Lezatnya Es Pleret Khas Blitar

Warung Es Pleret "Pak Kayat"

Ketika berkunjung ke kota Patria Blitar kita pasti sudah tidak asing lagi dengan minuman/kuliner ini, Es Pleret namanya. Es Pleret merupakan salah satu kuliner khas kota Blitar. Hampir setiap ke Blitar aku selalu menyempatkan mencicipi minuman ini. Tidak susah buat kita untuk mendapatkannya karena disepanjang alun-alun kota banyak sekali kita jumpai penjual minuman ini.

Salah satu warung yang sering aku datangi adalah warung Es Pleret "Pak Kayat" yang terletak pas didepan LP (Lembaga Permasyarakatan) kota Blitar. Selain nikmat, harganya pun juga lumayan murah. Yaitu hanya Rp. 2500 per-gelasnya. Warung es Pak Kayat biasanya buka dari pagi sampai sore hari.



Es Pleret sekilas mirip dengan es dawet. Kalo di es dawet campurannya adalah dawet tapi kalo es pleret campurannya Pleret. Sedangkan Pleret sendiri terbuat dari tepung beras yang dibentuk bulat-bulat menyerupai bola-bola gitu dengan beraneka  warna (hijau, merah & putih). Es pleret lebih nikmat kalo disajikan dengan gula jawa. Menurut cerita yang beredar, nama "Pleret" diambil dari nama salah satu sesepuh kota Blitar yaitu Kyai Pleret.

Bola-bola Pleret

Es Pleret

Setiap mampir kesini, aku bisa menghabiskan 2-3 gelas sekaligus hehehhehehe. Maklum keluyurers, di daerah lain sangat sulit kita jumpai penjual es ini. Bahkan di Wlingi, Tulungagung & Kediri yang notabene kulinernya hampir mirip dengan Blitar tidak ada orang yang menjual es pleret. Jadi mumpung di Blitar, puas-puasin aja deh hehehehhe. Daripada entar menyesal lho. Es Pleret akan lebih enak kalo langsung kita santap. 

Aku pernah sih membeli beberapa bungkus buat dibawa ke pulang ke rumah (Pandaan). Tapi begitu sampai rumah, rasanya sudah berubah. Beda banget dengan kalo kita langsung menikmatinya disini. Mau mencoba ??? . Buruan mampir kesini hehhehehehe.....

No comments:

Post a Comment