Ngayogjokarto Journey Part. 2 : Paris & Gudeg Widjilan


Paris (PArangtRitIS)
Kamis, 01 September 2011
Pagi ini, semerbak bau kopi membangunkan kami. Rupanya di meja sudah terhidang 2 cangkir kopi *seneng*. Mantaappp !!. Hari ini masih belum ada plan mau kemana, jetlag banget rasanya.

Soalnya perjalanan touring ke jogja ini kami sering terjebak macet jadi tangan, kaki dan otak harus bekerja extra. Selain itu cuman aku aja yang nyetir soalnya si Heru sutimbul kagak bisa pake sepeda laki. Hari gini cowok koq kagak bisa pake sepeda laki ?? Apa kata dunia mbul...mbul hehehehehehhe.

Setelah mandi, makan dan nyruput kopi, kami leyeh-leyeh aja diteras rumah. Daripada gak lapo-lapo (ngapain-ngapain), ikut yuk jess" kata Moro. (Jess : panggilan akrab khas arek Malang). Rupanya Moro & keluarganya mengajak kami jalan-jalan menyusuri Jogja, tapi kali ini si merah maroon (vixionku) aku parkir disini biar dia beristirahat dulu hehehehheehe karena kita akan menggunakan kendaraan roda 4. Mereka ternyata mengajak kami ke Paris. Paris ??? emang di Jogja ada Paris ya ?? santai aja brow, maksudnya Paris disini adala PArangtRitIS. Paris adalah nama kerennya Pantai Parangtritis.


Me & Heru Sutimbul
Pantai Parangtritis terletak di desa Parangtritis, Kec. Kretek, Kab. Bantul. Dari pusat kota Jogja, kira-kira berjarak 27 Km. Secara fisik, pantai ini tak seindah dan eksotik pantai-pantai yang pernah aku kunjungi di pulau bali. Tapi meskipun begitu, tak mengurangi minatku untuk selalu mengunjungi pantai ini jika sedang ke Jogja.

disetiap akhir pekan atau liburan, pantai ini selalu dijejali oleh pengunjung baik lokal maupun mancanegara. Pantai ini juga sarat akan nilai mistik karena disini merupakan Kerajaan Nyai Roro Kidul, Sang penguasa Pantai selatan. Ada opini yang berkembang dimasyarakat sini yaitu, Nyai Roro Kidul sangat menyukai warna hijau. Jadi ada pantangan kalo kesini dianjurkan tidak memakai baju/pakaian yang berwarna Hijau.

Yang sayang untuk dilewatkan pas kesini adalah naik kuda, kereta kuda (bendi) dan semacam mini ATV. Selain Paris, disisi timur pantai ini, kita akan menemukan pantai parang kusumo, pantai gumuk pasir dan pantai depok. Pengen banget sih kesana tetapi berhubung hari ini kita sebagai penumpang, ya ikuti aja apa kata pak sopir kemana akan melangkah selanjutnya hehehhehe.

Mungkin kapan-kapan aku insyaallah kembali lagi. Setelah puas menikmati deburan ombak Paris, saatnya untuk menuju ke tujuan berikutnya : Candi Borobudur di Magelang. Tapi berhubung waktunya mepet, perjalanan ke candi Borobudur akhirnya dicancel. Kami langsung menuju ke Jln. Widjilan. Jln. Widjilan ?? emang ada apa disana ?. Kalo kalian sering ke Jogja pasti tau apa itu Jln. Widjilan. Jln Widjilan adalah sentra makanan khas jogja, terutama gudeg. Disepanjang jalan ini, banyak berjejeran warung-warung yang menawarkan gudeg. Letaknya di sebelah timur Alun-alun Utara Kraton Jogja.

Dari kampung inilah, masakan khas yang berbahan dasar ‘gori’ ini menjadi populer hingga seantero dunia. Tak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung ke kesini. Ke Jogja rasanya kurang lengkap jika belum menyantap gudeg di tempat ini sueer !!!. Warung-warung gudeg yang bisa dibilang pelopor berjualan di daerah ini adalah gudeg Bu Slamet dan gudeg Yu Djum. Kebetulan kami makan di warung gudeg Yu Djum.

Menu yang ditawarkan beragam, dari gudeg nasi telor, gudeg daging, gudeg besek (tempat dari anyaman bambu), gudeg kering dan gudeg kendil (guci dari tanah liat yang dibakar). Kalo untuk yang oleh-oleh aku saranin yang gudeg kering aja karena bisa bertahan sampai 3 hari. Harganya pun variatif, mulai dari Rp 10.000,- sampai Rp 100.000,-, tergantung lauk pauk yang kita pilih dan jenis kemasannya. Bahkan ada yang menawarkan paket hemat Rp 5.000, dengan lauk tahu, tempe, dan telur. Untuk yang penasaran ma gudeg Yu Djum, datang aja kesini : Gudeg Kendil Yu Djum di Jln. Widjilan atau bisa juga cabangnya di daerah Kaliurang - Jogja.

Salah satu sudut Jln. Widjilan

Narsis dulu  hehehhehe

Nakam  opo jess ??

Aku sendiri pesan nasi gudeg daging sedangkan temen aku Heru & Moro pesen nasi gudeg telor. Minumnya es teh aja deh. Gudegnya mantap tenan, gurih dan sedikit manis. pas banget di lidah. Kebanyakan masakan khas Jogja memang sedikit manis rasanya, soalnya kebanyakan orang Jogja memang menyukai makanan-makanan yang manis-manis, seperti ceweknya hehehhehehe. Selain disini sebenarnya ditempat lain bisa kita jumpai warung-warung yang menjajakan gudeg, seperti di lesehan Malioboro, dimall-mall dll. Cuman kurang afdol dan pas rasanya kalo ke Jogja tapi gak mampir ke Jln. Widjilan ini.

Ketika musim liburan atau akhir pekan sentra kuliner ini selalu dipadati para pengunjung, jangankan mau makan, cari tempat parkir aja lumayan susah. Ini dikarenakan jalan disentra ini lumayan sempit dan kadang dibuat satu arah biar tidak menambah kemacetan. Setelah puas mencicipi gudeg Yu Djum, saatnya kembali lagi ke Wates. Untuk harganya aku gak tau :D, soale semua makanan ini sudah dibayar ma keluarga besar bro Moro. Rasa...h mbayar istilahnya. Sebenarnya harganya ada sih dimenunya, tapi lupa aku ambil fotonya.

                                                          Peta Lokasi Jln. Wijilan

                      

Lihat Peta Lebih Besar


Lokasi : 
Gudeg Yu Djum
Jln. Widjilan No.31
Jogyakarta (Selatan Plengkungan Widjilan).


Next : Ngayogjokarto Journey Part. 3 : Mlaku-Mlaku @Malioboro & Angkringan Lek Man
Previous : Ngayogjokarto Journey Part. 1 : Berlebaran Ke Jogja

No comments:

Post a Comment