Cangkrukan Nang Warung Mbah Cokro Surabaya (Indonesia Masih Ada)

Ngopi disini seperti masuk mesin waktu

Cangkruk'an nang warung kopi adalah suatu hal yang menyenangkan buatku. Hampir setiap jalan-jalan ke kota lain aku selalu menyempatkan diri mampir kesana baik itu warkop, angkringan maupun coffee shop. Kemaren kebetulan aku melipir ke kota Pahlawan Surabaya bersama bro Ichank (temen kerja) sepulang dari pub...rik. Tujuannya awalnya sih ke Plaza Marina untuk memperbaiki hape kami. 

Sepulang dari sana aku langsung melipir ke daerah Prapen dan tujuanku kali ini adalah Warung "Mbah Cokro". Nama "Cokro" diambil dari nama pahlawan "HOS Cokroaminoto". Aku mupeng banget kesini setelah dapat rekomendasi dari beberapa blog kuliner. Kebetulan langit malam ini sedikit mendung jadi pas banget kalo mencari kehangatan dengan secangkir kopi di kota yang terkenal bersuhu panas ini hehehehehhe.

Cukup lama juga menemukannya karena kami harus muter-muter dulu sebab warungnya ternyata berada didalam semacam tanah lapang gitu, jadi kalo dari dari luar bangunan warungnya tidak tampak. Sebelum masuk warung motor harus kami parkir dulu bray baru setelah itu menuju ke TKP. Kesan pertama ketika pertama kali menginjakkan kaki disini adalah kita seperti kembali ke jaman perjuangan dulu (tempo doeloe).


Selfie doeloe......

With bro Ichank : diajak ngopi malah COC'an

Menu kami malam ini : nasi pecel, nasi teri, kopi susu & aneka gorengan

Dinding bangunannya terbuat dari gedeg (anyaman bambu) trus atapnya dari seng dengan hiasan beberapa lembar daun ijuk. Perabot yang digunakan pun selaras (tempo doeloe) yaitu gelas dan piring yang menggunakan properti berbahan seng (gelas blirik) sedangkan untuk meja kursi menggunakan bangku panjang, bangku anyaman bambu serta meja bekas mesin jahit. Untuk mempertegas suasana perjuangan ditempatkan juga sepeda onthel kuno dipintu masuk dan ditemani lantunan lagu jadul.

Warung ini memiliki beberapa area unik buat ngopi seperti : pos kampling (gerdu), beskop, panggoeng rakjat, area diskusi dll. Menu makanan yang ditawarkan hampir mirip dengan menu angkringan khas jogja seperti : aneka gorengan, nasi kucing, sate jeroan dll. Ada juga nasi ikan teri serta nasi pecel. Untuk minumnya ada kopi, wedang jahe, es tape, temulawak, es teh serta es jeruk. Harga jajanan disini lumayan relatif murah untuk ukuran kita-kita hehehehehhe.



Kalo beruntung anda bisa melihat beberapa ekor angsa hehehehhehe

Suasana pada malam hari


Catatan :
  • Warung Mbah Cokro : Jln. Raya Prapen No. 22 Surabaya (deket gerbang Perumahan Sidosermo Indah dan pas didepan SMPN 39 Surabaya). Jam buka : 09.00-04.00 WIB (dini hari).
  • Koordinat lokasi : -7.308739, 112.759426
  • Tarif parkir kendaraan R2 : Rp.1000,-/sepeda.

1 comment: