya akan berhenti di Pemberhentian terakhir yaitu terminal Ubung, Denpasar. Kita pun juga akan berhenti disana, sebelum perjalanan dilanjutkan ke Gianyar. Oh ya, di terminal Ubung nanti kita akan dijemput oleh Bapak Oka (dibaca 'okαΊ½'). bapak Oka adalah anak buah dari bapak temen kami, bro Arief.

Tepat pukul 08.08 WITA, bus kami memasuki terminal Ubung, Denpasar. Segera kami bertiga turun dan menuju ruang tunggu keberangkatan untuk menemui bapak Oka, guide kami ke gianyar hehehehehhehe. Tak lupa aku memberi kabar ke kakak yang berdomisili di Bali juga. tepatnya didaerah Kediri, Tabanan kalo aku sudah sampai disini dengan selamat.

Setelah mencari-cari, akhirnya kami ketemu juga sama bapak Oka. Bapak Oka itu nantinya yang akan mengantar kita ke gianyar dan mencarikan hotel buat kami bertiga. Sempat ngobrol sebentar bapak Oka langsung mengajak kami ke tempat parkir. Mobil inilah yang akan kita bawa ke Jawa nantinya, Toyota Starlet warna Hitam tahun 1989. Seneng sekali kami bertemu beliau, dia itu orangnya grapyak (gampang akrab) dan lucu. Dia bisa mengimbangi omongan anak muda kayak kita-kita gini hehhehehehehe. Sebelum itu, dia mengajak kami sarapan dulu. Wah, ide bagus pak, kayaknya perut ini minta diisi lagi nih hehehehhehe.

Dia mengajak kita makan nasi pecel Rogojampi di daerah Kesiman Kertalangu Denpasar. Warungnya sih sederhana, tapi masakannya sedep banget brow. Banyak juga orang-orang kantoran, ibu-ibu rumah tangga dan anak kuliah'an yang menyempatkan sarapan disini dulu sebelum beraktifitas. Makannya di warung pecel, tentu saja menunya ya nasi pecel juga plus kopi panas. Tapi kok ada yang aneh sama kopinya ya ? airnya gak penuh, hanya separuhnya aja. Wah, pemilik warung ini pelit banget sih kata temenku Agung.

Cara menyajikan kopi di sini (Bali) itu memang kebanyakan kayak gitu, dia sengaja isi airnya tidak full soalnya biar kemurnian kopinya tetap terjaga. Biar tetap kental, tapi kalo kita minta diisi penuh gelasnya sih gpp, dengan senang hati bapak itu pasti akan melakukannya.


Pecel Rogojampi Kertalangu Denpasar

Sarapan pagi : oges lecep  & wedang teh

Sesudah sarapan, bapak Oka langsung mengajak kita check in dulu ke penginapan di Hotel Kopi Bali, lokasinya pas didepan terminal Batu Bulan - Gianyar. Hotelnya menurutku sih sederhana banget, sekelas hotel-hotel melati gitu. Tapi begitu masuk kedalam kamarnya not bad kok, fasilitasnya lumayan lengkap : kamar mandi dalam, AC, TV & DVD (karena memang bokingnya pak Oka ambil yang ada AC-nya sih hehehhehehe). Lokasinya juga gak terlalu jauh dari pusat kota, kalo ke Denpasar kira-kira 15-30 menit trus ke Sukawati kira-kira 30 menit.

Akses ke berbagai tempat di Bali juga mudah, karena tentu saja lokasinya yang terletak didepan terminal Batu Bulan itu. Sesudah check in dan menaruh semua tas dan barang bawaan ke dalam kamar, trus bapak Oka langsung mengajak kita mampir ke rumahnya. Lokasinya dibelakang hotel, jadi tinggal lewat semacam jalan tikus gitu kita sudah sampai ke rumahnya. Rumahnya lumayan megah dan arsitekturnya seperti rumah-rumah Bali kebanyakan, selalu ada bale-balenya.

Kita langsung dikenalkan ma istrinya dan disuguhkan 3 gelas kopi Bali dan jajanan khas Bali juga, hmmm mantap !!!. Kita dirumah pak Oka sekitar 30 menit dan diceritakan banyak hal tentang Bali dan nilai-nilai kehidupan masyarakat bali. Akhirnya kita harus pamitan dulu, karena kita harus segera kembali lagi ke hotel untuk beristirahat dulu sebelum malali (jalan-jalan). Matur suksma (terima kasih) Pak dan Bu Oka............


Estimasi Biaya :
  • Tiket Bus Gunung Harta Surabaya Denpasar - Rp. 120.000,- (sedikit nego sih hehehhe)
  • Sarapan Pagi @Pecel Rogojampi Denpasar - Gratisan (makasih Pak Oka)
  • Hotel Kopi Bali Gianyar - Bali - Sudah dibayar ma Pak Oka, makasih lagi pak hehehhehe

No comments:

Post a Comment