Keluyuran ber3@Bali Part. 4 : Pusat Oleh-Oleh - Erlangga, Krisna & Pie Susu


Selamat Datang di Erlangga 2

Minggu, 23 September 2012
Aku lihat jam sudah menunjukkan pukul 08.30 WITA, saatnya mandi dulu brow. Sesudah mandi, kami segera mengepak kembali barang bawaan. Tapi untuk kali ini tidak terlalu rapi-rapi amat sih karena kita pulangnya mengendarai mobil bro Arief jadi tinggal taruh aja didalam bagasi hehehhehe. Setelah packing, kami langsung check out dari hotel. 

Tapi sebelumnya sarapan dulu di Warung Banyuwangi di deket hotel tempat kami menginap. Setelah perut sudah terisi penuh (08.47 WITA) kami langsung menuju ke salah satu toko oleh-oleh khas bali didaerah Nusa Kambangan yaitu Erlangga 2. Dari arah hotel aku menuju ke Teuku Umar dulu, lalu ke Nusa kambangan. Sekitar 45 menit, akhirnya kami sampai juga di Erlangga 2.



Otw berburu oleh-oleh

Erlangga sendiri memiliki 2 gerai, semuanya berada di Denpasar. Kalo yang Erlangga 1 berada di Jln. Nusa kambangan No. 28 B sedangan Erlangga 2 berada di Jln. Nusa Kambangan No. 157. Tapi biasanya sih aku sering Erlangga 2 karena memang tempatnya lebih lengkap dan luas. Ada banyak pilihan oleh-oleh yang bisa kita beli disini. Dari kuliner khas Bali, lukisan, pakaian, kerajinan tangan, sandal, aksesoris wanita & pria dll. Untuk harga, disini adalah harga pas. Beda dengan di pasar Sukawati atau pasar Guwang yang bisa ditawar.





Selain Erlangga 1 dan 2, disini juga ada toko oleh-oleh khas Bali lainnya yaitu Krisna 2. Krisna 2 berdiri pada 16 Mei 2007 dan didirikan oleh Bapak I Gusti Ngurah Anom yang juga merupakan pemilik "Cok Konveksi". Letaknya pas disebelah Erlangga 2. Sama seperti di Erlangga 1 dan 2, harga disini juga harga pas. Tergantung pada selera anda sih, pengen belanja dimana ?  Erlangga 1, Erlangga 2 atau Krisna 2. 

Yang pasti semuanya mengundang selera untuk dibeli hehehehhe. Setelah muter-muter di Erlangga 2 dan Krisna 2, kami dapatkan juga oleh-oleh yang bisa dibawa sebagai buah tangan untuk dibawa pulang ke Pandaan. Gak banyak yang aku beli disini. Satu yang pasti gak boleh terlewat adalah Kopi Bali Sumibiyaki, Kopi Kintamani atau Kopi Luwak kemasan minimalis yaitu 12 gram,-. 

Selain kopi Bali, aku beli kacang disco, kacang Rahayu, kue bakiak dan brem (batangan), bukan brem yang minuman itu lho. Soalnya brem Bali itu identik sama yang berbentuk minuman. Brem bali sendiri merupakan produk cair hasil fermentasi dari beras ketan yang mengandung alkohol, gula pereduksi, gas CO2 dan sedikit asam organik. Biasanya brem Bali itu dikonsumsi sesudah makan.



Bro Agung lagi hubungi sapa nih ? hehehhe

Hasil belanja @Erlangga 2

Mejeng maning @Erlangga 2



Buah tangan dari Erlangga

Setelah dari Erlangga 2 dan Krisna 2, tepat pukul 11.45 WITA kami langsung beranjak menuju rumah teman kami bro Agung didaerah Monang-Maning Denpasar. Letaknya lumayan deket sih dari sini. Sekitar 20 menit'an gitu. Kami disana gak lama sih, sekitar 45 menit'an, sesudah itu kami langsung berpamitan kepada si empunya rumah karena pingin mampir ke oleh-oleh khas Bali lainnya yaitu "Pie Susu". 

Dari Monang-Maning kami menuju Jln. Gatot Subroto (Gatsu) Denpasar terus ke Jln. Nangka dan masuk ke Gang Nuri. Aku sebetulnya ga tau pasti sih alamat pusat pie susu itu dimana, tapi berbekal alamat browsing dari mbah gogel dan GPS di BB akhirnya ketemu juga apa yang kami cari hehehehhe. Pie Susu "Bali" merupakan oleh-oleh yang paling diburu ketika ke pulau Dewata. 

Karena memang penjualannya tidak melalui agen-agen atau toko-toko oleh-oleh/souvenir maka kami pun harus mendatangi langsung pusatnya. Pusatnya sih lebih mirip rumah gitu karena memang usaha ini adalah semacam industri rumahan jadi tidak banyak kue yang diproduksi Biasanya semua itu merupakan pesanan saja. Untungnya begitu sampai disini, stok kuenya masih ada. 

Akhirnya kesampaian juga kita mencicipi lezatnya pie susu "Bali" *yumi*. Satu kue dihargai Rp. 2000,-. Kami beli 3 bungkus buat buah tangan dari sini, masing-masing bungkus isi 20 pcs. Oh, ya selain beli langsung dipusatnya, kita juga beli dengan menghubungi via sms aja. Misalnya diantar ke hotel atau janjian ketemu dimana gitu bahkan bisa juga diantar via paket untuk luar kota. Kue pie susunya bisa bertahan sekitar 1 minggu'an. Ulasan tentang Pie Susu sudah pernah saya bahas sebelumnya disini..

Setelah mendapatkan Pie Susu kami langsung bergegas menuju ke rumah kakak di Perum Tanahbang Kediri-Tabanan Bali. Perjalanan menuju ke sana sekitar 1-1.5 jam. Tergantung macet atau tidaknya Denpasar siang ini. Tepat pukul 14.45 WITA, akhirnya sampai juga disana. Kami langsung istirahat dan sekalian numpang mandi karena badan sudah gerah banget rasanya akibat panasnya cuaca hari ini. Kebetulan sekali, keluarga kakak lagi dirumah. Jadi sekalian aku silahturahmi ke sana, ketemu ma keponakan-keponakan yang lucu-lucu hehehehhehehe.


Lokasi :

Erlangga 1
Jln. Nusa Kambangan No. 28B 
Denpasar - Bali. 
(0361) 221281, 226419

Erlangga 2
Jln. Nusa Kambangan No. 162 
Denpasar - Bali.
(0361) 228860, 234844
Buka Jam : 08.00-22.00 WITA

Krisna 2
Jln. Nusa Kambangan No. 160A 
Denpasar - Bali.

Pie Susu "Bali"
(0361) 9936188, 264107
Jln. Nangka Selatan GG. Nuri I/3 
Denpasar - Bali.



Next : Keluyuran ber3@Bali Part. 5 (Tamat) : Perjalanan Pulang (Test Drive Si Moli) 
Previous : Keluyuran ber3@Bali Part. 3 : Kuliner Time -- Warung Italia & Nasi Jinggo

4 comments:

  1. kemarin ke Bali juga mampir kesini
    ga bisa nawar klo belanja di sukawati

    ReplyDelete
  2. Iya hehhehehehe. Paling gampang ya belanja disini :)

    ReplyDelete
  3. Emanh gak bisa nawar kalo di sukawati ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Sukawati harga'e bisa ditawar kok mbak, tapi tergantung pinter-pinternya kita aja menawar. Cuman kalo disuruh tawar-menawar aku gak ada bakat geto hehehehehhe

      Delete