Journey KAMI To Pangi Beach Part. 3 : Menyambangi Gua Umbultuk Di Blitar Selatan



Setelah puas menikmati keindahan Pantai Pangi kami lalu segera bersiap-siap untuk menuju ke destinasi lainnya yaitu Gua Umbultuk. Tepat pada pukul 08.00 WIB kami lalu bergegas menuju kesana. Kalo dari Pangi, Gua Umbultuk hanya berjarak sekitar 10 km.

Kami harus menuju kembali ke Desa Tumpak Kepuh dulu dan begitu sampai disana lalu mencari arah yang menuju ke arah gua. Gua Umbultuk ini ternyata memiliki sejarah kelam Indonesia dalam penumpasan G30SPKI. Operasi penumpasan ini dinamakan Operasi Trisula.

Konon gua yang yang memiliki panjang sekitar 2 meter ini pernah digunakan sebagai tempat persembunyian anggota PKI selama masa pelarian. Lokasinya memang jauh dan tersembunyi dari perkampungan penduduk. Menurut salah satu guide gua ini bisa menampung sekitar 200 orang.

Ayo pakdee...semangat..



R4 bisa masuk tapi kalo berpapasan itu yang susah

Dulunya itu sungai tapi sudah diberi jembatan beton..sangat disayangkan sebetulnya

@Tempat parkir kendaraan 

Tapi sayang ketika sampai disana kami hanya bisa melihatnya dari luarnya saja sebab kawan-kawan kebanyakan tidak membawa baju ganti. Kok baju ganti ?? iya sebab untuk masuk dan menyusuri gua kita harus rela berbasah-basahan sebab pintu masuk gua merupakan sebuah daerah aliran sungai. Meskipun debitnya tidak besar tapi tetap saja kita harus siap basah.

Otw ke Gua Umbultuk



Perempatan kecil Balai Desa Tumpak Kepuh 

Lurus : ke arah Museum Trisula

Menurut penduduk tingkat kedalaman sungainya pun beraneka ragam mulai dari setinggi mata kaki sampai yang terdalam sekitar seukuran leher orang dewasa ...waduh. Untuk masuk ke dalam gua sebaiknya kita diantar oleh seorang pemandu supaya lebih aman dan sekaligus bisa mengetahui sejarah gua ini. Untuk barang-barang bisa kita titipkan di warung yang berada di area parkir kendaraan.

Gapura menuju ke lokasi Gua

Loket masuk Gua Umbultuk yang terbengkalai

Pintu masuk ke gua

Akhirnya hanya foto-foto saja diluar hehehhehe

Ya sudah, akhirnya kami hanya berfoto-foto saja dan sesudahnya lalu cabut dan menuju ke rumah temen kami bro Sucipto di Wlingi. Untuk perjalanan pulang kami melewati jalur sama yang kami lewati tadi malam. Ketika sama di Pertigaan Jembatan Kademangan kami terpisah menjadi 2 group. Group pertama : aku, bro Pasek, bro Hari dan bro (Pakdee) Daniel sedangkan group kedua : cak Pri, istrinya, bro Djainul, bro (mbah) Darmo & bro Darto.

Beberapa titik jalan Kademangan - Bakung yang dalam perbaikan

@Blitar : Menunggu rombongan cak Pri dkk

Monggo disruput bray

Terlelap karena nguantuk pol

Daripada binun akhirnya kami janjian ketemuan didepan Polres Talun saja. Setelah semua personil lengkap kami lalu menghubungi temen kami tersebut supaya dijemput. Dan akhirnya dia datang juga lalu kami semua menuju ke rumah mertua bro Cipto yang berada diwilayah Talun. Pas banget ? pas ngantuk dan lapar ? pas ada makanan dan tempat yang nyaman buat beristirahat hehehhehee.


Catatan :
  • Jarak Pantai Pangi - Gua Embultuk : 10 km
  • Tarip tiket masuk ke area gua adalah gratis...tis.
  • Tarip jasa pemandu goa sekitar Rp. 40.000,-.
  • Ketika masuk goa barang-barang bisa dititipkan diwarung yang berada diarea parkir.
  • Usahakan agar anda membawa senter sendiri tapi kalo bawa headlamp malah lebih baik.
  • Kalo ada rencana ke Gua Umbultuk jangan lupa bawalah baju ganti dan cover pelindung air buat gadget kita.


No comments:

Post a Comment