Keindahan Kebun Apel Nongkojajar




Awal tahun 2012 ini adalah awal-awal ku berwira-wiri menginjakkan kaki di Nongkojajar. Misi awalnya mencari lahan buat investasi, setelah beberapa waktu, dapat referensi sana sini akhirnya ketemunya di dusun Ngaruh desa Kayukebek kecamatan nongkojajar Tutur. Sebenarnya secara administratif atau secara resminya nama kecamatannya adalah Tutur bukan Nongkojajar. 

Pertama kali survey kebun apel sudah jatuh hati dengan pemandangannya. Pengen jelajah sana sini, tp sayangnya ga ada temannya. Jadi meski hampir 1 tahun wira wiri Pandaan - Nongkojajar, masih sedikit sekali tempat-tempat yang kujelajahi.

Nongkojajar juga merupakan satu tempat yang dilewati dari salah satu rute ke Bromo. melalui rute jalur Purwodadi atau rute jalur Purwosari. Sedangkan kalau dari Malang, rutenya melalui Jabung atau Turen.

Nongkojajar dikenal sebagai salah satu sentra penghasil sayur mayur dan buah-buahan, juga sentra penghasil susu sapi.  Salah satu komoditi unggulan adalah apel. bahkan saat ini apel d batu itu banyak disuplay dari Nongkojajar. Apel di sini tidak mengenal musim, hampir setiap hari ada apel yang dipanen. Meskipun sebenarnya apel adalah tanaman buah yang berproduksi setahun sekali, namun dengan kemajuan teknologi pangan saat ini, apel bisa dipanen 2-3 kali dalam setahun tergantung jenis apelnya.

Kebun-kebun apel tersebar di dataran-dataran tinggi di lereng-lereng gunung, baik yang landai maupun yang cukup miring. Pemandangan di sekitarnya dan bahkan pemandangan kebun-kebun apel itu sendiri bikin kita betah berlama-lama menikmatinya. Sepoi angin yang sejuk, air yang cukup dingin dan udara yang cukup segar karena masih jauh dari polusi.


No comments:

Post a Comment