Blitar Juga Punya Pantai Yang Bagus Lho ?? Namanya Pantai Tambakrejo

Monggo dibadok hehehehhehee

Blitar selalu identik dengan Makam Presiden pertama kita yaitu Ir. Soekarno dan yang lagi nge-hits adalah wisata "Kampung Coklat". Hampir setiap ke Blitar para traveler maupun backpacker selalu menyempatkan berziarah ke makamnya serta melipir ke Kampung Coklat. Sangat disayangkan memang karena banyak hal yang bisa kita lakukan di Blitar selain berwisata religi dan wisata kuliner yaitu dengan berlibur ke Pantai.

Emang Blitar punya pantai yang bagus ya ?? jangan salah bray meskipun tidak se-eksotik pantai - pantai di wilayah Malang, Blitar juga menyimpan kekayaan alam bahari yang wajib kita ekplorasi keindahannnya. Satu nama yang cukup terkenal adalah Pantai Tambakrejo. Pantai ini berada di Desa Tambakrejo, Kec. Wonotirto. Kalo dari kota Blitar hanya berjarak sekitar 35 Km saja. 

Dari kota Blitar ambil arah menuju ke Tulungagung dan ketika melewati jembatan kembar Kademangan (yang membelah sungai Brantas) belok ke kiri trus lurus dan ikuti saja jalan tersebut sesuai petunjuk jalan yang ada. Kondisi jalannya lumayan bagus tapi sedikit menanjak dan berkelak-kelok. Dulu Blitar Selatan menyimpan kenangan buruk pasca terjadinya peristiwa G30S PKI karena daerah tersebut pernah dijadikan sebagai tempat pelarian anggota PKI.








Penampakan tebing yang berada disisi timur pantai

Ok kembali ke laptop. Setelah berkendara sekitar 1 jam akhirnya kami sampai juga. Jangan lupa membeli tiket dulu sebesar Rp. 3000,-/orang (dewasa) dan Rp. 2000,-/orang (anak-anak). Untuk tarif parkir kendaraan dikenakan Rp. 3000,-/mobil dan Rp. 1000,-/motor. Pantai tambakrejo memiliki garis pantai yang lumayan panjang (sekitar 10 km) dengan warna pasir putih bersih. Di sisi timur terdapat tebing dan batu karang yang eksotik dan cocok buat meilhat sunset. 

Pada setiap Tahun Baru Islam akan diadakan Larung Sesaji sebagai bentuk perhormatan kepada sang pencipta. Pantai ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga karena selain ombaknya tidak terlalu besar, pasirnya juga terasa lembut. Dan satu lagi adalah disepanjang pantai banyak terdapat warung yang menjual ikan bakar dengan harga yang cukup terjangkau. Jadi sambil menunggu anak, keponakan, temen atau pacar bermain dipantai kita bisa menyantap ikan bakar.

Warung-warung yang siap memanjakan lidah kita

Murah meriah bikin mupeng

Pastinya....bikin mupeng

Bisa juga beli mentahan lho 

Ada beberapa pilihan jenis ikan yang bisa kita beli seperti : tuna, tongkol, tengiri dll. Sambalnya juga bisa langsung kita beli dilokasi. Jadi dari rumah kita hanya tinggal membawa nasi putih saja, praktis kan dan murah meriah lagi hehehehhehe. Kalo bosan bermain air, anda bisa meyewa perahu mengelilingi teluk dengan tarip hanya Rp. 10.000,-/orang. Oh ya, pantai ini juga sering digunakan sebagai lokasi kemping.

Fasilitas yang ada di pantai Tambakrejo juga lumayan cukup lengkap seperti : penginapan, cottages, kamar mandi, toilet, masjid, musholla, warung-warung, restoran, pasar ikan, camp area dll. Jaringan selular juga lumayan cukup bagus meskipun kadang-kadang :SOS" hehehehhehehe. Rencana disini akan dibangun dermaga ikan yang lebih modern guna meningkatkan taraf hidup para nelayan.



Perahu yang siap mengantar kita keliling teluk


Catatan :
  • Disebelah timur pantai Tambakrejo ada pantai yang tak kalah bagus dan lumayan masih perawan (cocok buat nge-camp) yaitu Pantai Gondo Mayit (bau mayat).Agak spooky ya namanya ??? hehehehehhehe.
  • Selain pantai Tambak Rejo diwilayah Blitar Selatan ada juga Pantai Pangi, Gua Umbultuk (gua tempat persembunyian PKI), Monumen Trisula serta air terjun Tirto Galuh (Kedung Malang).
  • Harga ikan bakar terbilang cukup murah : ikan tengiri :& kakap  sekitar Rp. 12.000,-/sapit, ikan tuna & tongkol : Rp. 6000,-/sapit sedangkan harga sambal kecap pedes (sambal sate) : Rp. 5000.-/bungkus.
  • Jenis ikan yang bisa kita beli disini : Kakap, Layur, Tongkol, Tuna, Cakalang & Cumi-Cumi.
  • Jika anda ingin membeli ikan segar datangnya pada pagi hari di TPI karena pada saat itu nelayan baru datang dari laut dan biasanya harganya sedikit lebih murah.
  • Jika anda datang bersama keluarga atau romobongan jangan lupa untuk membawa sendiri nasi putih dari rumah sedangkan untuk ikan bakar dan sambalnya bisa kita beli langsung dilokasi karena akan jauh lebih murah, higienis, irit dan pastinya kenyang buanget hehhehehehehe.
  • Pada setiap 1 Suro (1 muharram) diadakan Ritual Larung Sesaji.
  • Koordinat lokasi pantai : -8.315668,112.143159.

No comments:

Post a Comment